Cara Mengatasi Kamera WhatsApp Ngezoom Sendiri

Kenapa kamera WhatsApp zoom sendiri? Ternyata ini penyebab dan cara mengatasi kamera WhatsApp ngezoom.

PONSELIO.COM - Akhir-akhir ini, muncul sebuah masalah baru pada aplikasi chat paling populer ini. Masalah tersebut yaitu, kamera WhatsApp ngezoom sendiri saat digunakan untuk menangkap foto, baik di story maupun di chat.

Munculnya masalah di atas tentu membuat banyak pengguna WhatsApp mencari penyebab kenapa kamera WhatsApp zoom sendiri dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab kamera WA ngezoom sendiri tentu sangat beragam, namun yang paling kuat adalah karena adanya bug pada aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Mengingat masalah tersebut terjadi karena berbagai penyebab yang berbeda, berikut telah kami siapkan beberapa cara mengatasi kamera WhatsApp ngezoom. Silahkan lakukan setiap caranya secara berurutan!

1. Tutup dan Buka Kembali Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama yang bisa kamu ambil untuk mengatasi kamera WA yang ngezoom adalah dengan menutup lalu membuka kembali aplikasi WhatsApp.

Dengan demikian, file sistem pada aplikasi WhatsApp akan dimuat ulang dan biasanya berbagai macam masalah aplikasi akan hilang. Termasuk juga masalah kamera WA ngezoom sendiri.

2. Hapus Cache WhatsApp

Kamera Whatsapp Zoom Sendiri
Kredit Gambar: ponselio.com

Cache adalah sekumpulan file atau data yang dihasilkan oleh sebuah aplikasi dan tersimpan secara sementara pada memori HP kamu.

Banyaknya file cache yang menumpuk ternyata bisa menjadi salah satu penyebab kenapa kamera WhatsApp ngezoom sendiri.

Untuk itu, kamu bisa memperbaikinya dengan menghapus kumpulan semua cache yang dihasilkan dari aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Berikut cara clear cache WhatsApp:

  1. Buka Pengaturan di HP kamu.
  2. Pilih pengaturan Aplikasi.
  3. Cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Pilih Hapus Data.
  5. Pilih opsi Bersihkan Cache.

Langkah-langkah di atas kami lakukan di HP Xiaomi Redmi Note 8 MIUI 12. Jadi jika kamu menggunakan HP lain, kemungkinan besar akan ada sedikit perbedaan letak dan nama opsi. Tinggal sesuaikan saja.

3. Update Aplikasi WhatsApp

Kenapa Kamera Whatsapp Zoom Sendiri
Kredit Gambar: ponselio.com

Masalah yang terjadi di aplikasi WhatsApp juga biasanya disebabkan oleh adanya bug atau kesalahan pada sistem file WhatsApp itu sendiri. Itulah kenapa kamera WhatsApp zoom sendiri.

Namun biasanya, pihak WhatsApp akan dengan segera melakukan perbaikan pada bug yang terjadi dengan mengeluarkan versi update terbaru dari aplikasi WhatsApp.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi kamera WA ngezoom adalah dengan melakukan update aplikasi WhatsApp.

Bagi kamu yang belum mengetahui cara update WhatsApp, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  2. Cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Klik tombol Update.

Setelah proses update aplikasi WhatsApp selesai, coba jalankan aplikasi WA dan cek apakah kamera masih zoom sendiri atau tidak.

4. Restart HP

Selain terjadi masalah pada file WhatsApp, kamera WhatsApp zoom sendiri juga dapat terjadi karena adanya permasalahan pada file sistem.

Jadi untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba untuk memulai ulang (restart) HP yang kamu gunakan tersebut.

Setelah HP kembali menyala, cek apakah kamera WhatsApp sudah berjalan dengan normal atau belum.

5. Install Ulang WhatsApp

Jika dengan melakukan keempat cara di atas masih belum berhasil juga, solusi terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan instal ulang aplikasi WhatsApp.

Sebelum install ulang WhatsApp, pastikan kamu masih memiliki akses pada nomor HP yang kamu gunakan. Kamu juga bisa melakukan backup chat terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara mengatasi kamera WhatsApp ngezoom sendiri saat digunakan. Apabila masalah masih saja terjadi, maka kemungkinan besar masalah tersebut memang merupakan bug dari versi WhatsApp terbaru yang sedang kamu gunakan. Jadi tinggal tunggu saja sampai ada update WhatsApp yang lebih baru lagi.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar