Instagram Wajibkan Pengguna Konfirmasi Tanggal Ulang Tahunnya

Ke depannya, Instagram akan lakukan konfirmasi tanggal ulang tahun penggunanya. Selengkapnya di Ponselio berikut ini.

PONSELIO.COM - Instagram akan mewajibkan penggunanya untuk memberikan ulang informasi tanggal lahir. Hal ini sebagaimana diumumkan oleh anak perusahaan Facebook tersebut di blognya, pada 26 Agustus 2021 lalu.

Menurut Instagram, kewajiban pengguna memberikan tanggal ulang tahun disebut sebagai langkah awal pemberlakuan fitur keamanan terbaru, bagi pengguna yang masih berusia anak-anak.

Nantinya, jika pengguna belum memasukkan tanggal lahir, maka Instagram akan memberikan informasi agar pengguna segera melakukan konfirmasi tanggal lahir.

Jika dalam beberapa kali penawaran pengguna tetap menolak, Instagram disebut tidak akan lagi memberi akses aplikasi mereka kepada pengguna.

Dilansir Ponselio dari CNET, Selasa (31/8), ke depannya Instagram bakal membatasi penargetan iklan untuk pengguna di bawah usia 18 tahun.

Tidak hanya itu, nantinya pengguna juga akan diminta konfirmasi usia saat akan melihat postingan yang dinilai sensitif atau vulgar.

Sebelumnya, Instagram sudah melakukan konfirmasi ulang tahun pada penggunanya sejak tahun 2019 lalu. Namun, menurut Instagram, banyak pengguna yang mencoba memalsukan informasi tanggal lahir.

“Kami sedang mengembangkan sistem baru, untuk mengatasi hal tersebut,” ujar Instagram, dikutip dari CNET.

Ke depannya, Instagram akan menggunakan kecerdasan buatan untuk mendeteksi usia pengguna melalui aktivitasnya di Instagram. Jika nantinya pengguna dicurigai melakukan manipulasi usia, maka Instagram akan meminta pengguna untuk memverifikasi ulang usia mereka.

Sebelumnya, pada bulan Mei 2021 lalu Instagram mengumumkan tengah mengembangkan aplikasi Instagram khusus anak di bawah 13 tahun.

Hal tersebut sebagai langkah perlindungan bagi pengguna yang masih berusia anak-anak. Nantinya, pengguna orang dewasa disebut tidak akan bisa mengirim direct mesagge (DM) kepada anak di bawah umur, yang tidak mengikuti mereka.

Tidak hanya itu, beberapa iklan yang ditujukan untuk orang dewasa, seperti minuman beralkohol juga tidak akan tayang pada pengguna anak-anak.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar