Kelebihan dan Kekurangan POCO M5s – Kloningan Redmi Note 10s

Ponselio — Pabrikan Poco meliris kedua produk mereka yakni Poco M5 dan Poco M5s secara bersamaan. Poco M5s ini menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan seri M5. Hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memilih produk sesuai dengan kebutuhannya.

Poco M5s ini sering disebut sebagai rebranding dari Xiaomi Redmi Note 10s. Mengingat dari spesifikasi dan fitur keduanya hampir mirip. Terlepas dari hal itu, Poco M5s ini menawarkan ponsel dengan performa yang menakjubkan dengan harga yang terjangkau.

Sebelum kamu membeli ponsel ini, simak dulu ulasan mengenai keunggulan dan kekurangan dari Poco M5s.

Spesifikasi POCO M5s

Poco M5s
  • OS: Android 12
  • Layar: 6.43 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G95
  • Kamera: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Baterai: 5000 mAh

Poco M5s mempunyai keunggulan dibandingkan dengan seri M5 reguler, khususnya pada sektor layar dan kamera. Sementara itu, dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 10s, ponsel ini hadir desain yang lebih kekinian.

Poco M5s dipersenjatai dengan chipset Mediatek Helio G95 dengan fabrikasi 12 nm. Prosesor ini cukup kencang di kelas harganya dan dipadukan dengan opsi RAM 4 GB/ 6GB dan penyimpanan internal 64 GB/ 128 GB.

Memori RAM tersebut masih bisa kamu perluas dengan tambahan hingga 2 GB. Penyimpanan pun juga bisa diekspansi hingga 1 TB melalui kartu microSD.

Pada aspek layar, ponsel ini menggunakan panel AMOLED 6.43 inci dengan resolusi FHD+ (2040 x 1080 piksel). Layar tersebut mempunyai tingkat kerapatan yang cukup bagus dan tingkat kecerahan hingga 1.100 nits. Corning Gorilla Glass 3 juga sudah disematkan di layar sebagai perlindungan dari goresan.

Sayangnya, pihak Poco tidak memberikan rincian secara detail mengenai kemampuan refresh rate-nya. Begitu juga dengan touch sampling rate-nya juga tidak dicantumkan.

Ponsel ini mengusung konfigurasi 4 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultra-wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera bokeh 2 MP. Kamera utama mampu menghasilkan kualitas perekaman hingga [email protected]

Layar depan menggunakn desain punch hole yang memuat kamera depan 8 MP dengan kualitas video hingga [email protected] Poco M5s ini sudah menggunakan sistem operasi MIUI 13 berbasis Android 12.

Dengan bobot 178.8, Poco M5s ditopang dengan baterai jumbo yang berkapasitas 5.000 mAh. Selain itu, fitur pengisian daya cepat (fast-charging) 33W juga sudah disematkan.

Fitu-fitur lainnya yang masih dibawa ponsel besutan Poco ini adalah anti air dan debu dengan sertifikasi IP53, NFC, USB Type-C 2.0, Infrared Blaster, colokan audio jack 3.5 mm, Bluetooth 5, dan sensor sidik jari.

Kelebihan POCO M5s

1. Layar AMOLED FHD+

Poco M5s ini sudah dibekali dengan layar AMOLED FHD+. Layar ini tergolong istimewa untuk ponsel di kelas harga 2 jutaan. Kamu sudah mendapatkan kualitas layar mumpuni dengan tingkat kecerahan mencapai 1.100 nit.

Selain itu, layar juga sudah terproteksi dengan Corning Gorilla Glass 3 serta sertifikasi IP53 yang melindungi dari percikan air dan debu. Layar ini juga sudah dilengkapi dengan mode anti flicker yang memungkinkan layar secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahannya.

2. Kamera Resolusi Tinggi 64 MP

Ponsel ini memuat 4 kamera dibelakang dengan kamera utama 64 MP yang mampu menghasilka foto maupun video yang memukau. Bahkan, pada saat minim pencahayaan pun, hasil kamera masih tergolong jernih.

Selain itu, ponsel ini juga menghadirkan kamera ultra-wide untuk mendapatkan tangkapan gambar yang lebih luas. Kamera depan 16 MP juga menawarkan hasil yang memukau untuk foto selfie.

3. Baterai Besar dengan fitur fast charging 33 W

Poco M5s ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang siap kamu gunakan setiap saat baik untuk aktivitas harian maupun bermain game. Baterai ini diklaim mampu bertahan hingga 20 jam untuk memutar video dengan kualitas 1080.

Selain itu, ponsel ini sudah mendukung fitur pengisian cepat 33W. Dari 0-64%, kamu hanya mmebutuhkan waktu 30 menit saja. Tentu saja, performa pengisian daya cepatnya terbilang impresif untuk ponsel di kelas harga 2 jutaan.  

4. Desain Futuristik

Poco M5s ini hadir dengan desain yang lebih kekinian dan elegan. Dengan bobot 178.8 gram dan ketebalan74.5 mm, ponsel ini cukup mantap dalam genggaman. Desain bodi belakang yang melengkung juga membuat ponsel nyaman dalam genggaman.

Kekurangan POCO M5s

1. Refresh Rate Tergolong Rendah

Poco M5s meski sudah mengusung panel AMOLED dengan resolusi FHD+ tapi hanya mendukung refresh rate maksimal 60 Hz. Padahal di kelas harganya, ponsel-ponsel lain sudah menawarkan refresh rate hingga 90 Hz bahkan 120 Hz.

Hal ini tentunya membuat layarnya terasa kurang smooth, terlebih saat kamu menggunakannya bermain game.  

2. Tidak termasuk Adapter 33W

Meski sudah mendukung pengisian cepat 33 W, sayangnya pabrikan Poco tidak memberikan adapter 33 W dalam paket penjualannya. Ini berarti kamu harus membeli adapter secara terpisah untuk bisa mendapatkan fitur fast charging tersebut.

3. Ponsel Jiplakan dari Xiaomi Redmi 10s

Poco M5s merupakan hasil recycle dari Redmi Note 10s yang membedakan hanya pada desainnya. Jeroan serta spesifikasi dan fitur lainnya hampir mirip 100% dengan Redmi Note 10s. Benar-benar hampir tidak ada yang berbeda dari ponsel besutan Xiaomi tersebut.  

4. Belum Mendukung Jaringan 5G

Poco M5s tidak memberikan future-proof, mengingat belum mendukung konektivitas 5G. Memang saat ini jaringan 5G belum sepenuhnya merata, tapi tahun depan kemungkinan sudah semakin luas jarigannya.

Dapatkan pembaruan artikel dan berita tebaru lainnya dari Ponselio dengan cara mengikuti kami di Google News.

Tinggalkan komentar