9 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Android dan iOS

Punya video dengan ukuran yang terlalu besar? Perkecil ukurannya dengan aplikasi kompres video terbaik berikut ini.

PONSELIO.COM - Konten video sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat yang tidak bisa dipisahkan. Orang-orang menonton dan saling membagikan konten video di berbagai sosial media seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. 

Namun kadang ada video yang tidak bisa di upload karena ukurannya yang terlalu besar dan terdapat batasan ukuran yang bisa di upload. Contohnya di Gmail, Anda tidak bisa mengupload atau berbagi file dengan ukuran lebih dari 25 MB, di WhatsApp hanya bisa maksimal 16 MB. 

Melihat hal ini, banyak developer yang mengembangkan sebuah aplikasi untuk kompres video. Dengan aplikasi ini Anda bisa memperkecil ukuran video sehingga bisa membagikannya dan menghemat penyimpanan di Smartphone Anda.

Nah pada kesempatan kali ini, Ponselio akan membagikan daftar rekomendasi aplikasi kompres video terbaik untuk Android dan iOS.

1. Compress Videos & Resize Videos

Aplikasi Kompres Video iOS, Compress Videos And Resize Videos
Kredit gambar: apps.apple.com

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah Compress Videos & Resize Videos. Sama seperti namanya, dengan aplikasi ini Anda bisa memperkecil ukuran file video tanpa mengurangi kualitasnya, bahkan Anda bisa mengurangi ukuran sampai dengan 80% dengan aplikasi ini.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, jadi setelah Anda menginstal aplikasi ini Anda tinggal buka dan pilih video yang ingin Anda perkecil ukurannya. 

Selanjutnya klik Next dan lakukan kompres video supaya ukuran video sebelumnya berkurang menjadi lebih kecil. Dengan aplikasi ini Anda bisa menghemat penyimpanan di HP Anda sehingga tidak penuh karena file video.

App Store

2. Panda Video Compressor

Aplikasi Kompres Video, Panda Video Compressor
Kredit gambar: play.google.com

Aplikasi Panda Video Compressor adalah salah satu aplikasi kompres video terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran video. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengkompres video dengan mudah dan ukuran yang pas.

Aplikasi ini sangat komprehensif dan mudah digunakan, dengan aplikasi ini Anda bisa mengurangi ukuran video tanpa harus menghilangkan kualitas asli dari video tersebut. Anda juga bisa mengunggah video tersebut ke media sosial atau mengirimnya lewat email dengan mudah.

Anda bisa mengompres film dan juga video tanpa harus kehilangan kualitas asli videonya. Bukan cuma itu saja, dengan cara ini Anda juga bisa menghemat penyimpanan di Smartphone dan menghemat kuota Anda.

Play Store

App Store

3. Video Dieter 2

Aplikasi Kompres Video Android, Video Dieter 2
Kredit gambar: play.google.com

Video Dieter 2 adalah aplikasi untuk kompres video yang mempunyai cukup banyak fitur. Selain itu aplikasi ini juga sangat ringan, hanya berukuran 2,2 MB saja.

Selain bisa untuk kompres video,Vieo Dieter 2 juga dikenal sebagai aplikasi editing foto, memutar video, dan konversi konten 4K. 

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan filter foto pada video tersebut, ada sekitar 24 filter foto yang bisa Anda gunakan. Di sini Anda bisa menggunakan kualitas video yang di kompres, mulai dari rendah, sedang, sampai dengan tinggi.

Aplikasi ini masih bebas dari iklan, jadi Anda bisa menggunakannya dengan nyaman. Ada beberapa fitur terkunci dari aplikasi ini, untuk membukanya Anda harus membagikan atau merekomendasikan kepada teman Anda. 

Play Store

4. VidCompact

Aplikasi Kompres Video Android, Vidcompact
Kredit gambar: play.google.com

Aplikasi kompres video yang berikutnya adalah VidCompact, aplikasi dibuat oleh developer yang sama seperti VideoShow. VidCompact mempunyai banyak fitur seperti kompres video, memotong video, mengganti nama, dan masih banyak lagi.

Ketika membuka aplikasi ini, Anda bisa memilih Trim dan Compres. Anda bisa memilih video yang akan dikompres di folder tempat video tersebut, setelah itu Anda bisa menentukan resolusi yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa memotong video saat proses pengompresan sedang dilakukan. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah tidak banyak iklan dan bisa Anda gunakan gratis.

Play Store

5. Video Compress

Aplikasi Kompres Video Android, Video Compress
Kredit gambar: play.google.com

Video Compress adalah aplikasi edit video yang sangat populer dan sudah banyak digunakan pengguna Android. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengompres video mulai dari kualitas tinggi, sedang, sampai rendah. 

Aplikasi ini mempunyai tampilan yang sangat nyaman digunakan sehingga Anda tidak akan bingung ketika memakai aplikasi ini.

Selain itu, Video Compress juga sudah mendukung banyak format, bahkan Anda bisa mengubah video ke format audio atau MP3.

Setelah Anda selesai kompres, hasil video kompresan akan otomatis tersimpan di galeri HP Anda. Anda juga bisa share hasilnya ke email, YouTube, dan platform lain. 

Play Store

6. YouCut

Aplikasi Kompres Video Android, Youcut
Kredit gambar: play.google.com

Aplikasi kompresor video terbaik selanjutnya adalah YouCut. Sebenarnya aplikasi YouCut ini lebih ke aplikasi edit video, namun meskipun begitu aplikasi ini juga bisa untuk kompres video dengan ukuran besar menjadi ukuran kecil. Bahkan aplikasi ini bisa mengurangi ukuran sampai 80%. 

Bukan cuma itu saja, YouCut juga punya banyak fitur menarik lain yang bisa Anda gunakan untuk mengedit video, contohnya seperti Cutter & Trimmer, Video Speed Control, Slideshow Maker, dan masih banyak fitur lain yang bisa Anda pakai di aplikasi ini.

Play Store

7. Smart Video Compressor and Resizer

Aplikasi Kompres Video Android, Smart Video Compressor And Resizer
Kredit gambar: play.google.com

Bagi Anda yang mau download video dengan ukuran besar namun takut memori penyimpanan cepat penuh, maka aplikasi yang selanjutnya ini bisa jadi solusinya. Smart Video Compressor dan Resizer bisa membantu Anda menghemat penyimpanan di HP Anda.

Anda bisa mengubah kualitas video, dimensi video, dan memilih kecepatan proses kompresi dengan menggunakan aplikasi ini. Bahkan dengan aplikasi ini Anda bisa memotong bagian tertentu dalam video.

Yang lebih menariknya lagi, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, jadi Anda tidak perlu khawatir. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengompres berbagai format video dengan mudah dan cepat.

Play Store

8. Video Slimmer

Aplikasi Kompres Video iOS, Video Slimmer
Kredit gambar: apps.apple.com

Aplikasi kompres video iOS yang satu ini memungkinkan Anda untuk kompres video, merotasi, memotong, dan menggabungkan video.

Video Slimmer mempunyai kemampuan pemrosesan batch yang sangat bagus, jadi Anda bisa eksport video yang mau diubah dengan cepat.

Dengan aplikasi ini Anda bisa menghemat penyimpanan di iPhone atau iPad Anda sampai dengan 80%. Anda juga bisa memilih apakah ingin menghapus video asli atau tidak setelah proses kompresi selesai dilakukan.

App Store

9. Video Compressor & Editor

Aplikasi Kompres Video iOS, Video Compressor Editor
Kredit gambar: apps.apple.com

Aplikasi kompres video terakhir yang kami rekomendasikan adalah Video Compressor & Editor. Aplikasi iOS yang dikembangkan oleh Yong Chen ini bisa Anda gunakan dengan bebas, selain itu rating di App Store juga cukup bagus, yaitu 4,6. 

Aplikasi ini mempunyai interfaces yang sederhana dan mudah sekali digunakan untuk kompres file dengan cepat. Anda bisa memotong, memisah, merotasi, dan menggabungkan video sesuai kebutuhan. Ada beberapa resolusi yang bisa Anda pilih untuk kompres video.

Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi kompres video terbaik untuk iOS, maka Anda bisa coba aplikasi yang satu. Selain gratis, Anda juga bisa melakukan kompres video dengan mudah dan cepat.

App Store

Demikianlah beberapa rekomendasi aplikasi kompres video untuk Android dan iOS yang dapat kami sampaikan. Semoga daftar aplikasi di atas bisa membantu Anda untuk mengkompres file video yang ukurannya sangat besar dan membuat penyimpanan menjadi longgar. 

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar