Samsung Umumkan ISOCELL HP1, Sensor Kamera HP 200MP Pertama di Dunia

Selain menjadi sensor kamera 200MP pertama untuk smartphone, Samsung ISOCELL HP1 juga menawarkan binning piksel otomatis.

PONSELIO.COM - Setelah sekian lama dinantikan publik, Samsung akhirnya resmi meluncurkan sensor kamera ponsel dengan resolusi 200MP. Sensor kamera yang diberi nama ISOCELL HP1 ini merupakan sensor kamera ponsel 200MP pertama di dunia.

Tidak hanya memiliki resolusi jumbo, namun ISOCELL HP1 juga menawarkan piksel yang mini, yakni hanya 0,64μm.

Sensor kamera ini menggunakan fitur teknologi pixel binning dinamis, yang mampu menyesuaikan resolusi output kamera tergantung cahaya yang diterima.

Samsung Isocell Hp1
Kredit gambar: sammobile.com

Dengan mengusung teknologi ChameleonCell, ISOCELL HP1 bisa otomatis menawarkan binning piksel sesuai cahaya lingkungan. Bisa dengan binning 2×2 piksel, 4×4 piksel, atau juga piksel penuh.

Saat dalam mode binning 2×2, sensor akan menawarkan gambar sebesar 50MP dengan piksel 1,28μm. Sementara saat dalam mode binning 4×4 piksel, ISOCELL HP1 akan menawarkan gambar dengan resolusi 12,5MP dan ukuran piksel 2,65μm.

Dalam perekaman video, sensor tersebut juga mampu merekam video dengan kualitas 8K pada 30fps, dan 4K pada 120fps.

Selain ISOCELL HP1, Samsung juga merilis ISOCELL GN5 yang memiliki sensor kamera 50MP untuk ponsel. Sensor ini merupakan yang pertama ada di dunia dengan teknologi autofokus dual piksel pro untuk pemfokusan otomatis super cepat.

Berbeda dengan ISOCEL HP1, ISOCELL GN5 lebih diperuntukkan bagi ponsel yang ingin memiliki resolusi kamera besar, namun dengan desain yang tipis.

Menurut Wakil Presiden Eksekutif Bisnis Sensor di Samsung Electronics, Duckhyun Chang menyebutkan, Samsung sudah menjadi pelopor kamera masa depan dengan sensor gambar beresolusi tinggi.

“Samsung telah menjadi pelopor teknologi piksel ultrafine yang mengusung sensor gambar beresolusi tinggi. Dengan ISOCELL HP1, Samsung menawarkan solusi hasil gambar terbaik. Sementara ISOCELL GN5, Samsung menghadirkan teknologi autofokus tercepat,” ujar Duckhyun Chang, lansir Ponselio dari Sammobile.com, Jumat (3/9).

Lebih lanjut menurut Duckhyun, ke depannya Samsung akan menjadi pemimpin dalam produksi teknologi sensor kamera selular.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar