17x dibaca

Cara Cek IMEI HP Android / iPhone dan Validasi di Kemenperin

Kredit Gambar: Ponselio.com/Airul Anwar

Setiap ponsel yang dipasarkan oleh para produsen selalu memiliki nomor IMEI yang terdiri dari 14 hingga 16 digit. Fungsi dari IMEI adalah sebagai nomor identitas pada sebuah ponsel, tanpa adanya IMEI, sebuah ponsel tidak akan mampu menerima jaringan dari provider seluler.

Dan seperti kita tahu, Kementrian Perindustrian (Kemenperin) bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Kementrian Perdagangan (Kemendag) sedang membuat sebuah sistem untuk memblokir ponsel ilegal atau black market yang tidak terdaftar secara resmi.

Ponsel ilegal yang masuk ke Indonesia tanpa izin ini nantinya akan di blokir dan tidak akan bisa menerima sinyal dari provider seluler di Indonesia. Meskipun secara resmi aturan tersebut belum diberlakukan, tentunya tidak ada salahnya Anda mulai bersiap dari sekarang.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari cara untuk melakukan cek IMEI pada sebuah ponsel sekalikus melakukan validasi di Kemenperin, Ponselio akan bagikan caranya secara lengkap dan detil.

Cara Cek Nomor IMEI Semua HP

Setidaknya ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nomor IMEI ponsel Anda, dan secara prinsip ketiga cara ini bisa dilakukan di semua jenis ponsel, baik iPhone, Samsung, Xiaomi atau ponsel dari brand lain.

  • Cara pertama persis seperti ketika Anda sedang ingin menelfon atau minyimpan nomor kontak seseorang. Anda cukup mengetikkan *#06# di Dial Pad ponsel Anda, nantinya secara otomatis nomor IMEI akan tampil di layar ponsel Anda.
  • Cara kedua juga cukup mudah, untuk di ponsel Android Anda cukup masuk ke menu Setting kemudian masuk ke About Phone. Disana nantinya Anda akan bisa melihat dengan jelas nomor IMEI Ponsel Anda. Sementara untuk di ponsel iPhone, Anda bisa melihat nomor IMEI melalui menu Settings lalu masuk ke General, dan lanjutkan ke About
  • Di setiap pembelian ponsel baru, tentu Anda akan mendapatkan box atau kardus. Melalui box ini Anda juga dapat mengetahui nomor IMEI ponsel Anda dengan mudah. Umumnya nomor IMEI akan tertera pada bagian belakang box.
  • Khusus untuk ponsel iPhone, Anda juga dapat menemukan nomor IMEI pada bagian belakang body dan juga SIM tray.

Pastikan Anda melakukan pencatatan nomor IMEI ponsel Anda untuk nantinya digunakan untuk proses validasi di Kemenperin. Untuk proses validasinya, silakan lanjutkan membaca.

Cara Validasi Nomor IMEI di Kemenperin

  1. Silakan akses website untuk validasi IMEI milik Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id/
  2. Selanjutnya, silakan masukkan nomor IMEI yang sudah Anda catat tadi di kolom yang telah disediakan
  3. Langkah selanjutnya, silakan klik tombol dengan icon pencarian untuk memproses validasi nomor IMEI.

Jika ponsel Anda adalah ponsel yang masuk secara resmi ke Indonesia, maka akan muncul tulisan ‘IMEI terdaftar di database Kemenperin’, sebaliknya jika ponsel Anda adalah ponsel ilegal, maka akan muncul tulisan ‘IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin’.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Semoga tutorial ini berguna untuk Anda yang mengalami kesulitan untuk cek nomor IMEI sekaligus validasi di Kemenperin.

Artikel Lainnya:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *