Makin Gahar, Snapdragon 898 Hadir dengan Peningkatan GPU

Hadir dengan peningkatan GPU yang lebih signifikan, bagaimana performa prosesor Snapdragon 898? Berikut selengkapnya di Ponselio.

PONSELIO.COM - Manajer Departemen Bisnis ponsel Lenovo di China, Chen Jin, menyebutkan jika saat ini prosesor andalan Qualcomm, Snapdragon 898 bakal mengalami peningkatan.

Menurut Chen Jin, kedepannya Snapdragon 898 bakal mengalami peningkatan GPU chip yang signifikan. Pengguna pun diminta perlu bersabar untuk menunggu, guna menjajal kemampuan grafis yang belum pernah ada sebelumnya di Snapdragon 898.

Lebih lanjut menurut Chen Jin, saat ini Lenovo tengah menyiapkan ponsel terbaru Lenovo Gaming Phone 3 Pro yang akan mengusung prosesor Qualcomm SM8450.

Sebelumnya, beredar informasi jika prosesor Qualcomm SM8450 merupakan nama dari Snapdragon 898. Yang tidak kalah penting, chip ini akan menggunakan teknologi 4nm milik Samsung yang teruji meningkatkan performa lebih dari 20 persen.

Sementara itu, Snapdragon 898 sendiri diperkirakan akan dirilis pada kuartal empat tahun ini, atau pada Oktober nanri.

Adapun menurut Chen Jin, pihaknya dalam waktu dekat bakal merilis ponsel terbaru yang ditenagai chip Snapdragon 898. Chen memastikan, jika perilisan ponsel Lenovo dengan prosesor Snapdragon 898 dilakukan sebelum tahun 2022.

Dengan demikian, pengguna bisa mendapatkan ponsel Lenovo dengan prosesor Snapdragon 898 pada bulan Desember 2021 nanti. Kemungkinan besar, ponsel Lenovo pertama yang menggunakan Snapdragon 898 ialah Legion Gaming Phone 3 Pro.

Sebelumnya, Lenovo memang sudah banyak meluncurkan produk baru dengan seri Qualcomm Snapdragon 8. Seperti Lenovo Z5 Pro GT, yang memulai debutnya dengan chip Snapdragon 855.

Sementara untuk chip Snapdragon 870 sendiri pertama kali digunakan pada ponsel Motorola Edge S.

Dengan melihat tren tersebut, maka cukup realistis jika Lenovo bakal merilis produknya yang menggunakan Snapdragon 898 pertama kali.

Parameter Snapdragon 898

Sebelumnya diketahui, CPU Snapdragon 898 akan menggunakan arsitektur tiga kluster. Yakni inti super besar dengan Cortex-X2, Inti besar Cortex-A710, dan inti kecil dengan Cortex-A510.

Sementara untuk desain, Snapdragon 898 akan tampil dengan desain baru di bawah sistem 64 bit murni ARM v9.

Di bawah ARM versi publik, Cortex-X2 mengalami peningkatan kinerja sebesar 16 persen, dibanding X1. Para ahli pun berpendapat, SoC ini akan mencetak lebih dari 1 juta poin di AnTuTu.

Sebelumnya, Samsung dikenal sebagai produsen chip seri Snapdragon 8 Qualcomm yang cukup ekslusif. Saat ini, produsen Qualcomm terbaik didelegasikan kepada Xiaomi dan Lenovo.

Tidak dimungkiri, produsen asal China seperti Xiaomi dan Lenovo masih memiliki beberapa keunggulan di Qualcomm.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar