Xiaomi Uji Coba MIUI Pure Mode, Siap Cekal Aplikasi Berbahaya

MIUI Pure Mode dapat mencegah instalasi aplikasi di belakang layar dan pemasangan berkas berformat APK tanpa izin.

PONSELIO.COM - Menurut sebuah laporan dari ITHome, Xiaomi sedang mengembangkan sistem operasi besutannya sendiri, MIUI, dengan berencana membenamkan fitur baru yakni Pure Mode yang didesain untuk mencegah instalasi aplikasi berbahaya.

Pure Mode akan membawa setidaknya dua perubahan terhadap sistem MIUI. Yang pertama, Pure Mode tidak mengizinkan pemasangan aplikasi di belakang layar tanpa seizin pengguna. Dan yang kedua, mode ini juga akan menonaktifkan kemampuan berkas APK melakukan sideload, yaitu kegiatan instalasi paket aplikasi berformat APK ke perangkat Android.

Akan tetapi, pengguna tidak perlu khawatir jika ingin tetap melakukan sideload file APK. Pasalnya, pengguna bisa mematikan MIUI Pure Mode untuk kembali mengaktifkan dua metode instalasi tersebut.

Menurut data Xiaomi, sebanyak 40 persen aplikasi yang diinstal melalui MIUI, belum dinyatakan lulus audit keamanan. Sementara 10 persen lainnya, memiliki risiko yang cukup serius bagi pengguna. Untuk mengatasi hal tersebut, Xiaomi menghadirkan Pure Mode di MIUI.

Melansir dari GSM Arena, Pure Mode sendiri saat ini masih dalam proses pengujian beta di Cina. Fitur ini sudah didistribusikan sejak 6 September ke 1000 perangkat. Pengujian sendiri akan berlangsung hanya selama lima hari.

Sementara itu, meski fitur Pure Mode sudah diujikan, namun belum ada kejelasan mengenai pemasangan fitur ini. Apakah fitur tersebut akan dipasangkan untuk MIUI 12.5 Enhanced Edition atau MIUI 13.

Informasi mengenai apakah fitur Pure Mode ini akan tersedia secara global juga belum diketahui. Melihat tersedianya Google Play Store dan sebagian besar aplikasi dengan sumber utama, instalasi aplikasi berbahaya rasanya bukan masalah besar.

Bagaimana pun juga, MIUI merupakan salah satu produk tersukses yang diproduksi Xiaomi. Jadi, tidak heran Xiaomi terus berinovasi dan menghadirkan fitur-fitur baru untuk sistem operasi antarmuka besutannya ini.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar