Kelebihan dan Kekurangan OPPO A77s – HP 3 Jutaan dengan Desain Premium

PonselioOPPO A77s resmi dirilis di pasar Indonesia pada bulan Oktober 2022. Ponsel mid-range ini hadir membawa beberapa peningkatan dari A7 series sebelumnya. Didaulat sebagai suksesor OPPO A76 yang sudah dirilis di awal tahun 2022, ponsel besutan OPPO ini ada peningkatan di sektor desain, kamera, konektivitas, dan juga fiturnya.

Dibanderol dengan harga resmi Rp. 3.499.000, apakah ponsel ini worth untuk dibeli? Nah jika kamu tertarik dengan ponsel satu ini. Simak dulu mengenai pembahasan kekurangan dan kelebihan OPPO A77s berikut ini.

Spesifikasi OPPO A77s

Oppo A77s
  • OS: Android 12
  • Layar: 6.56 inci
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 680
  • Kamera: 50 MP + 2 MP
  • Baterai: 5000 mAh

Kelebihan OPPO A77s

1. Desain ponsel Premium

OPPO A77s mengusung desain stunning aesthetic design. Tampaknya OPPO menjadikan desain ini sebagai daya tarik utama ponselnya. Bodi belakang hadir dengan detail menyerupai kulit layaknya ponsel-ponsel kelas atas. bahan fiberglass-leather membuat ponsel tidak mudah kotor serta terkesan premium.

Bodi belakang terbuat dari Untuk frame-nya, HP ini menggunakan bahan polikarbonat yang terkenal tahan banting serta desain flat. Desainnya secara keseluruhan elegan dan premium di kelas harganya.       

2. Layar terbilang baik

Layarnya dibekali dengan panel LCD IPS dengan bentang layar 6.56 inci.  Layar menawarkan warna cukup terang dan mendukung refresh rate hingga 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. Tingkat kecerahan layar juga cukup impresif hingga 600 nit.

Selain itu, layarnya juga mempunyai fitur All day AI Eye Comfort yang memungkinkan tingkat kecerahan sesuai dengan kenyamanan pengguna.

Layarnya terproteksi dengan fitur anti gores dan percikan air dengan sertifikasi IP5X dan IPX4. Color gamut-nya juga sudah di atas 90% DCI-P3. Tidak banyak smartphone yang sudah dibekali dengan anti debu dan percikan air dengan rating itu.

Kualitas layar keseluruhan cukup memanjakan mata digunakan untuk aktivitas harian termasuk nonton video streaming atau main game.

3. Performa relatif stabil

Ponsel ini juga dipersenjatai dengan dapur pacu yang cukup kencang untuk menunjang produktivitas harianmu. OPPO A77s hadir dengan chipset Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6 nm dan berpadu dengan opsi RAM 8 GB yang besar serta penyimpanan internal 128 GB yang lega, ponsel ini cocok untuk daily driver.

Memori RAM masih bisa kamu ekspansi dengan opsi 2 GB, 3 GB/ 5 GB. Sementara itu, penyimpanan juga masih bisa diperbesar hingga 1 TB melalui kartu microSD.

4. Daya tahan baterai cukup impresif

OPPO A77s ini ditopang baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh yang sudah mendukung fitur pengisian cepat, charging 33W SUPERVOOC. Selain itu, ada fitur Sleep Standby Optimization dan Optimized Night Charging yang diklaim bisa menghemat penggunaan daya secara signifikan.

Untuk memutar video playback 1080p, ponsel bisa bertahan hingga 22 jam 25 menit. Sementara itu, untuk streaming Youtube 30 menit dengan kualitas [email protected] hanya berkurang 3% saja. Dibandingkan dengan smpartphone lainnya yang berkapasitas beterai sama, daya tahan baterai OPPO A77s ini cukup baik.

Untuk pengisian daya, 0-50% membutuhkan waktu sekitar 27 menit dan 0-100% waktunya 1 jam 12 menit. Fitur SUPERVOOC-nya bekerja baik dalam pengisian daya baterainya.

 5. Dual speaker dengan kualitas yang mencukupi

OPPO A77s hadir dengan dual-speaker dengan kualitas suara yang jelas dan jernah. Baik saat kamu nonton film atau bermain game, suara yang keluar terasa imbang. Terlebih saat kamu menggunakan ponsel ini dalam posisi horizontal. Fitur ini sangat membantu untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus tanpa harus menggunakan perangkat tambahan seperti ear phones atau head phones.

Kekurangan OPPO A77s

1. Kamera tergolong pas-pasan

Pada aspek kamera, bagian punggung ponsel hadir dengan modul dual-camera yang terdiri dari 50 MP dan bonus kamera depth 2 MP. Konfigurasi kamera tersebut menawarkan hasil foto maupun video yang terbilang biasa-biasa saja di kelas harganya.

Untuk kelas ponsel 3 jutaan seharusnya dibekali kamera yang lebih banyak termasuk kamera ultra-wide untuk tangkapan layar yang lebih luas. Selain itu, kamera depan dengan sensor 8 MP juga tidak ada istimewanya di kelas harganya.

Yang lebih disayangkan, baik kamera utama maupun kamera selfie hanya mampu mendukung perekaman video maksimal  [email protected] saja.

2. Belum ada fitur NFC

Di saat smartphone lain mengunggulkan fitur NFC dengan harga yang murah, OPPO A77s malahan tidak membawa fitur tersebut. NFC ini menjadi fitur yang vital di zaman modern ini.

Fitur tersebut digunakan untuk transfer data hingga kartu akses untuk berbagai tujuan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak adanya NFC di kelas ponsel 3 jutaan ini tentunya menyisakan masalah bagi pengguna di zaman serba maju ini.     

3. Gyroscope masih virtual

Meski bukan didaulat dengan HP gaming, ketidakhadiran Gyroscope hardware juga menjadi masalah bagi mereka yang mencari ponsel all-rounder. Versi virtual menawarkan pengalaman gaming yang kurang maksimal.

Selain itu, versi virtual ini juga akan mempengaruhi performa kamera dalam menghasilkan video yang lebih jernih dan stabil.

4. Resolusi layar masih HD+

OPPO A77s memang dibekali spesifikasi layar yang terbilang baik. Namun sayangnya resolusi layar masih HD+ (1612 x 720 px), belum FHD+ seperti halnya ponsel-ponsel di kelas harganya. Tentu saja ini hal ini cukup menganggu kenyamanan pengguna saat menggunakan smartphone, khususnya saat digunakan untuk streaming video atau nonton film.

Dapatkan pembaruan artikel dan berita tebaru lainnya dari Ponselio dengan cara mengikuti kami di Google News.

Tinggalkan komentar