Spesifikasi-Huawei-P40-Pro

 40x dibaca

Huawei P40 Pro

Huawei merupakan perusahaan dari China yang banyak memproduksi barang elektronik. Produk yang paling merajai pasar adalah produk ponsel pintar atau smartphone. Pada tanggal 10 April 2020 kemarin Huawei resmi merilis ponsel pintar mereka dengan nama Huawei P40 Pro.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa telah terjadi perseteruan yang cukup panjang antara pihak Huawei dengan pemerintah Amerika Serikat (AS). Perseteruan ini berujung dicabutnya lisensi GMS (Google Mobile Service) pada ponsel terbaru yang dikeluarkan Huawei, tak terkecuali pada Huawei P40 Pro ini.

Varian Huawei P40 Pro yang masuk di pasar Indonesia adalah varian RAM 8GB dengan Internal memory 256GB. Harga yang di banderol untuk ponsel pintar ini berada di sekitar 14,5 jutaan.

Dengan harga 14 jutaan Apakah Huawei P40 Pro masih menarik untuk dimiliki meskipun tanpa adanya GMS (Google Mobile Service)? Simak ulasan dari Ponselio berikut ini!

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Huawei P40 Pro

Harga
  • Rp 14.500.000 (8 GB+256 GB)
Desain
  • Dimensi: 158.2 x 72.6 x 9 mm
  • Berat: 209 Gram
  • Material: Aluminum
  • Warna: Silver Frost, Blush Gold, Deep Sea Blue, Ice White, Black
Layar
  • Tipe: OLED
  • Ukuran: 6.58 inci
  • Resolusi: 1200 x 2640 pixel
  • Kedalaman Warna: 16 juta warna
  • Kerapatan Pixel: 441 ppi
  • Proteksi: Tidak tersedia
  • Refresh Rate: 90 Hz
Hardware
  • Chipset: Kirin 990 5G
  • CPU: Octa-core (2x2.86 GHz Cortex-A76 & 2x2.36 GHz Cortex-A76 & 4x1.95 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MP16
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: Tidak tersedia
Software
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Antarmuka: EMUI 10.1
Kamera Belakang
  • Resolusi: 50 MP (wide) + 12 MP (periscope telephoto) + 40 MP + (ultrawide) + TOF 3D (depth)
  • Fitur: Leica optics, LED flash, panorama, HDR
  • Video: 4K@30/60fps, 1080p@30/60fps, 720@7680fps, 1080p@960fps, HDR; gyro-EIS
Kamera Depan
  • Resolusi: 32 MP + IR TOF 3D
  • Fitur: HDR
  • Video: 4K@30/60fps, 1080p@30/60fps
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 4200 mAh
  • Pengisian: Fast charging 40W, Fast wireless charging 27W, Fast reverse wireless charging 27W
Slot Kartu2 slot kartu (nano SIM + nano SIM)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.1, GPS, NFC, USB Type-C
SensorInfrared face recognition, fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum

* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Sistem Operasi

Huawei P40 Pro hadir menggunakan sistem operasi Android 10 dengan customisasi EMUI 10.1. Seperti kita ketahui bersama bahwa EMUI merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Huawei untuk ponsel keluaran mereka. EMUI 10.1 hadir membawa banyak perubahan menarik seperti icon lebih fresh, adanya fitur dark mode, customisasi gesture dan lainnya.

Seperti yang telah kami mention di atas, tidak adanya GMS (Google Mobile Services) pada ponsel ini menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli ponsel ini. Pasalnya tanpa adanya GMS tersebut aplikasi atau layanan dari Google seperti Google Maps, Chrome, Youtube, Gmail dan lainnya tidak dapat kita akses melalui ponsel ini.

Hmm Layanan Google tidak ada, terus bagaimana?

Tenang, Huawei P40 Pro ini terlah ter-install Huawei Mobile Service (HMS). Dengan adanya layanan buatan Huawei tersebut diharapkan mampu menggatinkan peran Google Mobile Service. Melalui App Gallery Anda dapat mengunduh Aplikasi favorit Anda seperti aplikasi Perbankan, Social Media, Markert Place, berbagai macam game dan lainnya.

Tentu aplikasi di dalam App Gallery ini tidak selengkap di Playstore ya. Seperti contohnya aplikasi Instagram yang tidak ada di App Gallery, Anda harus mengunduh melalui aplikasi pihak ke 3 seperti APK Pure.

Desain

Dibalik kelemahan dari segi software yang tidak mendukung GMS, sektor desain dari Huawei P40 Pro ini justru sangat menarik. Desain dari ponsel ini sangat mewah, sangat menunjukkan bahwa P40 Pro ini merupakan ponsel flagship.

Pada bagian depan P40 Pro ini, kita disuguhkan dengan tampilan layar full yang melengkung di sisi kanan, kiri, atas dan bawah frame, memang desain layarnya melengkung disemua sisi. Terdapat juga kamera selfi di kiri atas yang memiliki ukuran cukup besar.

Pada bagian belakang juga tak kalah mewah, yang paling menyita perhatian adalah bagian kamera yang berbentuk persegi panjang sedikit menonjol yadng didalamnya terdapat 4 buah kamera dan dual LED Flash. Backdoor ponsel ini menggunakan material kaca yang nampak elegan.

Pada bagian frame kanan terdapat tombol power dan volume, sementara di bagian atas terdapat lubang microfon dan Infrared blaster. Pada bahian bawah frame terdapat slot kartu SIM, speaker, lubang mikrofon dan port UCB Type-C. Garis antena yang berada di sekeliling frame juga di desain sangat rapi.

Layar

Huawei P40 pro menggunakan layar berjenis amoled dengan luas selebar 6,58 inci. Resolusi pada layar ponsel ini adalah 1200×2640 pixel dengan kerapatan 441 ppi. Tentu dengan spesfikasi layar di atas tampilan yang dihasilnya kan nampak halus.

Warna yang dihasilkan dari layar P40 pro ini scukup memuaskan, kontras dan ketajaman yang baik dapat kita rasakan ketika memandang layar ponsel ini. Terdapat juga fitur bawaan untuk mengubah karakteristik warna layar.

Refresh rate pada layar ponsel ini juga ditingkatkan dari P30 Pro yakni menjadi 90Hz, hal ini menjadikan pengalaman scrolling dan animasi buka-tutup aplikasi nampak lebih smooth. Namun jika kita melihat pesaing di kelas flagship yang sudah menggunkan 120Hz maka yang diberikan Huawei pada sektor ini bisa menjadi kekurangan.

Hardware

Huawei P40 Pro menggunakan Chipset Kirin 990 5G (7 nm+) , chipset ini merupakan chipset terbaru yang memiliki performa yang sangat baik untuk menjalakan game berat dan menjalankan multitasking dengan lancar. Dengan sistem fabrikasi 7 nm mestinya chipset ini mampu membuat P40 Pro ini efisien dalam penggunaan daya.

Dengan CPU: Octa-core (2×2.86 GHz Cortex-A76 & 2×2.36 GHz Cortex-A76 & 4×1.95 GHz Cortex-A55) dan GPU: Mali-G76 MP16 tentu tugas untuk menjalankan aplikasi yang Anda berikan di ponsel ini dapat di-handle dengan baik.

Untuk bagian RAM, Huawei P40 Pro ini memiliki RAM dengan kapasitas 8GB sedangkan untuk internal memory tersedia 128 GB, 256 GB dan 512 GB yang dapat Anda pilih.

Baterai

Huawei P40 Pro menggunakan baterai dengan tipe Li-Po non-removable berkapasitas 4200mAh. Ponsel ini sudah sudah mendukung fitur fast charging hingga 40W, wow dengan kapasitas 40W tentu sangat cepat untuk melakukan pengisian baterai.

Benar saja, untuk melakukan pengisian baterai dari 0% hingga 100% ponsel ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Menariknya kepala charger 40W ini sudah include dalam paket penjualan.

Apakah baterai 4200mAh di dalam Huawei P40 Pro ini awet?

Jawabannya iya, ponsel ini mampu bertahan seharian dengan cukup sekali ngaecas. Screen on time yang di dapat pada pemakaian standar sperti browsing, social media adalah sekitar 7 sd 8 jam lebih.

Kamera

Ponsel dengan kamera terbaik, iya kalimat tersebut adalah kalimat yang paling tepat untuk menggambarkan P40 Pro ini. Dengan bekerjasama dengan Leica, Huawei mampu membuat kamera pada P40 Pro ini mampu bersaing dengan ponsel lain dikelas flagship.

Huawei P40 Pro hadir dengan setup Quad Camera yakni 50 MP (kamera utama), 12 MP (telephoto), 40 MP (ultrawide) dan TOF 3D Camera. Sedangkan untuk kamera depan ponsel ini menggunakan dual kamera yakni 32 MP dan TOF 3D Camera.

Hasil foto dari kamera utama sangat memuaskan, dengan ponsel ini Anda dapat memperoleh foto dengan warna yang natural, dynamic range yang bagus serta ketajaman yang tinggi. Pada kondisi low light atau minim cahaya kamera pada ponsel ini mampu menghasilkan foto yang cerah, tajam dan detail yang bagus.

Fitur Pro juga tidak ketinggalan, dimana Anda dapat mengatur sendiri setingan kamera yang Anda inginkan mulai dari shutter speed, ISO, White Balance dan lainnya. Kamera P40 Pro juga dapat menyimpan foto dalam format RAW, yang mana dengan format tersebut Anda masih bisa melakukan editing yang lebih proper melalui software editing.

Kamera tele pada Huawe p40 Pro ini mampu melakukan optical zoom hingga 5X yang mana dengan optical zoom kita dapat memperoleh foto dari obyek yang jauh tanpa kehilangan detail gambar.

Tak kalah dari kamera utama, kamera ultrawide dari Huawei P40 Pro ini juga mampu menghasilkan foto dengan kualitas jempolan. Memang hasil foto yang ditangkap tidak seluas ponsel lain seperti Samsung s20+ atau Iphone 11 Pro namun untuk masalah detail tentu P40 Pro ini yang jadi juara. Dalam kondisi low light kamera ultradide juga mampu menghasilkan foto uang bagus.

Untuk kamera potrait dan kamera selfie tak banyak yang bisa dikomentari karena memang hasil foto dari kamera ini sangat bagus dengan skin tone , detail dan ketajaman yang oke. Pada bagian kamera selfie juga terdapat IR Depth Sensor yang mampu menghasilkan bokeh yang jauh lebih akurat.

Kamera depan dan belakang ponsel ini mampu merekam hingga resolusi 4K dengan 60/30fps. Dengan adanya fitus EIS ( Eletronics Image Stabilization) yang terdapat pada kamera belakang tentu membuat hasil video perekaman menjadi lebih stabil.

Slot Kartu

Pada Huawei P40 Pro ini kita diberikan 2 Slot Kartu (hybrid), yang mana bisa kita gunakan untuk SIM 1 dan SIM 2 atau SIM 2 bisa kita gantikan dengan memory card. Kabar baiknya slot SIM 1 pada Huawei P40 Pro ini sudah support jaringan 5G, kita tinggal tunggu saja kapan teknologi 5G ini masuk Indonesia.

Keamanan

Satu hal menarik dari sebuah ponsel pintar adalah pada bagian security atau keamanan. Pasalnya data yang ada di dalam ponsel kita bisa jadi nilainya lebih besar daripada nilai ponsel itu sendiri maka keamanan harus menjadi prioritas dalam memilih ponsel.

Huawei P40 Pro ini membawa dua sensor yang dapat kita gunakan untuk mengamankan ponsel kita yang pertama dalah sensor sidik jari dan yang kedua adalah adalah sensor wajah atau face recognition.

Sensor sidik jari atau finger print scanner pada Huawei P40 Pro ini ditanam di dalam layar, sehingga untuk membuka kunci Anda cukup menempelkan jari Anda pada layar. Akurasi dan kecepatan sensor dalam menegenali sidik jari juga terbilah cepat.

Sensor wajah atau face unlock pada ponsel ini menyatu di dalam kamera depan, kemampuan mengenali wajah juga terbilang cepat. Berkat adanya IR Depth Sensor pada kamera depan, Anda dapat menggunakan sensor face unlock pada situasi minim cahaya.

Performa

Dengan komposisi Chipset super ngebut Kirin 990 dan RAM 8GB tentu performa dari Huawei P40 Pro ini tidak diragukan lagi. Tentu semua game yang ada di App Gallery bisa dilibas oleh ponsel ini.

Benar saja, hasil pengujian menggunakan Antutu Benchmark ponsel ini mampu memperoleh score yang tinggi yakni dikisaran 450.000-an. Kegiatan multi tasking, buka tutup aplikasi dapan dilakukan ponsel ini dengan mudah. Performa gaming bagaimana?

Pengujian menggunakan game berat PUBG Mobile, Huawei P40 Pro ini mampu memperoleh setingan grafis Smooth-Extreme atau HDR-Ultra. Tentu dengan layar P40 Pro yang memiliki refresh rate 90Hz ini akan menambah pengalaman gaming lebih seru.

Untuk bermain Mobile Legends Huawei P40 Pro ini mampu menjalankan setingan grafik tertinggi dengan HFR (High Frame Rate) yang sudah ditangan.

Kesimpulan

Apakah dengan harga yang cukup mahal ini Huawei P40 Pro ini lpaptut Anda miliki?

Jawabannya semua tergantung dari kebutuhan Anda, jika Anda menginginkan ponsel dengan desain mewah, kamera terbaik, baterai hemat, sensor komplit, performa gaming dan multi tasking yang mumpuni tentu ponsel ini sangat mampu memenuhi ekspektasi Anda.

Namun jika menginginkan ponsel yang mampu menjalankan aplikasi yang berhubungan dengan produk Google, tentu Huawei P40 Pro ini tidak bisa memenuhi keinginan Anda. Sebagai contoh Aplikasi Go-Jek yang sangat penting bagi sebagian orang, belum mampu berjalan di ponsel ini, pasalnya ada map yang terhubung dengan layanan Google.

Tidak bisa dipungkiri meskipun sudah tersedia App Gallery, namun masih banyak aplikasi penting yang belum tersedia. Mungkin ponsel ini bisa Anda jadikan secondary ponsel Anda.

Review Lainnya:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *