Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 10 – HP Gaming 2 Jutaan

PonselioXiaomi Redmi 10 hadir membawa standarisasi ponsel entry-level dengan spesifikasi dan fitur terbaik namun harganya terjangkau. Jika kamu mencari ponsel dengan performa mumpuni, desain yang elegan dan opsi Quad Camera 50 MP, Redmi 10 ini adalah jawaban yang tepat.

Mengusung  slogan jagoannya 50 MP, ponsel ini menawarkan kualitas terbaik di kelasnya. Beberapa fitur juga sudah di-upgrade disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, khususnya kawula muda untuk  mendukung aktivitas hariannya.

Ponsel ini sudah cukup mumpuni untuk kamu andalkan baik untuk membuat konten atau sekedar bermain media sosial. Dibekali dengan layar 6.5 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate maksimal 90 Hz, ponsel bisa memanjakan mata.

Redmi 10 dipersenjatai dengan chipset gaming kelas menengah, Mediatek Helio G88 berpadu dengan opsi RAM dan penyimpanan internal yang cukup besar. Tentu saja, konfigurasi dapur pacu ini menawarkan performa yang tinggi baik untuk produktivitas harian maupun hiburan.

Ponsel ini juga menawarkan baterai dengan kapasitas 5000 mAh dengan fitur fast charging 18W dan reverse charging dengan output 9W. Fitur pengisian daya ini cukup impresif di kelas harganya. Kamu bisa menggunakan ponsel seharian tanpa harus khawatir kehabisan daya baterai.

Harga resminya dibanderol Rp. 2.299.000 untuk varian 4GB/64 GB dan Rp2.499.000 untuk varian 6GB/128GB. Nah, apakah ponsel ini sebanding dengan harganya? Yuk kita cari tahu kelebihan dan kekurangan Redmi 10.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 10

Xiaomi Redmi 10
  • OS: Android 11
  • Layar: 6.5 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G88
  • Kamera: 50 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Baterai: 5000 mAh

Kelebihan Xiaomi Redmi 10

1. Desain bodi minimalis dan elegan

Redmi 10 ini mengusung desain yang trendy dengan konsep minimalis dan elegan. Ponsel ini menawarkan kesan premium layaknya desain yang digunakan pada ponsel kelas flagship. Modul kamera belakang yang terletak di atas kanan juga terlihat seperti lensa digital.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Redmi 9, memang desain smartphone ini terkesan mewah di kelas harganya. Pada bagian layar juga sudah menerapkan bentuk punch hole yang lebih kekinian dibandingkan dengan bentuk water-drop notch.

Ditambah lagi, kamera depannya sudah dibuat pada bentuk punch hole dan tidak lagi waterdrop notch. Ini artinya Xiaomi mulai ingin mengangkat derajat Redmi Series, membuatnya stand out di antara ponsel murah lainnya.

Keseluruhan desain ponsel menawarkan kesan yang mewah dan trendy, sesuai dengan selera mayoritas pengguna ponsel di Indonesia, khususnya kawula muda.   

2. Ditenagai Chipset Gaming

Redmi 10 ini sudah dipersenjatai dengan chipset gaming, Mediatek Helio G88 dengan fabrikasi 12 nm yang menawarkan performa yang lebih kencang. Prosesor ini menawarkan kinerja yang lebih baik khususnya dalam sektor kamera dan juga layar.

Dipadukan dengan opsi RAM 4 GB/ 6GB dan penyimpanan internal 64 GB/ 128 GB, kamu bisa merasakan performa dapur pacu yang maksimal baik untuk produktivitas harian maupun hiburan termasuk main game maupun nonton video streaming.

Chipset ini bisa melibas game-game mainstream seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, Real Racing 3 dengan lancar tanpa ada penurunan frame rate.     

3. Kamera Tergolong Menawan

Redmi 10 ini menjadikan kamera utama 50 MP sebagai daya tarik utamanya. Mengusung slogan jagoannya 50 MP, ponsel ini seolah menegaskan bahwa ponsel inilah yang mampu memberikan hasil foto dan video yang menawan dibandingkan kompetitornya.

Selain kamera utama 50 MP, Redmi 10 juga hadir dengan kamera ultra-wide 8 MP, kamera bokeh 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Sementara itu, kamera depan mengusung lensa beresolusi 13 MP. Ponsel ini juga sudah mendukung perekaman video hingga [email protected]

Fitur-fitur kamera yang dibawa seperti night mode, HDR, panorama, dan lainnya juga membuat kualitas jepretan menjadi lebih jelas, dan detail baik saat di dalam ruangan maupun di luar ruangan, baik malam hari maupun siang hari.

4. Layar beresolusi FHD+ dengan refresh rate 90 Hz.

Dibekali dengan layar IPS LCD dengan bentang layar 6.5 inci, ponsel ini hadir dengan layar beresolusi FHD+ dan refresh rate maksimum 90 Hz. Itu berarti bahwa ponsel ini menawarkan kualitas layar yang jernih dan tajam di kelas harganya.

Refresh rate hingga 90 Hz ini juga akan menambah kualitas layar semakin smooth saat digunakan, baik scrolling maupun aktivitas layar lainnya.

Sementara itu, ponsel ini juga menawarkan tingkat kecerahan layar hingga  477 nit. Angka yang cukup impresif di kelas harganya yang mana membuat layar masih bisa terlihat meski di bawah terik matahari.

5. Daya Baterai tahan lama

Redmi 10 ini dibekali dengan kapasitas baterai 5000 mAh dengan fitur fast charging 18 W dan reverse charging dengan output 9W. Untuk kelas ponsel entry-level, kapasitas baterai dan fitur-fitur yang dibawa tersebut cukup menarik.

Kamu bisa menggunakan ponsel untuk aktivitas harian tanpa khawatir kehabisan baterai. Ponsel ini bisa bertahan hingga 127 jam dalam mode standby. Sementara itu, untuk browsing atau main media social, daya baterai bisa bertahan hingga hampir 17 jam.

Meski bukan yang paling awet di kelasnya, daya tahan baterai Redmi 10 ini patut diacungi jempol. Kamu bisa mengandalkan ponsel ini untuk aktivitas seharian.  

Kekurangan Xiaomi Redmi 10

1. Belum dibekali fitur NFC

Sayangnya Redmi 10 tidak ada fitur NFC. Padahal, fitur ini memainkan peran penting dalam kehidupan modern ini, baik untuk cek saldo e-wallet hingga untuk transaksi mulai dari transportasi umum hingga pembayaran toll.

Bahkan, NFC multifungsi juga bisa digunakan sebagai kartu akses yang mana bisa kamu gunakan gunakan sebagai akses di gedung perkantoran atau smart building lainnya. Untuk kelas harga 2 jutaan, seharusnya Xiaomi sudah menyematkan fitur ini.

2. Gyroscope masih virtual

Redmi 10 ini juga kurang mantap bagi pecinta game aiming gyro, seperti PUBG Mobile. Meski sudah didukung gryo virtual, namun nyatanya kurang maksimal dibandingkan dengan gyro hardware. Respon yang didapatkan saat bermain game terasa lambat dan pastinya akan mengurangi keseruan saat bermain game.       

3. Fast Charging kurang bekerja dengan baik

Ponsel ini sudah dibekali fitur fast charging 18 W. pengguna berharap bisa mengisi daya baterai dengan waktu yang cepat. Namun nyatanya, kamu membutuhkan waktu hingga 2 jam 30 menit sampai daya 100% dari kondisi 0%. Waktu tersebut memang tergolong lambat untuk ponsel yang sudah mengusung fitur fast charging. Performa fitur tersebut masih seperti fitur pengisian daya 10W.

Dapatkan pembaruan artikel dan berita tebaru lainnya dari Ponselio dengan cara mengikuti kami di Google News.

Tinggalkan komentar