Kelebihan dan Kekurangan OPPO A1 Pro – Harga 3 Jutaan Sudah 5G

Ponselio — OPPO resmi merilis produk ponsel terbaru, OPPO A1 Pro 5G di China 16 November 2022 kemarin. Karena menyandang embel-embel “Pro”, smartphone ini hadir dengan spesifikasi dan fitur yang menarik. Ada peningkatan dibandingkan dengan A Series sebelumnya.

Salah satu yang mencuri perhatian tentunya pada layarnya. Ya, smartphone ini sudah mengusung jenis layar lengkung (curved screen) yang biasanya dibenamkan pada smartphone kelas flagship termasuk OPPO Find X5 Pro.

Selain itu, smartphone  juga membawa beberapa peningkatan khususnya pada aspek kamera yang beresolusi 108 MP. Tentu saja, spesifikasi ini menjadi daya tarik utama bagi pencinta fotografi maupun video.

Di pasar China, smartphone  ini hadir dengan tiga varian warna,, yakni Morning Rain Blue, Dawn Gold, dan Moon Sea Black. Selain itu, ponsel ini juga diluncurkan dengan opsi RAM 8 GB dan 12 GB. Untuk penyimpanan internalnya, OPPO A1 Pro hadir dengan varian 128 GB dan 256 GB.

Smartphone ini dibanderol dengan harga mulai dari 1.799 yuan atau sekitar Rp. 3,9 jutaan untuk varian 8 GB/ 128 GB, 1.999 yuan atau sekitar Rp. 4.3 jutaan untuk varian 8 GB/ 256 GB dan 2.999 yuan atau sekitar Rp. 5 jutaan untuk varian tertinggi 12 GB/ 256 GB.

Hingga artikel ini dibuat, belum ada informasi resmi apakah OPPO A1 Pro 5G ini akan dipasarkan di luar China termasuk Indonesia atau tidak. Patut kita tunggu kehadiran ponsel ini di pasar Indonesia.

Nah, sambil menantikan kehadiran ponsel besutan OPPO tersebut hadir di pasar Indonesia, kita akan berikan keunggulan dan kekurangannya.

Spesifikasi OPPO A1 Pro 5G

Oppo A1 Pro
  • OS: Android 12
  • Layar: 6.7 inci
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 695
  • Kamera: 108 MP + 2 MP
  • Baterai: 5000 mAh

Kelebihan OPPO A1 Pro 5G

1. Menggunakan Layar lengkung

Fitur curved screen atau layar lengkung menjadi daya tarik utama smartphone ini. Jenis layar ini identik dengan ponsel-ponsel kelas atas, namun ponsel ini bisa kamu dapatkan pada ponsel mid-range besutan OPPO ini.

Pada sisi kanan maupun kiri layar melengkung hingga hampir menutupi bingkai smartphone. Desain layar ini tentu saja memberi kesan premium yang jarang kamu temukan pada kelas harga ponsel 3 jutaan.

2.  Didukung Refresh Rate 120 Hz

Selain mengusung desain layar lengkung, smartphone ini juga sudah dibekali dengan panel layar AMOLED 6, inci. Layar tersebut sudah mendukung refresh rate hingga 120 Hz dan mempunyai resolusi FHD+. Sementara itu, tingkat kecerahan layar (brightness) maksimal 950 nits. Cakupan warnanya juga mencari 100% DCI-P3 untuk mode Vivid dan 100% sRGB untuk mode natural.

Dengan spesifikasi layar tersebut, kamu bisa melakukan aktivitas harian termasuk nonton video streaming, editing sederhana, hingga main game dengan smooth.      

3. Kamera utama beresolusi 108 MP

OPPO meluncurkan smartphone ini dengan spesifikasi kamera utama yang sangat mumpuni yakni, beresolusi 108 MP. Tentu saja, ini menjadi hal yang menarik dari ponsel ini. khususnya bagi kamu yang mencari ponsel untuk fotografi maupun perekaman video.

Ponsel ini sudah mumpuni untuk menghasilkan gambar yang jernih dan bening dalam genggaman. Selain itu, kamera depan juga didukung dengan lensa 16 MP menawarkan hasil yang keren untuk foto selfie.   

4. Sudah mendukung jaringan 5G

OPPO A1 Pro ini sudah hadir dengan dukungan konektivitas 5G. Jika kamu mencari ponsel dengan kecepatan jaringan yang oke dan future-proof, smartphone  ini bisa menjadi pertimbangan.

Meski belum merata di seluruh Indonesia, jaringan 5G menjadi hal yang harus kamu perhatikan saat membeli ponsel. OPPO A1 Pro 5G menawarkan kecepatan jaringan yang bisa menunjang produktivitas harian kamu.

5. Opsi RAM 12 GB

Pada varian tertinggi, smartphone  ini menawarkan opsi RAM 12 GB dipadukan dengan penyimpanan internal 256 GB. Memori RAM tersebut kabarnya masih bisa diekpansi lebih besar lagi dengan menggunakan fitur extended RAM.

Dengan kata lain, kamu tidak perlu khawatir jika ponsel ini akan nge-lag saat digunakan untuk menunjang aktivitas harianmu. Dengan dukungan RAM yang besar serta internal storage yang memadai, kamu bisa menjalankan aktivitas multi-tasking tanpa ragu.

6. Dilengkapi fitur NFC Multifunction dan Fast Charging 67W

Smartphone  ini sudah mendukung NFC multifungsi yang memudahkan kamu untuk perpindahan file maupun data hingga menjadi kartu akses. Di kelas harganya, memang sudah semestinya dibekali dengan fitur NFC ini.

Selain itu, OPPO A1 Pro 5G juga dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4800 mAh dengan fitur pengisian daya cepat 67W. Fitur tersebut juga menarik di kelas harganya. Dengan fitur fast charging tersebut, kamu bisa mengisi daya dalam waktu yang relatif cepat.  

Kekurangan OPPO A1 Pro 5G

1. Chipset kurang gahar

Ponsel ini dibekali dengan chipset Snapdragon 695 yang diklaim kurang worth untuk kelas harganya. Meski prosesor tersebut sudah mendukung konektivitas 5G, namun untuk range harga 3 hingga 5 jutaan, harapannya OPPO memberikan chipset yang lebih tinggi.Dapur pacu tersebut juga kurang maksimal untuk memainkan game-game mainstream.  

2. Tidak ada kamera Ultra-wide

Sayangnya, OPPO A1 Pro ini hanya dibekali dua kamera pada bodi punggungnya yang terdiri dari kamera utama 108 MP dan kamera bokeh 2 MP. Ponsel tersebut tidak menawarkan opsi kamera ultra-wide yang masih sangat dibutuhkan untuk tangkapan gambar yang lebih luas.

3. Kualitas perekaman video maksimal [email protected]

Baik kamera utama maupun kamera selfie hanya mendukung perekaman video maksimal [email protected] Tentu saja, ini menjadi masalah besar untuk ponsel kelas harga 3 hingga 5 jutaan. Seharusnya OPPO menawarkan opsi perekaman yang lebih tinggi 2K atau 4K misalnya.

Dapatkan pembaruan artikel dan berita tebaru lainnya dari Ponselio dengan cara mengikuti kami di Google News.

Tinggalkan komentar