Samsung One UI 3.1.1 Bawa Pengalaman Baru untuk Pengguna Seri Galaxy Z

Pada update One UI 3.1.1, Samsung tawarkan sejumlah pengalaman baru untuk pengguna ponsel lipat seri Galaxy Z.

PONSELIO.COM - Dua perangkat smartphone terbaru Samsung, Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 hadir dengan perangkat lunak terbaru, One UI 3.1.1. Perangkat ini disebut paling intuitif untuk digunakan pada ponsel lipat Samsung.

One UI baru ini dirancang khusus untuk layar besar, dengan beberapa fitur yang membuat perangkat layar lipat Samsung akan lebih mudah digunakan.

Tidak hanya pada Galaxy Z Flip 3 dan Galaxy Fold 3, One UI 3.1.1 ini juga akan tersedia untuk ponsel Galaxy Z Fold 2 5G, Galaxy Flip 2 5G, Galaxy Z Flip, serta Samsung Galaxy Fold yang dirilis pada 2019 lalu.

Sistem operasi Samsung teranyar ini disebut akan membawa pembaruan yang memberikan pengalaman menarik bagi penggunanya. Berikut beberapa pembaruan yang ada pada One UI 3.1.1:

1. Drag & Split

Salah satu fitur unggulan yang ada pada update One UI 3.1.1 ialah Drag & Split. Dengan fitur ini, pengguna bisa membuka beberapa tab sekaligus dalam satu layar.

Dengan hadirnya Drag & Split, pengguna tidak perlu buka tutup tab baru untuk pindah dari satu tab ke tab lainnya. Pengguna bisa membuka dua tab sekaligus dalam satu layar, dengan cara menyeret tab untuk ditepikan, dan membuka tab baru di layar yang sama.

Beberapa aplikasi yang didukung oleh fitur Drag & Split ialah Samsung Internet, Samsung Notes, File Saya, Pesan MS Office, OneNote, OneDrive, dan beberapa aplikasi lainnya.

2. Multi-Active Window and Natural Window Switching

Dengan fitur jendela Multi-Aktif, pengguna bisa melakukan aktivitas di tiga aplikasi sekaligus dalam satu jendela. Menariknya, dalam fitur ini pengguna juga bisa melakukan pengaturan mengenai tinggi, luas, dan ukuran aplikasi di jendela, sesuai kebutuhan.

3. Rotate All Apps

Salah satu keunggulan penggunaan ponsel lipat ialah kemampuan adaptif yang ada pada layarnya. Dengan perangkat layar lipat, pengguna bisa membuka aplikasi baik dengan tampilan potret maupun lanskap.

Namun, sayangnya beberapa aplikasi dirancang hanya mendukung mode potret saja. Untuk mengatasi hal ini, pembaruan One UI 3.1.1 pun bisa menjadikan semua aplikasi melakukan rotasi dengan lancar ke mode potret maupun lanskap.

4. Set Aspect Ratio for Apps

Fitur lainnya pada pembaruan One UI 3.1.1 ialah pengaturan rasio aspek aplikasi. Dengan fitur ini pengguna bisa melakukan pengaturan manual rasio aspek. Mulai dari default, rasio 4:4, rasio 16:9, dan ukuran layar penuh.

5. App Split View

Jika diaktifkan, aplikasi Split View akan menampilkan daftar pesan di sebelah kiri layar, dan kolom percakapan di sebelah kanan layar. Sekilas aplikasi ini akan menjadi tampilan pesan pengguna menyerupai tampilan penggunaan WhatsApp Web.

6. Flex Mode Panel

Dengan pembaruan One UI 3.1.1, Flex Mode yang merupakan salah satu fitur khas dari ponsel lipat Samsung, akan semakin memiliki lebih banyak kemampuan.

Kini, pengguna bisa mengaktifkan fitur Flex Mode ini bahkan pada aplikasi yang tidak didukung sebelumnya dengan cara mengaktifkan Flex Mode Panel di menu “Labs” pada pengaturan.

7. Taskbar untuk Pin Aplikasi Favorit

Update One UI kali ini juga akan mendukung kemampuan menyematkan aplikasi ke taskbar. Dengan fitur ini, pengguna bisa dengan mudah beralih ke aplikasi favorit tanpa harus ke menu utama atau layar beranda.

8. Cover Screen Mirror

Pembaruan One UI 3.1.1 juga akan membuat transisi antar Sampul dan Layar utama lebih mulus dan responsif. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan pengaturan di mana Sampul dan Layar Utama memiliki tampilan yang sama persis.

Itu dia beberapa pembaruan yang ada pada One UI 3.1.1. Lebih canggih bukan?

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar