14758x dibaca

MIUI 12: Fitur Baru, Jadwal Rilis & HP yang Dapat Update

Kredit Gambar: Ponselio.com/Airul Anwar

Berbicara mengenai ponsel Xiaomi, tentunya tidak lepas dari UI atau antarmuka besutan mereka, MIUI. Dan sepertinya Xiaomi memang benar-benar serius mengembangkan antarmuka besutannya ini demi memanjakan para penggunanya. Hal ini terbukti dengan dirilisnya update atau pembaruan dari MIUI yang kini memasuki versi ke 12.

Pembaruan dari MIUI 12 ini tentunya menghadirkan banyak fitur yang menarik sehingga banyak ditunggu oleh para pengguna ponsel Xiaomi. Nah, bagi Anda yang tidak sabar menanti kehadiran antarmuka baru ini dan penasaran dengan apa saja kelebihan, fitur baru serta jadwal rilisnya di Indonesia, Ponselio akan berikan informasi lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan dan Fitur Baru di MIUI 12

1. UI yang lebih bersih

Pembaruan MIUI 12 ini nantinya akan menawarkan antarmuka atau UI yang lebih bersih berkat penggunaan background yang lebih terang serta jarak antar tulisan dan gambar yang lebih lebar.

2. Animasi baru

MIUI 12 menghadirkan tampilan animasi baru yang di klaim memiliki transisi animasi dengan kehalusan setara dengan iOS. Animasi baru ini nantinya akan tersedia saat pengguna membuka aplikasi, rotasi layar, status baterai, live wallpaper dan juga saat mengatur ulang ikon di homescreen.

Salah satu yang cukup menarik dan layak di nanti tentunya klaim Xiaomi yang mengatakan transisi animasi akan memiliki kehalusan yang setara dengan iOS milik iPhone.

3. Always On Display

Tentu Anda sudah cukup familiar dengan Always on Display. Pada update kali ini Xiaomi fokus menghadirkan lebih banyak animasi yang menarik.

4. Navigasi

Di MIUI 12, Xiaomi menghadirkan gesture navigasi yang disesuaikan dengan Android 10. Keberadaan navigasi terbaru ini tentunya akan membuat pengguna semakin nyaman saat mengoperasikan ponsel miliknya.

5. Fitur keamanan

Xiaomi menghadirkan 3 fitur baru dari sisi keamanan yakni Flare, Barbed Wire dan Mask System. Secara keseluruhan, 3 fitur ini berguna untuk memantau, membatas serta mencegah perizinan sebuah aplikasi.

Adanya fitur ini tentunya sangat membantu pengguna agar bisa terhindar dari aplikasi-aplikasi berbahaya. 

6. Floating window

Fitur floating window tentu akan sangat berguna bagi Anda yang gemar melakukan multi-tasking. Menariknya lagi, floating window di MIUI 12 ini dapat diubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

7. AI Calling

AI Calling adalah fitur khusus yang dihadirkan bagi pengguna yang mengalami gangguan pendengaran. Secara garis besar, cara kerja AI Caling adalah melakukan transkrip suara ke dalam bentuk teks.

8. Fitur Fitness

Bagi Anda yang gemar bermain game PUBG Mobile, tentu Anda tidak asing dengan istilah gyroscope. Tapi apakah Anda tahu bahwa gyroscope ini memiliki kegunaan lain?

Ya, pada MIUI 12 gyroscope ini akan dimanfaatkan untuk merekam langkah saat pengguna berlari, berjalan, bersepeda dan menaiki anak tangga. Fitur ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang gemar berolahraga.

9. Sleep Tracker

Sleep Tracker atau pelacak tidur menjadi fitur baru yang cukup menarik. Fitur yang umumnya hanya terdapat pada smartband atau smartwatch ini dapat mengukur kualitas kualitas tidur pengguna dengan cara memantau pergerakan saat tidur.

10. Dark Mode

Fitur yang cukup populer saat ini dan banyak digunakan oleh kalangan anak muda. Adanya fitur ini di MIUI 12 tentunya akan membuat mata pengguna lebih nyaman saat mengoperasikan ponsel di malam hari. Dan tentunya fitur ini membantu mengurangi konsumsi daya baterai sehingga lebih hemat daya.

11. Ultra Battery Saver

Ultra Battery Saver adalah mode penghemat baterai yang akan membatasi fitur dan aplikasi yang sekiranya menghabiskan daya tanpa memengaruhi panggilan, pesan, dan konektivitas jaringan. Fitur ini akan memperpanjang waktu siaga telepon dan mengurangi konsumsi daya, sehingga memberi pengguna masa pakai baterai tambahan saat baterai ponsel hampir habis.

Jadwal Rilis dan Daftar Ponsel yang Menerima Update MIUI 12

Pada dasarnya terdapat banyak ponsel Xiaomi yang akan menerima update MIUI 12, namun di Indonesia Xiaomi hanya akan memberikan update kepada 23 ponsel yang beredar secara resmi di Indonesia.

Dan berikut adalah daftar 23 ponsel Xiaomi di Indonesia yang akan menerima update MIUI 12:

Tipe PonselStatus
Mi 10Tersedia
Mi Note 10
Mi Note 10 Pro
Mi 8 Lite
Redmi Note 9Tersedia
Redmi Note 9 Pro
Redmi Note 8
Redmi Note 8 ProTersedia
Redmi Note 7
Redmi Note 6 Pro
Redmi Note 5
Redmi 9
Redmi 8
Redmi 8A
Redmi 8A Pro
Redmi 7Tersedia
Redmi 7A
Redmi 6A
Redmi 6
Redmi 6 Pro
Redmi S2
POCOPHONE F1
POCO F2 ProTersedia

Berdasarkan informasi yang kami lansir dari Ubixlo, Update MIUI 12 kepada 23 ponsel di atas akan mulai berlangsung mulai awal Agustus 2020. Namun sayangnya hingga saat ini belum ada informasi resmi terkait tanggal peluncuran MIUI 12 pada di setiap ponsel yang termasuk dalam daftar.

Lantas, bagaimana dengan ponsel Xiaomi yang tidak di pasarkan secara resmi di Indonesia? Apakah tetap akan mendapatkan update?

Selama ponsel Anda masuk ke dalam daftar update versi Global, Anda tetap bisa melakukan update ke MIUI 12 menggunakan ROM versi global.

Artikel Lainnya:
Review Terkait:
10 comments
  1. Sampai akhir bulan Oktober Redmi 8 blm ke bagian MIUI 12 nya nih, padahal sudah d tunggu “🙏plis d percepat g, soal nya MIUI 11 ini lemot banget, terasa seperti HP kentang.

  2. Tadi siang Reno 7 saya dapat notif update MIUI 12.karena file hampir 2 giga, saya berencana download pake kuota malam yg msh melimpah. Tp malem hari saya cek lg kenapa tidak ada update?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *