Kelebihan dan Kekurangan Realme C33 – Harga Murah, Desain Mewah

PonselioRealme resmi meluncurkan Realme C33. Smartphone entry-level ini siap meramaikan HP 1 jutaan di pasar Indonesia. Mengunggulkan kamera beresolusi 50 MP, kapasitas baterai besar dan desain yang elegan, smartphone ini siap menjadi penantang serius di kelas harganya.

Smartphone ini menawarkan dua opsi warna, yakni Night Sea dan Aq ua Blue. Kedua pilihan warna tersebut terinspirasi dari keindahan laut yang begitu mempesona. Tentu saja, tampilan tersebut membuat smartphone ini menjadi lebih stylish dan premium.

Untuk aspek fotografi, Realme C33 juga menggunakan konfigurasi dua kamera pada bagian utama, yakni kamera utama 50 MP dan kamera bokeh 2 MP. Sementara itu, kamera depan yang beresolusi 5 MP juga sudah disematkan pada bagian depan layar.

Realme C33 berjalan dengan sistem operasi Android 12 berpadu dengan sistem antarmuka Realme UI S edition. Ponsel ini juga sudah membawa fitur sidik jari pada bagian samping, colokan audio jack 3.5mm, dan sudah menggunakan fitur audio terbaru, Dirac 3.0 Technology.

Ponsel ini juga dipasarkan dengan harga Rp. 1.599.00 untuk varian 3/32 GB dan Rp. 1.799.000 untuk varian 4/64 GB.  

Nah, apakah spesifikasi dan fitur yang dibawa Realme C33 itu sebanding dengan harganya? Yuk kita cari tahu kelebihan dan kekurangan Realme C33 sebagai berikut.

Spesifikasi Realme C33

Realme C33
  • OS: Android 12
  • Layar: 6.5 inci
  • Chipset: Unisoc Tiger T612
  • Kamera: 50 MP + 0.3 MP
  • Baterai: 5000 mAh

Kelebihan Realme C33

1. Kamera Utama 50 MP

Realme 33 sudah mengusung kamera utama dengan resolusi 50 MP. Ponsel ini tergolong impresif di kelas harga 1 jutaan. Terlebih, kamera utamanya juga sudah dibekali algoritma CHDR tebaru.

Dengan fitur tersebut,pencahayaan akan lebih maksimal dan bisa bekerja lebih dinamis baik pada siang hari maupun malam hari.  Fitur Super Night Mode juga sudah disematkan untuk  mendukung pemotretan yang detail dan terang pada malam hari.  Kamera ini juga sudah dibekali dengan fitur-fitur keren seperti time-lapse, HDR, hingga expert mode.

Kamera utama tersebut juga dipadukan dengan kamera bokeh portrait yang menawarkan kualitas gambar yang cukup mumpuni. Kamera depan yang beresolusi 5 MP juga sudah disematkan untuk kamera selfie.

2. Baterai Jumbo Berkapasitas 5000 mAh

Realme C33 itu sudah dibekali dengan baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas baterai tersebut tergolong cukup besar untuk mendukung aktivitas harian baik produktivitas maupun hiburan.

Kamu tidak perlu khawatir kehabisan daya baterai baik untuk nonton video streaming, main game-game mainstream atau kegiatan lainnya. Dalam mode standby, smartphone ini bisa bertahan hingga 37 hari.

Bahkan jika kamu mengaktifkan fitur Ultra Saving Mode, ponsel ini bisa bertahan hingga 43.6 jam. Performa baterai ini terbilang cukup impresif dan tahan lama dibandingkan dengan ponsel dengan kapasitas baterai 5000 mAh lainnya.

3. Menawarkan Desain Stylish

Realme menjadikan desain ponsel ini sebagai salah satu daya tarik utamanya. Realme C33 mengusung desain yang simpel namun stylish. Desain tersebut memberikan kesan premium layaknya ponsel-ponsel kelas atas.

Bentuk keseluruhan yang mengotak dan membulat pada bagian pinggirnya serta bazel yang tipis menjadikan desain ponsel 1 jutaan ini terkesan elegan. Desain tersebut dipadukan dengan nuansa laut yang indah juga menjadikannya semakin keren desainnya.    

4. Performa Chipset tergolong baik di kelasnya

Realme C33 dibekali dengan chipset Unisoc T612 yang menawarkan performa yang baik di kelas harganya. Prosesor tersebut cukup bisa diandalkan untuk mendukung kegiatan multi-tasking maupun main game-game mainstream seperti Mobile Legends, Free Fire atau yang lainnya.

Dipadukan dengan opsi RAM 3 /4 GB dan penyimpanan internal 32/ 64 GB, performa ponsel ini sudah cukup mumpuni untuk mendukung aktivitas harianmu, khususnya untuk sosial media atau sekedar nonton video streaming.

5. Mengusung Layar Beresolusi HD+

Realme C33 mengusung layar IPS LCD 6.5 inci dengan waterdrop dan sudah mendukung resolusi HD+. Untuk ponsel 1 jutaan, kualitas layar ini pastinya cukup mumpuni dan menawarkan kualitas gambar yang menawan.

Selain itu, ponsel ini juga dibekali dengan dukungan kecerahan hingga 400 nit dan touch sampling rate 120 Hz dengan warna 16.7 juta warna.   

Kekurangan Realme C33

1. Belum Menggunakan USB Type-C

Sangat disayangkan, Realme C33 masih menggunakan tipe microUSB. Kompetitor lainnya sudah menawarkan opsi USB Type-C untuk mendukung konektivitasnya. Ya, mesikpun begitu kita harus sedikit realistis bahwa Realme memotong fitur USB Type-C untuk menekan harga produksi.

2. Belum Mendukung Fitur Fast Charging

Meski sudah dibekali dengan baterai jumbo berkapasitas 5000mAh, sayangnya ponsel ini belum mengusung fitur pengisian daya cepat. Dengan kata lain, kamu membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengisian daya dari 0-100%.

Harapan pengguna tentunya Realme tetap mempertahankan fitur fast charging tersebut harus tetap dibawa, mengingat kompetitornya sudah menawarkan fitur tersebut untuk kelas ponsel entry-level mereka.    

3. Belum Mendukung WiFi Dual Band

Realme C33 sayangnya belum mendukung WiFi Dual Band sehingga menyulitkan ponsel ini untuk terhubung ke WiFi publik. Fitur tersebut hanya memungkinkan ponsel kamu untuk terhubung ke pita jaringan 2.4 GHz dengan kecepatan yang lebih lambat namun menawarkan cakupan area yang lebih luas.

Dapatkan pembaruan artikel dan berita tebaru lainnya dari Ponselio dengan cara mengikuti kami di Google News.

Tinggalkan komentar