Hero MLBB yang di Buff dan di Nerf pada Patch Terbaru November 2022

Ponselio — Moonton baru saja merilis daftar hero yang mendapatkan penyesuaian (buff dan nerf) di patch keluaran terbaru. Tercatat, terdapat 13 hero yang akan mendapatkan buff dan nerf di patch bulan November 2022 ini.

Biar nggak penasaran, berikut kami sajikan bocoran hero Mobile Legends yang akan di Buff dan di Nerf pada patch terbaru November 2022 ini.

1. Lesley

Hero favorit para Epical Glory yang baru saja mendapat revamp di patch sebelumnya ini kembali mendapatkan buff di patch terbaru ini.

Buff yang di dapatkan Lesley terletak pada passive yang dimilikinya. Sebelumnya, passive true damage dari Lesley hanya akan keluar jika Lesley mengeluarkan serangan critical, namun di patch terbaru ini passive milik Lesley akan menghasilkan true damage tanpa harus mengeluarkan serangan critical.

Lesley juga mendapat peningkatan damage, dari yang sebelumnya 110% total physical attack menjadi 50 + 100% total physical attack. Hero ini juga mendapatkan penyesuaian pada basic attack yang diperkuat sehingga tidak terganggu oleh skill lain.

2. Fredrinn

Hero terbaru di Mobile Legends ini saat ini terbilang menjadi salah satu hero yang menjadi langganan pick dan banned. Uniknya, hero ini justru mendapatkan banyak sekali buff di patch terbaru ini.

Yang pertama, Fredrinn mendapatkan efek baru. Sekarang, combo point akan mereset durari berkurangnya Crystal Energy. Selain itu, Crystal Energy akan berkurang secara bertahap, tidak lagi langsung mengihilang, namun durasi totalnya berkurang menjadi 5 detik.

Crystal Energy dari Fredrinn ini juga mendapatkan beberapa adjustment, antara lain:

  • Pengurangan crystal energy setiap detik: 5% Max HP menjadi 10% Max HP
  • Rasio konversi damage menjadi crystal energy: 85% menjadi 100%
  • Rasio konversi crystal energy menjadi HP dari damage ultimate terhadap hero lawan: 30% menjadi 25%

Skill 1 milik Fredrinn juga mendapatkan penambahan bonus Physical Attack tambahan ke Damage.

Pada skill ultimate-nya, Fredrinn juga mendapat penyesuaian, yakni pengurangan bonus crystal energy dari sebelumnya 40% menjadi 35%. Meski demikian, skill ultimate Fredrinn ini masih terhitung sebagai buff, pasalnya terdapat efek baru yang menggandakan rasio konversi crystal energy menjadi HP dari damage terhadap hero lawan.

Terakhir, Fredrinn mendapat penyesuaian bonus atribut dari skin, dari yang sebelumnya penambahan Physical attack sebesar 8 poin diubah menjadi penambahan Max HP sebesar 100 poin.

Buff yang didapat oleh Fredrinn ini tampaknya akan membuat Fredrinn menjadi tank/fighter dengan durabilitas yang tinggi.

3. Carmilla

Hero yang bisa dibilang terlupakan ini tidak hanya sebatas mendapat buff, namun juga revamp pada skill yang dimilikinya.

Penyesuaian pertama yang di dapat oleh Carmilla terdapat pada atribut yang dimilikinya, yakni penyesuaian pada defense lawan yang dicuri, dari 6-12 poin menjadi 7-11 poin.

Penyesuaian kedua terdapat pada skill yang dimiliki Carmilla. Sekarang Carmilla akan melemparkan Course of Blood ke arah target dan menciptakan area luas yang menyebabkan efek slow pada lawan di dalamnya. Lawan yang tetap berada di area tersebut setelah beberapa detik akan terkena efek Immobilize dan menjadi terikat satu sama lain.

Skill ini juga mendapatkan penyesuaian rasio damage ikatan, dari sebelumnya 70% menjadi 50%. Namun dilain sisi, rasio efek crowd control ikatan ditingkatkan dari sebelumnya 70% menjadi 100%.

Yang cukup mengerikan, Carmilla juga mendapatkan peningkatan damage, dari yang sebelumnya 275-525 + 160% magic power menjadi 450-750 + 130% magic power.

Terakhir, skill khusus yang hanya bisa digunakan jika bermain bersama Cecilion mendapatkan beberapa penyesuaian, yakni:

  • Cooldown: 20 detik menjadi 45 detik
  • Base shield: 220-500 menjadi 520-800

4. Kaja

Kaja juga menjadi salah satu hero yang mendapatkan banyak penyesuaian. Moonton menyebutkan jika Kaja saat ini belum menempati role yang jelas sehingga Moonton menambahkan beberapa mekanisme baru.

Buff yang pertama, kaja mendapatkan perubahan atribute, yakni peningkatan Base Physical Defense dari 21 poin menjadi 25 poin. Pertumbuhan HP Kaja juga mendapat peningkatan, dari sebelumnya 190 poin menjadi 210 poin.

Berikutnya, pasif yang dimiliki Kaja juga mendapatkan penyesuaian, sekarang basic attack yang diperkuat tidak lagi memulihkan HP. Efek kemudian ditambahkan pada Kaja, kini damage semua skill dan basic attack yang diperkuat akan menyebabkan efek Parlyze pada lawan, mengurangi movement speed secara singkat, dan mengurangi damage yang diberikan sebesar 8% selama 4 detik dan dapat di-stack hingga 4 kali.

Penyesuaian lain yang di dapat oleh Kaja antara lain sebagai berikut:

Skill 1

  • Efek dihapus: Memberikan Damage akan mengurang Cooldown dari Wrath Sanction
  • Efek baru: Memberikan damage akan memulihkan 100-200 HP (memulihkan 30% untuk setiap target berikutnya)
  • Cooldown: 7-5 detik menjadi 6,5-4,5 detik

Skill 2

  • Damage: 200-350 + 80% magic power menjadi 150-300 + 35% magic power

Ultimate

  • Damage: 300-600 + 100% magic power menjadi 200-500 + 80% magic power
  • Efek dihapus: Mengurangi magic defense target sebanyak 10-20 ketika ultimate aktif

5. Minotaur

Minotaur mendapatkan sedikit penyesuaian pada persyaratan penggunaan dan efek dari ultimate-nya. Hero ini juga mendapatkan peningkatan pada kemapuan crowd control skill.

Pasif

  • Rage yang telah dikumpulkan tidak lagi berkurang seiring waktu, sebagai gantinya, rage yang diperoleh saat memberikan damage kepada hero sedikit dikurangi

Skill 1

  • Efek baru: Menyebabkan efek airborne pada target yang terkena hit.

Skill 2

  • Tidak lagi memperoleh Rage

Ultimate

  • Perolehan Rage: 5 kali menjadi 3 kali

Selain penyesuaian di atas, Minotaur juga mendapatkan revamp evek, yang mana dua serangan pertama tidak lagi menyebabkan efek Airborne dan digantikan efek slow sebesar 70%. Revamp ini juga meningkatkan durasi animasi sebelum efek Airborne serangan ketiga.

Minotaur juga akan menjadi kebal terhadap efek crowd control.

6. Floryn

Hero support yang satu ini mendapatkan beberapa penyesuaian. Tujuannya agar equipment yang diberikan oleh Floryn kepada teman satu tim dapat lebih berguna. Penyesuaian yang diberikan pada Floryn lebih terfokus pada skill pasif yang dimilikinya, yakni:

  • Mendesain ulang atribut Flower of Hope: +5% adaptive attack
  • Atribut baru Flower of Hope yang telah ditingkatkan: 10% Physical Lifesteal + 10% Magic Lifesteal
  • Efek baru: Hero satu tim dengan Flower of Hope akan memperoleh Shield setiap kali menerima pemulihan dari skill Floryn. Setelah Flower of Hope meningkat, jumlah Shield menjadi lebih banyak dan sedikit meningkatkan movement speed milik hero.

7. Aulus

Hero Aulus juga mendapatkan banyak penyesuaian di Patch terbaru ini, Moonton berharap perubahan ini dapat meningkatkan pengalaman bermain Aulus dan juga mengurangi ketergantungan terhadap Equipment Damage. 

Dengan begitu Aulus dapat lebih mudah dalam bermain ofensif atau defensive. Berikut penyesuaian yang didapatkan Aulus:

Pasif

  • Damage Basic Attack yang diperkuat: 130% Physical Attack menjadi jadi 27-125 + 100% Physical Attack.
  • Kondisi Stack: Setiap Basic Attack akan menambahkan 1 Stack >> Memperoleh 1 Stack setiap detik setelah Aulus memberikan Damage pada lawan.
  • Physical Attack dari setiap Stack Fighting Spirit: 4-16 menjadi jadi 3-12.
  • Bonus Movement Speed saat Stack penuh Fighting Spirit: 15% menjadi jadi 10%.

Skill 1

  • Revamp skill: Tidak lagi harus menekan dan menahan tombol skill. Aulus menghapus semua efek slow dan memperoleh Movement Speed tambahan sebesar 30%-50% serta 20% pengurangan damage dari arah depan selama 3 detik.
  • Cooldown: 12-7 detik jadi menjadi 10 detik.

Skill 2

  • Cooldown: 8-4 detik menjadi 10-5 detik.
  • Peningkatan Attack Speed: 140% menjadi 200%.
  • HP Regen: 30 +60% Physical Attack >> 25-100 + 30% Physical Attack.
  • Mengoptimalkan perhitungan durasi Basic Attack yang diperkuat: Setiap Basic Attack akan merefresh durasi dari Stack yang tersisa.

Skill Ultimate

  • Efek Baru: Menyebabkan efek Slow sebesar 90% selama 0,5 detik setelah skill digunakan.

8. Khaleed

Khaleed mendapat penyesuaian untuk meningkatkan pengalaman penggunaan Basic Attack yang diperkuat dan Skill 1, membuatnya lebih mudah untuk mengenai targetnya. Hal ini dapat meningkatkan performa Khaleed di Early Game hingga Mid Game.

Pasif

  • Sedikit mempersingkat animasi Basic Attack yang diperkuat dan meningkatkan jarak pergerakan. Khaleed akan berada lebih dekat dengan lawan setelah melakukan Basic Attack ini.
  • Mengubah efek pasir di bawah tanah menjadi efek Slow sebesar 40% selama 1,5 detik pada lawan yang terkena Hit.
  • Damage: 160% total Physical Attack >> 50+140% total Physical Attack.

Skill 1

  • Efek Baru: Hero lawan dan Creep yang terkena Hit akan tertarik ke arah Khaleed dalam jarak singkat (tidak mengganggu Skill).
  • Sedikit mengurangi jeda sebelum Skill aktif.
  • Base Damage: 170-520 >> 180-480.

9. Alice

Penggunaan Mana untuk Ultimate Alice sedikit terlalu berlebihan di Early Game, hal tersebut akan membatasi performa Alice di Early hingga Mid Game. Selain itu, Moonton juga mengoptimalkan pasih yang dimiliki Alice.

Pasif

  • Efek Baru: Creep yang tereliminasi juga akan menjatuhkan Blood Orb.
  • Optimasi efek: Blood Orb yang dijatuhkan hero lawan yang tereliminasi di sekitar menjadi lebih mudah terlihat.

Skill Ultimate

  • Penggunaan Mana: 60-140 >> 50-140.

10. Odete

Odette merupakan salah satu hero yang memiliki kemampuan pemberi Damage Area Efek terkuat, namun mudah bagi lawan untuk mengganggu dirinya. Dengan penyesuaian yang diberikan di Patch terbaru ini, Moonton ingin agar Odette lebih mudah memposisikan dirinya di pertarungan. 

Berikut penyesuaian yang didapatkan oleh hero Odette:

Skill Ultimate

  • Sekarang, Odette menggunakan Ultimate di posisi dia berdiri dan juga dapat melompat saat Ultimate berlangsung.

11. Yve

Setelah Yve mendapat pengurangan lebar Ultimate, dia harus memposisikan diri lebih dekat ke pertarungan dan menjadi lebih mudah dihadapi. Maka dari itu, Moonton membuat Ultimate Yve menjadi tidak dapat diganggu oleh efek Crowd Control.

Penyesuaian yang di dapat Yve di antaranya:

Skill 1

  • Base Damage: 170-320 + 70% Magic Power menjadi 200-400 + 80% Magic Power.

Skill Ultimate

  • Area Starfield: 7*7 >> 5*5 (ukuran setiap petak tidak berubah).
  • Efek Baru: Sekarang tidak lagi dapat diganggu oleh efek Crowd Control (kecuali efek Suppress).
  • Durasi efek Immobilize: 0,3 detik >> 0,8 detik.
  • Cooldown: 65-55 detik >> 50-40 detik.
  • Damage Tap: 360-490 + 110% Magic Power >> 340-540 + 120% Magic Power.

12. Zhask

Dengan mengurangi Cooldown dari Skill 1 Zhask, Moonton ingin memperkuat kemampuan Roam dari Zhask di Early hingga Mid Game. Selain itu, Moonton juga mengoptimalkan peluang mengenai lawan dan mengurangi Damage dari Skill 3 agar lebih berfokus menjadi Skill Crowd Control.

Skill 1

  • Cooldown: 16-13 detik, tidak lagi mengembalikan Cooldown saat Nightmaric Spawn tereliminasi.

Skill 3

  • Durasi penggunaan: 0,4 detik >> 0,2 detik.
  • Penyebaran proyektif: 5 Nightmaric Clone di 1 baris >> 6 Nightmaric Clone di 2 baris.
  • Bonus Magic Power: 50% >> 34%.
  • Rasio pengurangan Damage proyektif: 100%/85%/70%/55%/20% untuk proyektif berikutnya >> 100%/80%/60%/40%/20% untuk proyektif berikutnya.

Lainnya

  • Memperbaiki masalah penggunaan Mana menjadi lebih tinggi dari yang semestinya bahkan ketika Skill tidak diperkuat.

13. Faramis

Setelah Faramis menerima banyak Nerf di Patch sebelumnya, performa Faramis masih melampaui ekspektasi. Maka di Patch terbaru ini, Moonton meningkatkan potensi Skill lainnya sebagai pengganti untuk Nerf pada Ultimate.

Skill 1

Cooldown: 18 detik >> 15 detik.

Skill 2

Damage awal: 300-450 +108% Magic Power >> 330-480 +144% Magic Power.

Ultimate

Efek baru: Teman satu tim yang keluar dari area Nether Realm tidak lagi mendapatkan efek Ultimate Faramis.

14. Lapu-Lapu

Pada Patch terbaru ini, Moonton meningkatkan kemampuan Lapu-Lapu agar dapat lebih bersaing dengan hero Fighter yang lainnya. Berikut penyesuaian yang diberikan untuk hero Lapu-Lapu:

Skill 2

  • Cooldown: 12-7 detik >> 10-8,5 detik.

Ultimate

  • Buff Defense: 10-40 >> 30-60.

15. Luo Yi

Pada penyesuaian terbaru ini, Moonton berharap perubahan ini dapat meningkatkan strategi dengan Ultimate Luo Yi. 

Ultimate

  • Jarak Maksimum: 20-28 >> 28-36.

16. Vexana

Hero Vexana kesulitan menghadapi lawannya tanpa bantuan dari Eternal Guard, Moonton berharap pada perubahan terbaru ini nantinya Vexana dapat mengatasi hal tersebut.

Ultimate

  • Cooldown: 60 detik di semua Level >> 60-46 detik.

17. Harley

Pada penyesuaian terbaru ini, Moonton meningkatkan kemampuan adaptasi dan potensi penggunaan dengan mengurangi Cooldown Skill 2.

Skill 2

  • Cooldown: 10-7 detik >> 8,5-6,5 detik.
  • Setelah kembali, Harley tidak lagi memiliki bonus Movement Speed dari penggunaan pertama.

18. Gusion

Perubahan pada pasifnya membuat Gusion dapat memberikan Damage sangat besar, bahkan tanpa perlu memanggil kembali belatinya. Selain itu, Moonton juga melakukan Nerf untuk menciptakan keseimbangan.

Pasif

  • HP target yang hilang dari setiap Stack: 4% >> 3%.

Skill 2

  • Serangan pertama: 110-210 +50% total Magic Power >> 100-200 +40% total Magic Power.

19. Melissa

Penyesuaian ini akan meningkatkan Cooldown di Early Game untuk membatasi Melissa agar tidak mendominasi Lane di Earle hingga Mid Game.

Skill 1

  • Cooldown: 8,5-7 detik >> 10,5-7 detik.

Skill 2

  • Cooldown: 6-7 detik >> 9-7 detik.

20. Atlas

Kemampuan Crowd Control dan mobilitas Atlas merupakan salah satu yang terbaik di antara hero Tank yang lainnya. Sebagai gantinya, Moonton melakukan Nerf pada pasifnya untuk memberi ruang bagi lawan.

Pasif

  • Peningkatan Physical & Magic Defense: 20-45 >> 11-25.

21. X.Borg

Firaga Armor miliknya sering mudah dihancurkan di Early Game, sehingga Moonton meningkatkan daya tahannya di Early Game.

  • Base HP: 918 >> 998.
  • Base HP Armor: 1.102 >> 1.198

22. Yin

Nerf pada Patch sebelumnya sedikit berlebihan untuk hero Yin, sehingga Moonton meningkatkan daya tahannya saat Ultimate aktif sebagai kompensasi.

Ultimate

  • Peningkatan Defense di dalam Domain: 20-60 >> 50-80.

23. Gatotkaca

Hero Gatotkaca memiliki kemampuan Crowd Control yang sangat kuat, namun mudah dihindari oleh hero lawan di pertandingan Mode Rank tingkat tinggi. 

Skill 2

  • Meningkatkan jarak dasar pergerakan.
  • Mengurangi durasi pengisian kekuatan yang dibutuhkan untuk mencapai jarak pergerakan maksimum (durasi total pengisian tidak berubah).

24. Edith

Pada penyesuaian terbaru ini, Moonton meningkatkan kemampuan hero Edith untuk membersihkan Lane dan potensi Damage di Late Game.

Pasif

  • Damage pada Minion: 150% >> 180%.

Ultimate

  • Rasio konversi Magic Power dari Defense tambahan: 2,5 >> 3,2

25. Baxia

Moonton meningkatkan kemampuan Baxia dalam menghadapi hero dengan HP Regen yang kuat serta meningkatkan frekuensi penggunaan Skill 2.

Pasif

  • Pengurangan Shield dan HP Regen milik target: 30% >> 50%.

Skill 2

  • Cooldown: 10-7 detik >> 10-5 detik.

26. Belerick

Pada penyesuaian Patch terbaru ini, Moonton meningkatkan daya tahan Belerick dengan mengurangi penggunaan Mana.

Skill 2

  • Penggunaan Mana: 90-150 >> 60-110.

27. Granger

Kemampuan hero Granger dalam melakukan Farming masih lebih lambat jika dibandingkan dengan hero Jungler yang lainnya.

Skill 1

  • Damage tambahan terhadap Creep: 90 >> 120.
Dapatkan pembaruan artikel dan berita tebaru lainnya dari Ponselio dengan cara mengikuti kami di Google News.

Tinggalkan komentar