7 Aplikasi Trading Saham Terbaik untuk Pemula (2021)

Mau berinvestasi dengan mudah? Kini telah hadir berbagai aplikasi saham untuk Android dan iOS yang cocok untuk pemula dan mudah digunakan.

PONSELIO.COM - Tentunya Anda sudah tidak asing dengan yang namanya investasi saham. Terlebih lagi dengan adanya pandemi Covid-19 ini, pasar saham di Indonesia benar-benar turun. 

Hal tersebut membuat para investor ritel berbondong-bondong masuk ke instrumen investasi saham saat ini. 

Harga saham yang turun sangat jauh membuat peluang para investor pemula untuk mendapatkan keuntungan di dunia saham. Namun di luar momen yang terjadi sekarang ini, investasi saham ini memang sangat menjanjikan. 

Selain itu, untuk mulai berinvestasi saham sekarang sangat mudah. Sudah ada banyak aplikasi saham yang bisa Anda gunakan untuk membeli saham, terlebih lagi banyak yang newbie-friendly

Nah, untuk membeli saham Anda juga tidak perlu menyiapkan banyak uang, Anda bisa membeli saham mulai dari harga Rp 10.000 saja.

Pada kesempatan kali ini, Ponselio akan membagikan daftar aplikasi saham terbaik yang bisa Anda gunakan dan cocok untuk pemula. Langsung saja bagi Anda yang tertarik untuk mulai berinvestasi, silahkan simak daftarnya berikut ini.

1. Stockbit

Aplikasi Saham Stockbit
Kredit Gambar: play.google.com

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah Stockbit. Aplikasi awalnya adalah sebuah komunitas trading saham atau social trading yang dibuat dan dikembangkan oleh Sinarmas Sekuritas. Forum ini memberikan banyak manfaat untuk para anggotanya yaitu bisa saling tukar informasi tentang rekomendasi saham yang bagus.

Stockbit semakin dikenal karena saham sendiri adalah bagian dari investasi yang harganya cukup dipengaruhi oleh sentimen pasar, termasuk rumor dan berita. Dengan aplikasi Stockbit ini para investor ahli atau yang sudah senior bisa memberi analisis mereka terkait pasar yang ada.

Nah, untuk para investor pemula tentunya informasi ini sangat penting. Meskipun tidak 100% akurat, namun informasi ini masih bisa menjadi pertimbangan untuk membeli saham. Lambat laun, akhirnya pengguna juga dimungkinkan untuk mendaftar, membuat akun, dan bertransaksi saham melalui aplikasi ini.

Fee jual/beli di aplikasi Stockbit per transaksinya adalah 0.25%/0.15%.

Beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi Stockbit sebagai aplikasi saham antara lain:

  • Tampilan antarmuka yang modern dan kekinian
  • Terdapat fasilitas belajar berupa simulasi online trading
  • Memiliki forum diskusi yang sudah beranggotakan banyak orang dari seluruh Indonesia

Play Store

App Store

2. IPOT

Aplikasi Saham Ipot
Kredit Gambar: play.google.com

IPOT atau Indo Premier Online Technology merupakan aplikasi saham terbaik yang selanjutnya. IPOT adalah aplikasi trading online milik PT Indo Premier Sekuritas untuk investasi reksadana, saham, dan ETF dengan fitur-fitur yang cukup lengkap.

Fitur unggulan yang ditawarkan oleh IPOT ini adalah mekanisme Robo Trading yang otomatis dapat menjalankan semua instruksi jual beli di saham dan harga yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Dengan fitur ini Anda tidak akan kehilangan momen untuk membeli saham di harga yang Anda inginkan. Kelebihan utama lainnya yang dimiliki IPOT adalah tidak adanya minimum deposit ketika Anda membuka akun saham.

Beberapa kelebihan lain dari aplikasi IPOT ini adalah tidak ada minimum deposit ketika Anda membuka akun saham di aplikasi saham ini, Anda bisa melakukan investasi saham dan reksadana sekaligus di aplikasi ini, fitur berita dan riset oleh Tim Indo Premier, dan masih banyak fitur lain.

Pada saat pendaftaran akun di IPOT, apabila Anda menggunakan rekening BCA sebagai rekening utama, maka rekening bank pada RDN Anda nantinya juga akan menggunakan rekening BCA. Sementara jika Anda menggunakan lain, maka rekening RDN Anda akan menggunakan bank Permata.

Sedangkan untuk fee pada aplikasi ini, untuk penjualan akan dikenakan biaya 0,29% untuk setiap transaksi. Sedangkan untuk pembelian saham akan dikenakan biaya 0,19% untuk setiap transaksi.

Sementara itu, berikut beberapa kelebihan IPOT lainnya sebagai aplikasi saham terbaik:

  • Minimum deposit Rp0
  • Pembukaan akun dan rekening bisa dilakukan full via online tanpa mengirim berkas fisik
  • Satu aplikasi untuk semua jenis produk investasi (saham, reksadana, ETF, dll)
  • Robo trading
  • Terdapat berita mengenai sentimen pasar dan analisa dari para ahli
  • Menyediakan tutorial penggunaan aplikasi dan materi pembelajaran

Play Store

App Store

3. Ajaib

Aplikasi Saham Ajaib
Kredit Gambar: play.google.com

Aplikasi saham yang berikutnya adalah Ajaib, Meski tergolong sebagai “pemain” baru, tapi tidak butuh waktu lama bagi aplikasi yang berdiri pada tahun 2018 ini untuk menarik perhatian para investor.

Pasalnya, tak tanggung-tanggung, Ajaib menggandeng aktor Korea Kim Seon Ho sebagai bintang iklan mereka. Kim Seon Ho adalah karakter Han Ji Pyeong pada film drama Korea Start Up yang mana film-nya juga sangat populer beberapa waktu lalu.

Ajaib ini menaungi dua perusahaan yaitu Ajaib Sekuritas dan Ajaib Reksadana. Jadi Ajaib ini memiliki dua pilihan investasi, yaitu di reksadana dan saham.

Dengan fitur ini Anda tidak lagi menggunakan dua aplikasi berbeda untuk melakukan investasi saham dan reksadana. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah tampilan atau user interfacenya yang sangat mudah dipahami bahkan untuk pemula. Kemudian, sama seperti IPOT tadi, Ajaib juga tidak mematok deposit untuk pembukaan akun. Artinya, Anda bisa membuka akun dan rekening saham tanpa modal di Ajaib.

Ajaib mengenakan fee jual/beli sebesar 0,25%/0,15% untuk transaksi harian yang kurang dari Rp150 juta. Namun, apabila transaksi Anda berada di antar Rp150 juta sampai Rp1,5 miliar, maka feenya akan berkurang menjadi 0,24% untuk fee jual, dan 0,14% untuk fee beli.

Berikut beberapa fitur yang diunggulkan Ajaib:

  • Tampilan antarmuka yang mudah digunakan, aplikasi saham paling cocok untuk pemula
  • Fee jual dan fee beli tergolong murah
  • Tidak ada minimum deposit untuk membuka akun dan rekening
  • Menggunakan gaya promosi yang sangat dekat dengan kalangan milennial dan gen Z

Play Store

App Store

4. MOST Mandiri

Aplikasi Saham Most Mandiri
Kredit Gambar: play.google.com

MOST merupakan aplikasi saham yang disediakan Mandiri Sekuritas, Mandiri Sekuritas sendiri adalah salah satu broker saham terbesar yang ada di Indonesia. Perusahaan ini merupakan anak usaha dari PT Bank Mandiri Tbk. 

MOST mempunyai interfaces yang sangat ramah untuk pengguna baru atau investor pemula. Jadi bagi Anda yang baru mulai belajar saham bisa menggunakan aplikasi ini karena sangat mudah digunakan dan dipahami. 

Kelebihan dari aplikasi ini adalah pendaftaran akunnya yang full online, aplikasi ini juga mengadakan pelatihan secara online ataupun tatap muka untuk investor saham. Anda juga bisa mendapat akses penuh ke riset harian para analis profesional dari Mandiri Sekuritas.

Play Store

App Store

5. MotionTrade

Aplikasi Saham Motion Trade
Kredit Gambar: play.google.com

Aplikasi saham terbaik selanjutnya adalah MotionTrade. Aplikasi ini sejatinya merupakan versi baru dari aplikasi MNC Sekuritas. Dan sesuai dengan namanya, MNC Sekuritas merupakan anak usaha dari MNC Group yang berada di bawah naungan PT MNC Kapital Indonesia Tbk. 

Ketentuan transaksi dari MotionTrade adalah biaya beli 0,18% dan biaya jual 0,28%. Sedangkan untuk setoran awal untuk membuka akun di aplikasi ini tidak perlu mahal, Anda cukup depositkan dana 100 ribu saja dan sudah bisa mulai trading saham.

Proses pembuatan rekening di MotionTrade juga sangat mudah dan bisa dilakukan secara online tanpa harus pergi ke kantor atau tatap muka. Namun untuk membuat akun, Anda harus punya rekening BCA terlebih dahulu.

Play Store

App Store

6. RTI Business

Aplikasi Saham Rti Business
Kredit Gambar: play.google.com

Aplikasi saham yang berikutnya ini bisa dibilang sangat membantu para investor untuk menentukan strategi untuk jual dan beli saham. RTI Business memberikan berbagai informasi tentang charts, IHSG, data keuangan, kurs, sampai dengan berita masing-masing emiten. 

Anda juga bisa melihat informasi tentang kinerja dari perusahaan tertentu dalam kurun waktu lima tahun lewat cash flow, income statement, balance sheet, profitability, earnings, sampai dengan growth. 

Yang menariknya lagi dari RTI Business ini adalah dia menyediakan fitur simulasi trading saham atau IDX Virtual Online Trading. FItur ini sangat cocok dan membantu para pemula yang baru dalam dunia investasi saham. Bagi Anda yang masih bingung tentang saham, bisa coba menggunakan aplikasi ini.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa RTI Business hanyalah aplikasi untuk belajar dan melihat pergerakan harga saham di pasar, bukan aplikasi dari sebuah perusahaan sekuritas. Anda tidak bisa melakukan transaksi saham melalui aplikasi satu ini.

Play Store

App Store

7. BCAS Best Mobile

Aplikasi Saham Bcas Mobile
Kredit Gambar: play.google.com

Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan bagi Anda yang ingin mulai investasi saham adalah BCAS Best Mobile. Aplikasi ini adalah aplikasi trading saham terpercaya yang dimiliki oleh BCA Sekuritas. Aplikasi ini memiliki interfaces yang cukup nyaman dan sangat cocok digunakan para pemula. 

Aplikasi menetapkan fee beli sebesar 0,18% dan fee jual sebesar 0,28%, tidak jauh berbeda dengan aplikasi investasi saham lainnya.

Aplikasi ini mempunyai beberapa fitur unggulan yang mungkin jarang dimiliki oleh aplikasi saham lain. Beberapa fitur unggulan BCAS Best Mobile adalah Stock Info, Portfolio, Watchlist, Stock Chart, Expert Order, dan Real Time Market Data.

Play Store

App Store

Nah itulah beberapa rekomendasi aplikasi saham terbaik yang cocok untuk pemula. Bagi Anda yang baru mulai terjun di dunia investasi saham dan mau mencoba membeli saham, Anda bisa coba beberapa aplikasi tersebut untuk membelinya.  

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar