Kelebihan dan Kekurangan POCO M5 – HP Gaming 2 Jutaan

Ponselio — Dirilis pada November 2022, Poco M5 menggebrak pasar Indonesia dengan spesifikasi terbaik di harganya. Poco M5 ini mengusung slogan Fantastic Gaming Experience with Long-lasting Batteries.  

Ponsel besutan Xiaomi ini ditunggu-tunggu para pecinta gadget karena digadang-gadang membawa peningkatan dibandingkan pendahulunya Poco M4.

Nah, apakah ponsel ini membawa peningkatan dan sesuai dengan harganya? Apakah Poco M5 ini benar-benar mempunyai performa yang tinggi dan baterai awet? Jangan khawatir.

Kami berikan ulasan singkat keunggulan dan kekurangan Poco M5 yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum membelinya.

Spesifikasi POCO M5

Poco M5
  • OS: Android 12
  • Layar: 6.58 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G99
  • Kamera: 50 MP + 2 MP + 2 MP
  • Baterai: 5000 mAh

Poco M5 diklaim menjadi ponsel terbaik dengan performa yang kencang namun harganya terjangkau. Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp. 2.099.000 untuk 4 GB/ 64GB dan Rp. 2.299.000 6 GB/ 128 GB, kamu sudah mendapatkan pengalaman bermain game yang ciamik.

Poco M5 mengusung chipset Mediatek Helio G99. Chip 4G tersebut merupakan yang terkencang di tahun 2022. Prosesor tersebut berpadu dengan opsi RAM 4 GB/ 6 GB dan penyimpanan internal 64 GB/ 128 GB.

RAM tersebut masih bisa diperluas dengan tambahan 2 GB dan penyimpanan eksternal melalui kartu microSD.  

Pada aspek layarnya, ponsel ini dibekali dengan layar IPS LCD 6.58 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate hingga 90 Hz. Tidak ketinggalan perlindungan ekstra, Corning Gorilla Glass juga sudah disematkan pada layarnya.

Ponsel ini mempunyai modul triple camera yang terdiri dari kamera utama, 50 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera bokeh 2 MP. Kamera utama menawarkan fitur slow motion hingga [email protected] dan perekaman maksimum [email protected]

Sementara itu, terdapat layar poni yang memuat kamera depan 5 MP dengan kemampuan perekaman hingga [email protected]

Poco M5 juga hadir dengan kapasitas baterai 5.000 mAh dengan fitur fast charging 18 W. Untuk sistem operasinya sudah menggunakan MIUI 13 berbasis Android 12.

Fitur-fitur lain yang dibawa diantaranya fingerprint, WiFi 5, Bluetooth 5.3, NFC, USB Type-C, dan colokan audia jack 3.5 mm.

Kelebihan POCO M5

1. Performa Powerful

Chipset Mediatek Helio G99 merupakan prosesor 4G yang menawarkan performa yang tinggi baik untuk mendukung produktivas maupun main game. Game-game mainstream seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, APEX Legends, Real Racing 3, bisa kamu mainkan dengan lancar.

Bahkan, kamu bisa memainkan Mobile Legends dengan pengaturan High + Ultra dengan rata-rata frame rates 60 fps.

2.  Baterai sangat impresif

Kapasitas baterai 5.000 mAh menghasilkan performa yang impresif. Daya baterai untuk memutar local playback dengan kualitas 1080p hingga kisaran 25 jam.

Untuk streaming video Youtube 1080p non HDR hanya berkurang 3% selama 30 menit. Poco M5 ini merupakan ponsel dengan daya yang paling awet dengan chip Mediatek G99.   

3. Ada fitur IR Blaster, dan NFC

Poco M5 masih membawa fitur andalan ponsel besutan Xiaomi, IR Blaster. Fitur ini nyatanya yang berguna untuk memudahkan dalam mengganti channel TV maupun lainnya tanpa harus menggunakan remote bawaan.

Selain itu, fitur canggih NFC juga bisa anda dapatkan untuk mendukung transfer data maupun file dengan satu sentuhan saja.  

4. Kualitas Foto Mumpuni dikelasnya.

Hasil jepretan menggunakan Poco M5 ini terbilang cukup bagus. Kamu sudah mendapatkan mode pro untuk foto. Warna fotografi juga terlihat natural. Saat kondisi low-light, kamu masih bisa mendapatkan hasil yang bagus. Bahkan auto-focus pun juga berjalan dengan baik pada kondisi yang kurang pencahayaannya.

Kekurangan POCO M5

1. Gyroscope masih virtual

Didaulat sebagai HP gaming dengan harga murah, sayangnya Poco M5 masih menggunakan gyroscope virtual. Tentu saja kekurangan ini menjadi masalah bagi kamu yang mengandalkan pengalam gyro khususnya pada game-game yang butuh aiming gyro. Ketiadaan gyroscope hardware ini juga akan berpengaruh pada performa kameranya.

2. Hasil video masih agak kasar

Poco M5 mungkin menawarkan hasil foto yang sudah lumayan, bahkan saat low light. Namun hasil video masih kurang smooth. Terlebih saat low light, hasil video terasa sekali kurangnya. Selain itu, belum ada fitur video stabilizer.

Selain itu, belum ada opsi mode pro video untuk personalisasi video sesuai dengan kebutuhan pengguna.     

3. Tidak ada kamera ultra-wide

Di kelas harga 2 jutaan, banyak ponsel yang menawarkan kamera ultra-wide. Sayangnya, Poco M5 belum dibekali dengan kamera ultra-wide. Meski ketiadaan kamera jenis ini masih bisa diatasi dengan menjauhkan perangkat kamera, namun ini menjadi masalah bagi kamu yang hobi jepret.

4. Kualitas layar masih agak di bawah harapan

Layar Poco M5 mempunyai 3 mode warna Vivid, Standard, dan Saturated. Namun mode ini tidak mengubah color gamut. Mode tersebut hanya mengubah temperatur warna saja. Hal tersebut membuat warna menjadi kurang jernih.

Selain itu, tingkat kecerahan  maksimum di kisaran 300 nit. Bahkan saat mode standard, turun menjadi 200 nit. Untuk ponsel kelas harga 2 jutaan, angka tersebut tergolong masih rendah. Standarisasinya paling tidak 400an nit.

Dapatkan pembaruan artikel dan berita tebaru lainnya dari Ponselio dengan cara mengikuti kami di Google News.

Tinggalkan komentar