Spesifikasi-Asus-ROG-Phone-3

 70x dibaca

Asus ROG Phone 3

Setelah sukses pada produk pendahulunya yakni Asus ROG Phone 1 dan 2, kini Asus kembali merilis penerusnya yakni Asus ROG Phone 3. Sesuai namanya, ROG yang merupakan singkatan dari Republik of Gamers, jadi tentu ponsel ini diciptakan dengan performa gaming terbaik.

Ponsel ini memiliki dua versi, yang pertama adalah Asus ROG Phone 3 Strix dan yang kedua adalah Asus ROG Phone 3 Tensen. Untuk unit yang kami ulas kali ini adalah versi Tensen dengan varian RAM 8GB/256GB.

Ponsel ini telah tersedia dan dapat Anda beli di marketplace Indonesia, ponsel ini dijual dikisaran harga 15 jutaan. Dengan harga yang terbilang mahal apakah ponsel ini mampu menarik hati Anda untuk membelinya? Yuk simak ulasan dari Ponselio berikut ini!

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Asus ROG Phone 3

Harga
  • Rp 13.500.000 (8 GB+256 GB)
Desain
  • Dimensi: 171 x 78 x 9.9 mm
  • Berat: 240 Gram
  • Material: Aluminum
  • Warna: Black Glare
Layar
  • Tipe: AMOLED
  • Ukuran: 6.59 inci
  • Resolusi: 1080 x 2340 pixel
  • Kedalaman Warna: 1 Milyar warna
  • Kerapatan Pixel: 391 ppi
  • Proteksi: Corning Gorilla Glass 6
  • Refresh Rate: 144 Hz
Hardware
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 865+
  • CPU: Octa-core (1x3.1 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.8 GHz Kryo 585)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: Tidak tersedia
Software
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Antarmuka: ROG UI
Kamera Belakang
  • Resolusi: 64 MP (wide) + 13 MP (ultrawide) + 5 MP (macro)
  • Fitur: LED flash, HDR, panoram
  • Video: 8K@30fps, 4K@30/60/120fps, 1080p@30/60/240fps, 720p@480fps; gyro-EIS
Kamera Depan
  • Resolusi: 24 MP
  • Fitur: Panorama, HDR
  • Video: 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 6000 mAh
  • Pengisian: Fast charging 30W, Power Delivery 3.0, Quick Charge 4.0, 3.0, Reverse charging 10W
Slot Kartu2 slot kartu (nano SIM + nano SIM)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.1, GPS, NFC, USB Type-C
SensorFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass

* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Sistem Operasi

Asus ROG Phone 3 menggunakan sistem operasi Android terbaru yakni Android 10 dengan ROG UI. ROG UI merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Asus dan hanya diperuntukkan ponsel seri ROG mereka.

ROG UI ini memiliki tampilan yang simple mirip dengan tampilan stock Android. Namun jika Anda ingin tampilan yang sedikit berbeda, tersedia juga beberapa themes yang dapat Anda pakai. Dengan themes tersebut Anda dapat memperoleh tampilan yang berbeda mulai dari icon, model jam, wallpaper dan lainnya.

Desain

Asus ROG Phone 3 ini memiliki dimensi 171 x 78 x 9.9 mm (6.73 x 3.07 x 0.39 in) dan berat 240g. Ponsel ini merupakan salah satu ponsel yang besar, lumayan tebal dan juga berat, hal tersebut wajar karena di dalam ponsel ini terdapat baterai besar dan komponen sistem pendingin.

Desain dari Asus ROG Phone 3 ini sekilas hampir mirip dengan generasi sebelumnya yakni ROG Phone 2. Pada bagian depan terdapat layar besar berukuran 6,59 ini. Tidak seperti desain ponsel kekinian yang menggunakan desain poni atau tompel, ponsel ini meletakkan kamera selfie di bezel atas terpisah dengan layar. Pada bagian atas dan bawah bezel juga terdapat dua speaker stereo yang keduanya sama-sama memiliki amplifier.

Pada bagian belakang terdapat 3 kamera, LED flash dan backdoor yang terbuat dari material kaca. Pada bagian belakang ponsel ini juga terdapat logo ROG yang dapat menyala, menariknya warna dan ritme dari nyala logo ini dapat kita atur sesuai keinginan.

Pada bagian kanan frame terdapat tombol power, tombol volume dan AirTrigger 3.0. Sementara pada bagian kiri frame dapat kita temui SIM Tray dan juga port power. Port power yang berada di kiri frame tersebut berguna untuk memudahkan kita melakukan charging ponsel saat bermain game. Sedangkan pada bagian bawah terdapat satu port USB-C.

Secara keseluruhan desain dari ponsel ini sangat menunjukkan bahwa ponsel ini memang ditujukan untuk keperluan gaming.

Layar

Asus ROG Phone 3 menggunakan layar AMOLED berukuran 6.59 inci dengan resolusi 1080 x 2340 pixel, dengan kerapatan ~391ppi (pixel per-inch). Layar pada ponsel ini juga sudah mendukung fitur HDR 10+ yang mana warna yang dihasilkan akan lebih kaya, tak seperti ponsel lain yang menukung 16 juta warna layar ponsel ini mampu menampilkan 1 Milyar warna.

Layar pada ponsel ini memiliki refresh rate tinggi yakni 144Hz. Dengan layar yang memiliki refresh rate tinggi ini tentu animasi dan juga gaming akan terasa lebih smooth. Menariknya lagi Anda dapat mengatur refresh rate pada ponsel ini menjadi 60hz, 90Hz, 120Hz atau 144Hz sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hardware

Menyandang gelar sebagai ponsel gaming terbaik tentu hardware yang ditanam pada ponsel ini juga merupakan hardware terbaru yang mampu memberikan performa terbaik.

Asus ROG Phone 3 ini menggunakan chipset Snapdragon 865+ (7 nm+), CPU Octa-core (1×3.1 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585) dan juga GPU Adreno 650.

Snapdragon 865+ adalah chipset terbaru keluaran dari Snapdragon, chipset ini termasuk chipset kelas atas yang mampu memberikan performa terbaik dalam hal gaming dan multi tasking. Dengan fabrikasi 7 nm+ tentu mampu chipset ini akan lebih efisien dalam hal mengatur daya baterai.

Untuk RAM dan internal memori ponsel ini membawa banyak varian diantaranya:

  • 8GB/128GB
  • 12GB/128GB
  • 12GB/256GB
  • 12GB/512GB
  • 16GB/512GB

Anda bisa pilih sesuai kebutuhan Anda. Tentu untuk varian RAM yang besar akan memiliki performa lebih baik daripada RAM yang kecil.

Baterai

Asus ROG Phone 3 dibekali baterai besar berjenis Li-Po dengan kapasitas 6000 mAh. Ponsel ini mendukung fitur fast charging 30W selain itu ponsel ini juga memiliki fitur USB PD (Power Delivery) 3.0 dan mendukung quick charge 3.0 dan 4.0.

Dengan kapasitas baterai di atas, screen on time yang didapat oleh ponsel ini berada di kisaran 9-10 jam. Sedangkan untuk melakukan pengisian baterai dari 0% hingga 100%, ponsel ini membutuhkan waktu sekitar kurang dari 2 jam.

Selain hal di atas, salah satu fitur menarik yang mungkin dapat Anda manfaatkan adalah fitur Reverse charging, artinya ponsel ini dapat mengisi baterai ponsel lain layaknya powerbank.

Kamera

Asus ROG Phone 3 memiliki 3 kamera belakang dengan resolusi berikut:

  • 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
  • 13 MP, f/2.4, 125˚, 11mm (ultrawide)
  • 5 MP, f/2.0, (macro)

Sedangkan pada kamera depan/selfie, ponsel ini memiliki satu kamera dengan resolusi 24MP.

Kamera belakang ponsel ini mampu merekam video dengan resolusi 8K@30fps, 4K@30/60/120fps, 1080p@30/60/240fps dan 720p@480fps.

Tersedia fitur Pro Video yang dapat memaksimalkan hasil video sesuai dengan setingan yang Anda mau. Untuk hasil video yang lebih stabil Anda dapat memanfaatkan fitur hypersteady pada resolusi 1080p.

Hasil foto dari kamera ponsel ini terbilang cukup memuaskan. Saturasi, ketajaman,dynamic range, detail foto yang dihasilkan terbilang bagus. Tersedia juga fitur night mode yang mampu mengangkat detail dan ketajaman foto pada kondisi minim cahaya.

Slot Kartu

Asus ROG Phone 3 ini memiliki 2 slot kartu yang mana keduanya hanya bisa diisi dengan SIM Card saja. Dengan kapasitas internal memory yang cukup besar, tidak tersedianya fitur slot untuk memori eksternal tentu bukan menjadi masalah yang serius.

Keamanan

Dari segi keamanan Asus ROG Phone 3 ini memiliki sensor sidik jari yang berada di bawah layar AMOLED-nya, untuk membuka kunci Anda cukuo menempelkan jari Anda di layar ponsel ini sesuai letak sensor berada.

Untuk akurasi dan kecepatan sensor terbilang biasa saja tidak terlalu cepat dan tidak juga lambat. Standar layaknya fingerprint ponsel pada umumnya.

Performa

Seperti yang telah kami singgung diatas bahwa ponsel ini adalah ponsel gaming, jadi sudah barang tentu performa yang diberikan tak perlu diragukan lagi. Dengan chipset Snapdragon 865+ tentu kegiatan gaming dan multi tasking dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Pengujian dengan aplikasi Antutu Benchmark (v8) Asus ROG Phone 3 ini mampu memperoleh skor di angka 600 ribuan, sementara pengujian menggunakan aplikasi Geekbench (v5) skor yang diperoleh pada single-core dikisaran 990-an dan multi-core dikisaran 3300-an.

Untuk menjalankan game PUBG Mobile, ponsel ini mampu mendapatkan setingan grafis tinggi yakni HD-Extreme. Sementara pada game Mobile Legends tentu setingan grafik tertinggi atau setingan rata kanan sudah pasti didapat.

Tersedia juga fitur-fitur tambahan menarik yang disematkan pada Asus ROG Phone 3 ini, fitur tersebut adalah Air Trigger dan Software Armory Crate yang akan membuat pengalaman bermain game di ponsel ini akan jauh lebih mengesankan dibandingkan bermain game ponsel flagship biasa.

Kesimpulan

Dibandrol dikisaran harga 15 jutaan apakah Asus ROG Phone 3 ini layak untuk dibeli?

Jika Anda menginginkan ponsel dari brand ternama dengan performa gaming yang jempolan tentu ponsel ini adalah pilihan yang tepat. Ponsel ini mampu menjawab semua kebutuhan gaming Anda dengan baik.

Namun bagi kami, desain dari ponsel ini yang terlalu gaming membuat ponsel ini kurang cocok untuk digunakan sebagai ponsel utama. Ukurannya yang terlalu besar dan berat membuat ponsel ini kurang nyaman untuk dibawa bepergian.

Tapi sudah barang tentu semua kembali ke selera dan kebutuhan Anda masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *