Instagram Ganti Fitur Swipe Up dengan Sticker Link, Ini Perbedaannya!

Mulai 30 Agustus 2021, Instagram akan mengganti fitur Swipe Up dengan Sticker Link. Apa saja perbedaannya? Simak di Ponselio.

PONSELIO.COM - Bagi pengguna Instagram tentu tidak asing dengan fitur Swipe Up. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengakses halaman web eksternal dengan menggeser postingan Instagram Stories ke atas.

Sayang, fitur ini dikabarkan bakal dihilangkan oleh pihak Instagram. Seperti yang Ponselio lansir dari The Verge, Selasa (24/8), fitur Swipe Up bakal dihilangkan Instagram mulai 30 Agustus 2021.

Sementara itu, sebagai penggantinya, Instagram menyiapkan fitur baru bernama Sticker Link. Konsep kerja Sticker Link pun sama dengan Swipe Up, yakni membawa pengguna ke halaman web eksternal.

Namun, dalam penggunaannya Sticker Link berbeda dengan Swipe Up yang dilakukan dengan menggeser ke atas. Dengan Sticker Link, pengguna tinggal mengklik stiker yang kemudian akan menuju ke web eksternal.

Sementara itu, menurut Instagram perubahan Swipe Up menjadi Sticker Link dilakukan untuk memberi pengalaman pengguna yang lebih sederhana dalam membuat Instagram Stories.

Tidak hanya itu, dibandingkan dengan Swipe Up, Sticker Link juga diklaim memiliki tampilan lebih menarik yang membuat pengguna lebih aktif menggunakan fitur ini.

Sebelumnya, Instagram sudah melakukan uji coba pada fitur Sticker Link pada bulan Juni lalu. Menariknya, pengujian yang dilakukan Instagram tidak hanya diberikan kepada mereka yang sudah memenuhi syarat menggunakan fitur Swipe Up saja, namun kepada banyak pengguna lainnya.

Fitur Swipe Up sendiri diberikan Instagram untuk pengguna yang sudah memiliki minimal 10.000 followers, atau sudah terverifikasi.

Hasil pengujian Sticker Link sendiri, menurut mantan kepala produk Instagram, Vishal Shah, fitur baru Instagram tersebut diklaim lebih cocok digunakan untuk saat ini.

Menurut Vishal, salah satu tujuan adanya Sticker Link adalah untuk menyebarkan stiker yang lebih luas kepada pengguna Instagram.

Adapun perbedaan mendasar dari Swipe Up dan Sticker Link, menurut Vishal, yakni pada tanggapan pemirsa. Di mana pada fitur Swipe Up, orang lain tidak bisa menanggapi postingan di Instagram Stories tersebut, kecuali menuju link web eksternal.

Sementara pada Sticker Link, orang lain yang melihat postingan Instagram Stories berisi Sticker Link bisa menanggapinya.

Instagram menyebut, hingga saat ini pihaknya belum memastikan siapa yang bisa diberi akses penggunaan fitur Sticker Link. Namun, sepertinya syarat untuk mendapatkan fitur Sticker Link berbeda dengan Swipe Up.

Pasalnya, dalam keterangannya kepada The Verge, pihak Instagram menyebut jika fitur baru ini diharapkan bisa diakses lebih banyak pengguna.

“Pembaruan ini akan membantu kami dalam menentukan apakah itu keputusan yang tepat, sebelum memperluas akses fitur terbaru ini ke lebih banyak orang,” kata seorang juru bicara Instagram, kepada The Verge.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar