TikTok Lakukan Uji Coba Video 5 Menit, Bakal Mirip YouTube?

Belum usai uji coba video berdurasi 3 menit, kini TikTok juga mulai lakukan uji coba video 5 menit. Simak beritanya di Ponselio.

PONSELIO.COM - Beberapa waktu lalu, TikTok melakukan perubahan cukup signifikan dalam persoalan durasi video. Jika selama ini video dalam aplikasi TikTok maksimal 15-60 detik, aplikasi asal Tiongkok ini kemudian menambahkan durasi hingga 3 menit.

Keputusan tersebut tentu mengejutkan banyak pihak. Mengingat selama ini TikTok cukup idealis dengan mempertahankan ciri khasnya, yakni sebagai role model tren video pendek.

Namun, belum usai kehebohan TikTok memperpanjang durasi video hingga 3 menit, aplikasi ini dikabarkan akan memperpanjang kembali durasi video hingga 5 menit.

Kabarnya, saat ini TikTok tengah melakukan uji coba dengan video berdurasi 5 menit. Kabar tersebut sebagaimana dicuitkan pemerhati media sosial, Matt Navarra.

Dalam cuitannya, Navarra membagikan tangkapan layar pembaruan dari TikTok yang berbunyi “Unggah video hingga 5 menit dari perangkat Anda. Pastikan Anda menggunakan versi terbaru sebelum mencoba fitur di aplikasi, atau tiktok.com Anda,” isi pesan pembaruan TikTok yang dibagikan Navarra.

Sementara itu, hingga saat ini pihak TikTok belum juga menanggapi mengenai pemberitahuan durasi video hingga 5 menit di pembaruannya.

Sebelumnya, TikTok melakukan uji coba video berdurasi 3 menit pada Desember 2020 lalu. Hingga akhirnya, format video berdurasi 3 menit benar-benar diluncurkan TikTok pada Juli 2021.

Sementara itu, banyak pihak yang menyebut tawaran fitur video pendek cukup kompetitif saat ini. Selain TikTok, YouTube dan Instagram juga menghadirkan video pendek dengan nama Shorts dan Reels. Tidak heran, jika pembaruan di setiap aplikasi bakalan sering terjadi.

Sebelumnya, Instagram juga memperpanjang durasi di Reels, dari 15 detik menjadi 30 detik pada September 2020. Kemudian pada Juli 2021, Reels di Instagram diperpanjang hingga 60 detik.

Tidak menutup kemungkinan, TikTok juga akan melakukan penambahan durasi yang lebih ekstrem. Bahkan, Navarra juga mencuitkan video yang menunjukkan TikTok tengah melakukan uji coba dengan video 10 menit.

Dengan adanya uji coba penambahan durasi, menurut Navarra pengguna akan bingung memilih TikTok atau YouTube. Karena pada akhirnya keduanya menawarkan fitur yang sama.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar