Samsung Sematkan Sensor OIS untuk Seri Galaxy A Tahun Depan

Tujuan Samsung hadirkan OIS di Galaxy A tahun depan adalah untuk meningkatkan daya saing di sektor performa kamera.

PONSELIO.COM - Samsung akan meningkatkan kualitas kamera pada ponsel kelas menengahnya dengan menyematkan lensa Optical Image Stabilization (OIS).

Menurut laporan terbaru dari Korea, Samsung berencana membuat OIS sebagai standar baru untuk ponsel seri Galaxy A selanjutnya. Masih dari laporan yang sama, kabarnya Samsung akan merealisasikan perubahan ini mulai tahun 2022.

Sebelumnya, diketahui lensa OIS hanya dimiliki oleh smartphone flagship kelas atas seperti Samsung seri Galaxy S dan Note. Tapi, pada tahun ini Samsung telah menerapkan OIS ke salah satu ponsel seri Galaxy A yang terakhir dirilis, yaitu Galaxy A22.

Sementara itu, menurut The Elec, tujuan Samsung memperluas jangkauan fitur kamera ini ke seri Galaxy A adalah untuk memperkuat daya saing ponsel kelas menengahnya, yang mana tren persaingan smartphone kelas menengah saat ini berfokus pada performa kamera.

“Hal ini bertujuan memperkuat daya saing smartphone kelas menengah yang berfokus utama pada performa kameranya.” dilansir dari The Elec, Selasa (7/9).

OIS sendiri diketahui sebagai teknologi penstabil kamera yang biasa hadir pada smartphone-smartphone kelas atas dengan harga yang relatif lebih mahal. Fitur ini mampu meningkatkan kualitas kamera baik untuk mengambil gambar maupun merekam video berkat kemampuan anti-guncangannya.

Dengan adanya OIS, shutter speed kamera dapat meningkat hingga 2-3 stop dalam kondisi normal yang akan meminimalisir keburaman pada gambar.

Lensa OIS juga mampu menunjang aktivitas low-light photography. Dengan hadirnya OIS, seri Galaxy A diprediksi akan mendapatkan kemampuan fotografi yang jauh lebih baik.

Namun, OIS diprediksi juga akan menambah harga pada ponsel Samsung Galaxy A baru tahun depan yang memiliki fitur ini. Sebagai informasi, Samsung Galaxy A22 yang dirilis tahun ini dengan fitur OIS dan kamera utama 48MP dibanderol dengan harga sekitar Rp3,5 jutaan.

Adapun untuk perilisan ponsel Galaxy A pertama yang memiliki OIS di tahun depan, dapat merujuk pada jadwal rilis ponsel Galaxy A tahun ini. Misalnya, penerus Galaxy A32 yang dirilis pada bulan Februari 2021 lalu, kemungkinan akan dirilis pada bulan Februari 2022 mendatang. Begitu juga dengan Galaxy A22, A42, dan seterusnya.

Bagaimanapun juga, publik masih harus sabar menunggu konfirmasi resmi dari Samsung perihal fitur OIS pada seri Galaxy A ini.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar