1087x dibaca

Penyebab Layar HP Shadow dan Cara Mencegahnya

Kredit Gambar: www.allconnect.com

Layar shadow atau berbayang menjadi masalah yang seringkali dialami oleh banyak orang, terlebih bagi ponsel yang menggunakan layar dengan panel Super Amoled.

Masalah ini juga menerpa saya beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada salah satu layar ponsel saya yakni Samsung Galaxy S8. Tepat pada kanan layar bagian tengah, muncul shadow atau bayangan yang menyerupai senjata di PUBG Mobile. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kegemaran saya dalam bermain PUBG Mobile hingga berjam-jam.

Selain itu, shadow di layar ponsel saya juga muncul akibat terlalu seringnya saya menonton video di YouTube. Bentuk shadow-nya bergaris tepat pada bagian batas bawah video di YouTube.

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya mencoba mencari informasi mengenai apa saja yang menjadi penyebab munculnya shadow atau burn in di layar HP. Tentunya dengan harapan untuk dijadikan bahan pencegahan jika kelak saya membeli ponsel baru.

Nah, karena ini merupakan topik yang cukup menarik untuk dibahas, saya mencoba menuangkan artikel ini di Ponselio, siapa tahu berguna bagi Anda yang mengalami hal yang serupa.

Penyebab Shadow di Layar HP

Penyebab utama munculnya shadow di layar HP adalah terbakarnya pixel pada layar LCD. Hal ini umumnya dikarenakan LCD secara terus menerus menampilkan satu warna yang sama dalam jangka waktu yang lama.

Secara singkat, setiap layar LCD akan menghasilkan tiga warna utama, yakni Red, Green dan Blue atau biasa dikenal sebagai RGB. RGB inilah yang nantinya di olah sehingga bisa menghasilkan warna-warna yang lain.

Sebagai contoh kasus saya di atas, kegemaran saya bermain PUBG Mobile dalam jangka waktu yang lama menyebabkan muncul shadow dengan bentuk senjata pada bagian kanan layar. Hal ini disebabkan karena layar secara terus menerus menampilkan obyek senjata saat saya bermain PUBG Mobile dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cara Mencegah Shadow di Layar HP

Berbicara mengenai cara mencegah, tentu tidak lepas dari menghindari apa saja yang menjadi penyebab. Dan berikut beberapa cara pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk menghindari munculnya shadow di layar HP.

  • Turunkan kecerahan layar menjadi dibawah 40%
  • Atur batasan waktu tunggu layar (mati) menjadi 30 detik
  • Kecerahan layar yang tinggi akan memaksa piksel bekerja ekstra keras untuk menghasilkan warna RGB, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan tema dan wallpaper dengan warna hitam atau gelap untuk meringankan kinerja pixel pada LCD
  • Jangan gunakan ponsel Anda untuk aktifitas yang sama dalam jangka waktu yang lama, misalnya saja bermain game atau menonton video di YouTube.

Cara Memperbaiki Shadow di Layar HP

Kalau sudah terlanjur muncul shadow di layar bagaimana? Apakah bisa dihilangkan?

Diluaran sana, banyak sekali artikel yang menyebutkan bahwa ada aplikasi yang bisa mengatasi layar shadow. Namun perlu diperhatikan bahwa shadow atau burn-in yang terjadi di layar HP terjadi akibat kerusakan pada hardware layar, sehingga hampir mustahil sebuah aplikasi bisa memperbaiki kerusakan tersebut.

Satu-satunya cara terbaik untuk bisa menghilangkan shadow pada layar tersebut tentunya adalah dengan mengganti layar HP tersebut.

Artikel Lainnya:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *