Huawei-Nova-7

 55x dibaca

Huawei Nova 7

Jika ada ponsel kelas mid-range yang memiliki spesifikasi layaknya ponsel flagship, jawabannya adalah Huawei Nova 7. Yaps, ponsel ini memang memiliki banderol harga Rp 6.899.000, namun memiliki spesifikasi yang tak kalah dengan ponsel flaghsip dengan harga Rp 10 jutaan.

Tapi… ada tapinya.

Dibalik spesifikasi menterengnya, kita sama-sama tahu bahwa perang dagang antara China dan Amerika membuat lisensei GMS atau Google Mobile Services milik Huawei dicabut oleh Google. Itu artinya, ponsel Android besutan Huawei tidak akan bisa menjalankan aplikasi milik Google seperti misalnya Google Maps.

Lantas, apakah itu menjadi kekurangan tersendiri untuk Huawei Nova 7 ini? Mari simak review dari Ponselio berikut ini.

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Huawei Nova 7

Harga
  • Rp 6.899.000 (8 GB+256 GB)
Desain
  • Dimensi: 160.6 x 74.3 x 8 mm
  • Berat: 180 Gram
  • Material: Plastik
  • Warna: Black, Space Silver, Midsummer Purple, Red, Green
Layar
  • Tipe: OLED
  • Ukuran: 6.53 inci
  • Resolusi: 1080 x 2400 pixel
  • Kedalaman Warna: 16 juta warna
  • Kerapatan Pixel: 403 ppi
  • Proteksi: Tidak tersedia
Hardware
  • Chipset: Kirin 985 5G
  • CPU: Octa-core (1x2.58 GHz Cortex-A76 & 3x2.40 GHz Cortex-A76 & 4x1.84 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G77
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: Tidak tersedia
Software
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Antarmuka: EMUI 10.1, no Google Play Services
Kamera Belakang
  • Resolusi: 64 MP (wide) + 8 MP (telephoto) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP (macro)
  • Fitur: LED flash, Panorama, HDR
  • Video: 4K, 1080p, 720p@960fps, gyro-EIS
Kamera Depan
  • Resolusi: 32 MP
  • Fitur: HDR
  • Video: 4K
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 4000 mAh
  • Pengisian: Fast charging 40W, Reverse charging 5W
Slot Kartu2 slot kartu (nano SIM + nano SIM)
KonektivitasWi-Fi, GPS, Bluetooth 5.1, GPS, NFC
SensorFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Sistem Operasi

Huawei Nova 7 mengusung sistem operasi Android 10 dengan antarmuka EMUI 10.1. Antarmka ini sendiri memiliki fitur-fitur baru seperti HUAWEI MeeTime, HUAWEI Share, dan lebih banyak kemampuan Multi-screen Collaboration untuk memungkinkan pengguna mengambil manfaat lebih baik dari beberapa perangkat sekaligus serta galeri foto lintas-perangkat, 3D AoD, Multi-Device Control Panel untuk multitasking yang lebih baik dan lebih banyak lagi.

Desain

Huawei Nova 7 memiliki dimensi 160.6 x 74.3 x 8 mm dengan berat 180 gram. Jika dilihat dari desain, ponsel ini sepertinya memang ditujukan untuk anak muda, hal ini bisa dilihat dari desain ponsel ini yang tipis dan berat yang ringan.

Tersedia dua pilihan warna yakni Space Silver dan Midsummer Purple dengan finishing glossy layaknya seperti kaca cermin. Finishing ala kaca ini membuat ponsel ini tampak premium, namun dilain sisi membuat sidik jari mudah sekali menempel pada bagian body.

Hal lain yang cukup disayangkan adalah pengunaan material plastik pada bagian body-nya, namun bagi kami penggunaan material plastik ini cukup wajar mengingat biaya produksi untuk ponsel ini tentunya sudah terpangkas untuk area lain yang memang menawarkan spesifikasi yang oke punya.

Layar

Untuk layar, Huawei Nova 7 mengusung layar berukuran 6.53 inci. Panel layar yang digunakan adalah OLED dengan resolusi FULL HD+ 2400 x 1080 Piksel. Secara keseluruhan, ponsel ini sudah menawarkan kualitas layar yang baik. Anda bisa dengan nyaman menonton video atau bermain game menggunakan ponsel ini.

Yang menarik lagi, kamera depan yang terletak di pojok kiri atas pada bagian layar juga berukuran kecil sehingga tidak mengganggu.

Hardware

Huawei Nova 7 mengusung chipset Kirin 985 dengan dukungan RAM 8 GB dan memori internal sebesar 256 GB.

Penggunaan chipset ini cukup menarik mengingat Kirin 985 merupakan salah satu chipset dengan performa tinggi. Kirin 985 juga sudah mendukung konektivitas 5G sehingga membuat ponsel ini menjadi ponsel termurah yang sudah mendukung koneksi 5G.

Baterai

Kapasitas baterai Huawei Nova 7 ini adalah 4000 mAh, tidak begitu besar namun sudah cukup untuk keperluan harian. Daya tahan baterai ini terbilang awet, untuk penggunaan screen on time sekitar 5 jam, baterai ponsel ini masih sisa sekitar 40%.

Penggunaan baterai ponsel ini juga bisa semakin awet jika kita mengaktifkan Performance mode menjadi balance-smooth.

Tidak cukup sampai disitu, Ponsel ini juga sudah mendukung SuperCharge (maksimal 40 W) sehingga baterai ponsel ini bisa di isi ulang dengan cepat.

Kamera

Ngomongin ponsel Huawei tentu tidak afdol kalau tidak membahas kameranya. Wajar saja, ponsel Huawei memang dikenal memiliki kualitas kamera yang mumpuni. Tidak terkecuali dengan Nova 7 ini.

Ponsel ini mengusung setup empat buah kamera pada bagian belakang, dengan rincian:

  • 64 MP (Lensa Resolusi Tinggi, bukaan f/1.8)
  • 8 MP (Lensa Ultra Wide Angle, bukaan f/2.4)
  • 8 MP (Lensa Telefoto, bukaan f/2.4)
  • 2 MP (bukaan makro, bukaan f/2.4)

Lantas, bagaimana dengan kualitas kamera belakang ponsel ini?

Meskipun kamera ponsel ini belum mengusung kamera Leica layaknya Huawei P40, kualitas foto yang dihasilkan kamera belakang ponsel ini jelas berkualitas. Foto yang dihasilkan kamera belakang ponsel ini terlihat natural dengan saturasi warna yang tidak berlebihan.

Kamera depan yang mengusung setup 32 MP juga menawarkan kualitas gambar yang mumpuni. Kamera depan ponsel ini juga memiliki kualitas mumpuni dalam keadaan low light (minim cahaya), hal ini dikarenakan layar ponsel ini bisa digunakan sebagai lighting.

Untuk urusan perekaman video, kamera depan maupun belakang ponsel ini mampu merekam video dengan resolusi video 4K dengan cukup stabil. Menariknya lagi, kamera ponsel ini juga mendukung dual view saat merekam video, sehingga pengguna dapat merekam video menggunakan kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan.

Slot Kartu

Untuk slot kartu, ponsel ini menawarkan sesuatu yang umum layaknya ponsel lain saat ini, yakni dual SIM. Huawei Nova 7 tidak menyediakan slot kartu memori eksternal, namun ini cukup wajar mengingat kapasitas memori internal yang disediakan sudah sangat besar, yakni 256 GB.

Keamanan

Dari sisi kemamanan, ponsel ini mengusung sistem keamanan fingerprint scanner yang terletak di bagian layar.

Performa

Review performa ini yang biasanya ditunggu-tunggu oleh kalangan gamers.

Untuk hasil skor Antutu, ponsel ini mampu menghasilkan skor yang terbilang tinggi, yakni 414 ribuan. Skor yang tinggi ini tentunya tidak lepas dari penggunaan chipset Kirin 985 yang dipadukan dengan RAM sebesar 8 GB.

Lantas, bagaimana dengan performa gaming?

Sudah pasti ponsel ini mampu menjalankan game berat, seperti misalnya PUBG Mobile. Game PUBG Mobile bisa berjalan di setingan smooth-extreme hingga HDR-extreme dengan lancar tanpa terjadi drop FPS.

Untuk game lain bagaimana? Untuk game ringan seperti misalnya Mobile Legend dan Free Fire, sudah pasti berjalan dengan lancar di ponsel ini.

Kesimpulan

Menurut kami, ponsel ini menjadi salah satu ponsel rekomended di rentang harga 6-7 jutaan. Spesifikasi yang ditawarkan oleh ponsel ini bahkan bisa dikatakan selevel dengan ponsel flaghsip. Jadi bagi Anda yang mencari ponsel dengan kualitas kamera baik, performa gaming yang tinggi, baterai yang awet, support fast charging, dan fitur-fitur HP Flagship lainnya, tentu ponsel ini menjadi pilihan terbaik.

Salah satu yang menjadi kekurangan ponsel ini menurut kami terletak pada bagian material yang digunakan pada bagian body. Selain menggunakan bahan plastik, finishing yang menyerupai kaca membuat bekas sidik jari mudah sekali menempel.

Dan tentunya, kekurangan lain dari Huawei Nova 7 adalah tidak tersedianya layanan Google Mobile Services. Hal ini membuat beberapa aplikasi besutan Google, seperti misalnya Google Play tidak bisa digunakan di ponsel ini. Begitu dengan aplikasi yang menggunakan layanan Google, seperti misalnya Gojek.

Namun disisi lain, Huawei juga mulai mengembangkan Huawei Mobile Services yang saat ini mulai menyediakan aplikasi-aplikasi yang umum digunakan. Huawei juga menyediakan Petal Search, yang mana ini merupakan mesin pencari yang dapat dimanfaatkan untuk mencari aplikasi-aplikasi yang tidak tersedia di Huawei Mobile Services.

Jadi secara keseluruhan, tidak menjadi kekurangan yang sangat signifikan di ponsel ini. Kita masih bisa menggunakan ponsel kedua untuk sekadar menggunakan aplikasi Gojek atau Google Maps. Sembari tentunya berharap Huawei bisa segera menemukan solusi atas masalah ini.

Review Lainnya:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *