Kelebihan dan Kekurangan OPPO A17k – HP Sejutaan, Desain Menawan

PonselioOppo resmi meluncurkan salah satu line up A Series mereka di pasar Indonesia, yakni Oppo A17k. Smartphone entry-level besutan Oppo ini merupakan penerus dari Oppo A16k yang diklain membawa peningkatan dalam beberapa aspek.

Pada aspek desain, Oppo A17k ini mempunyai desain yang hampir mirip dengan saudaranya, Oppo A17. Perbedaan hanya pada bagian punggung smartphone yang tidak menggunakan material kesat.

Dibandingkan dengan Oppo A17, smartphone ini mengalami down-grade pada bagian kamera, dari kamera utama 50 MP menjadi 8 MP. Penurunan yang cukup signifikan dibandingkan saudaranya. Tentu saja, ini menjadi salah satu hal yang disayangkan banyak penggemar Oppo.

Begitu juga pada bagian depannya, layar masih menggunakan desain waterdrop yang memuat kamera selfie beresolusi 5 MP. Dibekali dengan chipset, Mediatek Helio G35 yang berpadu dengan opsi RAM 3 GB dan penyimpanan internal 64 GB, smartphone siap meramaikan pasar ponsel entry level di akhir tahun 2022 ini.

Dibanderol dengan harga resmi Rp. 1.799.000, apakah smartphone ini worth untuk kamu beli? Nah, sebelumnya kami akan memberikan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A17k.

Spesifikasi OPPO A17k

Oppo A17k
  • OS: Android 12
  • Layar: 6.56 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • Kamera: 8 MP
  • Baterai: 5000 mAh

Kelebihan OPPO A17k

1. Desain Cantik dan Elegan

Oppo sepertinya tidak pernah main-main menawarkan desain ponsel yang cantik dan menawan, tidak terkecuali pada ponsel kelas pemulanya. Oppo A17k ini hadir dengan desain yang simpel namun menawan.

Desain memberikan kesan tidak murahan. Dipadukan dengan pilihan warna Gold dan Navy Blue, semakin membuat smartphone ini terkesan elegan. Bagian samping yang merata dengan sudut yang membulat menawarkan nilai ergonomis pada desainnya.

2. Baterai Jumbo 5000 mAh

Oppo A17k ini hadir dengan baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh. Baterai ini cukup lega dan mumpuni untuk menunjang kegiatan harianmu. Kamu bisa menggunakan smartphone ini seharian dengan sekali charge saja.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Oppo A16k, kapasitas baterainya juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kapasitas baterai jumbo ini pastinya sangat membantu untuk menunjang produktivitas maupun hiburan setiap harinya.  

3. Terdapat Fitur RAM Expansion dan Penyimpanan Ekstra

Oppo A17k ini memang hanya dibekali RAM 3 GB dengan jenis LPDDR4X dan kecepatan hingga 1.6 Ghz. Untuk kelas ponsel pemula, sebenarnya kapasitas RAM sudah cukup mumpuni.

Namun kabar baiknya, kamu bisa menambahkan virtual RAM hingga 4 GB melalui fitur RAM Expansion. Jadi total memori RAM bisa mencapai 7 GB. Kapasitas tersebut cukup memadai untuk menunjang kegiatan multitasking harianmu dengan smartphone ini.

Begitu juga dengan penyimpanan internalnya, jika dirasa 64 GB masih kurang, masih tersedia slot microSD hingga 1 TB. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kehabisan storage untuk menyimpan data baik foto, video, file atau yang lainnya.  

4. Dilengkapi fitur anti cipratan air bersertifikasi IPX4

Oppo A17k sudah mempunyai fitur anti cipratan air IPX4. Fitur ini tergolong langka di kelas ponsel 1 jutaan. Dengan kata lain, smartphone ini sangat bisa diandalkan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Kamu bisa menggunakan ponsel ini kapan saja, termasuk saat gerimis. Meski demikian, perlu diingat bahwa fitur tersebut melindungi ponsel dari cipratan bukan guyuran. Jadi, kamu tetap harus berhati-hati saat menggunakan smartphone ini khusunya saat musim penghujan tiba.

5. Bluetooth 5.3 dengan performa yang tinggi

Oppo A17k juga sudah dilengkapi dengan Bluetooth 5.3. Ini juga merupakan fitur langka pada ponsel kelas entry-level. Kebanyakan ponsel pemula, termasuk pendahulunya Oppo A16k, masih menggunakan bluetooh 5.0.

Dengan Bluetooth 5.3 ini, kamu akan mendapatkan kecepatan dalam hal pairing, konsumsi daya lebih rendah, anda juga lebih stabil. Jadi, misalnya kamu bertukar data dengan perangkat lain, maka prosesnnya akan lebih cepat.

Begitu juga jika kamu ingin menyandingkan smartphone ini dengan speaker bluetooth atau TWS, hasil suaranya pun juga lebih jernih kualitas suaranya. Delay suaranya pun juga bisa diminimalisir.  

Kekurangan OPPO A17k

1. Kamera Mengalami Penurunan Drastis

Dibandingkan dengan Oppo A17 yang hadir dengan kamera utama 50 MP, smartphone ini hanya dibekali kamera utama 8 MP. Kameranya pun juga hanya single camera tanpa adanya kamera ultra-wide, depth, maupun makro.

Tentu saja, kekurangan ini menjadi masalah yang cukup serius. Hal tersebut mengingat kompetitor di harga 1,8 jutaan sudah menawarkan komposisi triple hingga quad- camera. Selain itu, kamera utama tersebut juga belum dilengkapi dengan PDAF.

Buat kamu yang mencari ponsel fotografi di harga 1 jutaan, rasanya Oppo A17k ini bukan pilihan yang tepat.  

2. Chipset tergolong rendah

Chipset Mediatek Helio G35 ini memang sudah banyak digunakan untuk ponsel pemula sebelumnya. Namun sayangnya, dapur pacu ini mempunyai performa yang tergolong kurang untuk main game tipis-tipis.

Jika kamu hanya butuh untuk social media, atau nonton video streaming, prosesor ini sebenarnya cukup bekerja dengan baik.  Namun jika kamu juga ingin bermain game-game mainstream seperti Free Fire, Mobile Legends, bahkan Subway Surf pun, chipset-nya masih sangat kurang performanya.

Kalaupun bisa, pasti frame-rate game sangat rendah dan menyebabkan lag pada ponsel.

3. Tanpa USB Type C dan Fitur Fast Charging

Sangat disayangkan, smartphone ini masih menggunakan microUSB bukan USB Type C. Padahal, ponsel di kelas harganya sebagian besar sudah menggunakan USB Type C. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi Oppo yang masih membenamkan spesifikasi jadul di ponsel terbarunya.

Selain itu, ponsel ini juga belum dilengkapi fitur fast charging. Kekurangan ini juga menjadi pertanyaan, seharusnya di harga hampir 2 jutaan, ponsel sudah ada fitur fast charging, setidaknya 18W.

Dapatkan pembaruan artikel dan berita tebaru lainnya dari Ponselio dengan cara mengikuti kami di Google News.

Tinggalkan komentar