Siap-Siap, WhatsApp Tidak Bisa Lagi Dipakai di HP Ini

WhatsApp tidak akan bisa lagi dipakai di beberapa ponsel Android dan iOS. Merek dan tipe apa saja? Berikut selengkapnya.

PONSELIO.COM - WhatsApp terus melakukan pembaruan pada perangkatnya. Beberapa fitur baru pun dikabarkan akan dirilis beberapa bulan ke depan.

Namun, kabar buruknya, WhatsApp juga disebut akan menghentikan aplikasinya di beberapa tipe ponsel. Melalui laman resminya, aplikasi milik Facebook ini merilis beberapa tipe dan merek ponsel yang tidak akan lagi bisa menikmati layanan WhatsApp.

Menurut WhatsApp, beberapa ponsel bakalan tidak kompatibel dengan WhatsApp mulai 1 November 2021 mendatang. Langkah ini diambil sebagai salah satu upaya WhatsApp, agar fokus menciptakan fitur yang cocok untuk ponsel generasi baru.

Adapun beberapa ponsel yang tidak lagi bisa menggunakan WhatsApp mulai 1 November 2021, yakni yang masih menggunakan sistem operasi Android 4.0.3, atau lebih rendah.

Tidak hanya bagi pemilik Android, pengguna iPhone juga tidak akan bisa menggunakan WhatsApp, untuk perangkat yang masih menggunakan iOS 9 atau versi yang lebih lama. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa daftar ponsel yang tidak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp.

Android

  • Merek Samsung: Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy COre serta Galaxy Ace 2.
  • Merek LG: Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus F5, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6, Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD dan 4X HD, serta Optimus F3Q.
  • Merek ZTE: Ponsel ZTE yang tidak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp meliputi, ZTE V956, Grand S Flex, Grand X Quad V987, dan Grand Memo.
  • Merek Huawei : Beberapa ponsel Huawei yang tidak lagi bisa menggunakan WhatsApp ialah, Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, dan Ascend D2.
  • Merek Sony : Sementara untuk ponsel merek Sony beberapa tipe yang tidak akan bisa menggunakan WhatsApp ialah Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, dan Xperia Arc S.
  • Merek Alcatel : One Touch Evo 7.

Tidak hanya merek di atas, beberapa merek dan tipe ponsel Android lainnya yang tidak akan bisa menggunakan WhatsApp ialah: Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, UMi X2, Faea F1 dan THL W8.

iOS

Sementara untuk ponsel iOS yang tidak akan bisa menggunakan aplikasi WhatsApp lagi mulai 1 November 2021 ialah:

  • Apple iPhone SE
  • Apple iPhone 6 dan Apple iPhone 6S Plus

Cara Cek Sistem Operasi Ponsel

Sebagaimana disinggung di atas, secara umum ponsel yang tidak akan bisa menggunakan WhatsApp ialah yang masih menggunakan sistem operasi Android 4.0.3 atau lebih rendah, dan iOS 9 atau lebih rendah.

Untuk mengetahui sistem operasi yang digunakan, bisa mengeceknya dengan sebagai berikut:

  • iOS: Settings > General > About
  • Android: Setting > About Phone, info perangkat operasi sistem biasanya ada di bagian bawah

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar