Kelebihan dan Kekurangan Realme 10 – HP dengan Chipset Helio G99

Ponselio — Kamu mencari smartphone dengan performa kencang, RAM besar, dan desain kamera dengan punch hole? Realme 10 adalah jawaban terbaik. Smartphone ini menjadi salah satu produk Realme yang resmi diluncurkan di pasar Indonesia akhir tahun ini,

Dengan kisaran harga Rp 2 – 3 jutaan, smartphone ini siap menggebrak pasar Indonesia dan memanaskan kompetisi di ponsel di kelas harganya. Didaulat sebagai suksesor Realme 9, smartphone ini membawa beberapa peningkatan yang cukup signifikan.

Realme memberikan sentuhan desain yang cantik dan elegan. Dengan finishing glossy, ponsel ini mempunyai kesan premium layaknya desain ponsel pada kelas flagship.  Bobotnya juga tergolong ringan, 178 gram dengan ketebalan 73.3 mm. Dimensi ponsel ini pun terasa mantap dalam genggaman.

Ponsel ini juga sudah mengusung layar AMOLED yang siap memanjakan mata kamu untuk produktivitas harian atau media hiburan.

Meski demikian, smartphone ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan yang harus kamu tahu. Nah, sebelum kamu meminang smartphone ini, yuk simak ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 10.  

Spesifikasi Realme 10

Realme 10
  • OS: Android 12
  • Layar: 6.4 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G99
  • Kamera: 50 MP + Secondary unspecified camera
  • Baterai: 5000 mAh

Kelebihan Realme 10

1. Performa Kencang di kelasnya

Realme 10 dibekali chipset gaming terbaik di kelas harganya, Mediatek Helio G99. Prosesor tersebut menawarkan performa yang kencang. Kamu bisa memainkan game-game mainstream seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Subway Surfer, Real Racing 3 hingga Genshin Impact dengan cukup lancar.

Frame rate yang kamu dapatkan bisa stabil di angka 60fps. Bahkan untuk game Mobile Legends, dan Real Racing 3, kamu bisa mendapatkan frame rate di atas 60fps dengan smooth dan lancar. Dipadukan dengan opsi RAM 4 GB/ 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB, performa smartphone ini juga meningkat cukup signifikan.

2. Layar terbilang baik di kelas harganya

Smartphone mengusung panel layar AMOLED 6.4 inci dengan resolusi FHD+ dan sudah terproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5. Tingkat kecerahannya saat di dalam ruangan juga mencapai 450 nits. Angka ini cukup baik untuk ponsel di kelas harganya.

Saat berada di bawah terik matahari, kamu pun masih dengan mudah melihat layarnya. Cakupan warnanya juga mencapai  93.7 DCI P3 untuk mode Vivid dan 97.2 sRGB untuk mode natural. Terkait dengan Netflix sudah mendukung opsi Widevine L1.

Selain itu, ponsel ini juga sudah mendukung refresh rate maksimum 90 Hz dan touch sampling rate maksimum di 360 Hz. Fitur ini akan membuat pergerakan di layar menjadi lebih smooth dan nyaman dipandang mata.  

3. Kamera Mumpuni

Realme 10 hadir dengan kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan secondary unspecified camera. Kamera utama tersebut mengusung lensa Samsung JN1, f/1.8 yang mampu menghasilkan kualitas gambar yang menawan. Sementara kamera depan hadir dengan model punch hole dengan resolusi 16 MP.

Kamera utama tersebut juga sudah mendukung perekaman video hingga [email protected] dengan lancar. Selain itu, fitur slow motion juga bisa kamu dapatkan pada resolusi [email protected] Capaian resolusi tersebut juga cukup impresif di kelas harganya.

Ponsel ini bisa kamu andalkan untuk kegiatan fotografi atau sekedar membuat vlog pribadi bermodalkan kamera ponsel.  

4. Baterai Cukup Awet

Realme 10 hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fitur fast charging 33W SUPERVOOC. Baterainya cukup awet. Kamu bisa menggunakan menonton video playback 20 1080p dengan durasi mencapai 20 Jam 30 menit.

Untuk main TikTok selama 30 menit cuma berkurang 3% saja. Daya baterai juga hanya berkurang 10% untuk memainkan game Genshin Impact dengan pengaturan lowest 60fps. Bagaimana untuk streaming video Youtube 1080p non HDR? Daya baterai hanya berkuranng 3% saja selama 30 menit.

Kemampuan pengisian daya dari 0-50% hanya membutuhkan 28 menit dan 1-100% membutuhkan waktu 1jam 13 menit. Durasi charging tersebut cukup baik di kelas harganya.  

Kekurangan Realme 10

1. Belum dilengkapi kamera ultra-wide

Sayang sekali, Realme 10 ini belum dilengkapi kamera ultra-wide. Seharusnya di kelas harganya, Realme sudah menyematkan kamera tersebut. Kamera ini memainkan peran penting bagi pecinta fotografi, khususnya untuk mendapatkan tangkapan foto yang lebih luas.

Meski secara keseluruhan hasil foto sudah tergolong menawan. Tapi ketiadaan kamera ultra-wide ini menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh Realme.

2. RAM 4 GB kurang memuaskan

Jika kamu ingin membeli ponsel ini untuk juga kebutuhan game, maka kami sarankan untuk tidak memilih varian RAM yang 4 GB. Kapasitas RAM tersebut akan menganggu kelancaran bermain game dan performa keseluruhan kurang maksimal.

Oleh karena itu, kami merekomendasikan untuk membeli yang varian RAM 8 GB jika kamu akan menggunakan ponsel ini sebagai heavy daily driver.  

3. Belum Mendukung Gyroscope Hardware

Bagi kamu yang mencari ponsel untuk bermain game aiming gyroscope, ponsel ini kurang kami rekomendasikan. Gyroscope virtual yang ditawarkan kurang memuaskan pengalaman bermain game.

Ketiadaan hardware ini juga berpengaruh pada stabilisasi saat perekaman video. Untuk kelas harganya, sebenarnya Realme masih bisa menambahkan fitur ini.

4. Belum 5G dan NFC

Smartphone ini juga belum mendukung jaringan 5G. Di saat jaringan 5G sudah mulai merata di Indonesia, sayangnya kamu belum bisa menikmati konektivas tersebut dengan Realme 10.

Selain itu, ponsel ini juga tidak dibekali dengan NFC. Ini juga menjadi PR besar bagi Realme di mana zaman sekarang, NFC memegang peranan penting dalam memudahkan dalam pertukaran data dan kartu akses secara mudah.

Dapatkan pembaruan artikel dan berita tebaru lainnya dari Ponselio dengan cara mengikuti kami di Google News.

Tinggalkan komentar