Apple Umumkan Event ‘California Streaming’, Luncurkan iPhone 13?

Pada event 'California Streaming' yang akan berlangsung tanggal 14 September ini, kabarnya Apple akan merilis iPhone 13, Apple Watch Series 7, dan AirPods 3

PONSELIO.COM - Apple baru saja mengumumkan akan menggelar acara tahunan mereka pada Selasa, 14 September pukul 10.00 PDT atau Rabu, 15 September 2021 00.000 WIB dini hari di Steve Jobs Theatre Kampus Apple Park, di Cupertino, California. Pada acara tahun ini, event Apple tersebut bertajuk “California Streaming”.

Kabar peluncuran event ini dikonfirmasi langsung oleh Greg Joswiak, selaku SVP Marketing Apple melalui cuitannya di Twitter.

“Kamu mengadakan California Streaming pada 14 September. Sampai jumpa dalam waktu yang sangat dekat. #AppleEvent” cuit @gregjoz, lengkap dengan video flash logo Apple berwarna gradasi biru muda.

Sama seperti WWDC dan acara musim gugur tahun lalu, acara terbaru Apple ini juga akan diadakan secara online tanpa kehadiran awak media secara langsung.

Apple disebut akan menyediakan segmen pra-rekaman untuk setiap produk baru yang akan dirilisnya tahun ini.

Sebelumnya, pada acara September tahun lalu, Apple fokus memperkenalkan Apple Watch setelah perilisan iPhone ditunda hingga bulan Oktober.

Namun sepertinya untuk tahun ini, acara tahunan di bulan September ini diperkirakan akan kembali normal. Tidak hanya akan memperkenalkan generasi iPhone berikutnya, iPhone 13, Apple juga akan memperkenalkan beberapa produk lainnya seperti Apple Watch Series 7 dan AirPods 3.

Dengan dikonfirmasinya tanggal event tahunan Apple ini, menandai benarnya rumor bocoran tanggal rilis iPhone 13 sebelumnya yang menyebutkan iPhone 13 akan dirilis pada tanggal 14 September mendatang.

Sementara itu, berikut timeline peluncuran dan penjualan iPhone 13 series berdasarkan bocoran yang beredar:

  • 7 September 2021, undangan pers diterbitkan
  • 14 September 2021, acara tahunan perilisan produk terbaru Apple dibuka
  • 17 September 2021, pre-order untuk semua produk terbaru Apple termasuk iPhone 13 dimulai
  • 24 September 2021, peluncuran iPhone 13 secara resmi dilakukan

Sementara untuk model MacBook Pro dan iPad terbaru, disebut tidak akan diperkenalkan pada bulan September ini. Mengingat Apple masih memiliki beberapa agenda acara musim gugur tahun ini, yang memungkinkan juga menjadi momen perilisan produk baru seperti MacBook Pro dan iPad.

Salah satu produk yang menjadi sorotan pada perilisan bulan September nanti ialah iPhone 13. Kabarnya, desain ponsel ini mirip dengan seri sebelumnya, iPhone 12, dengan sedikit perubahan.

Rencananya, Apple akan merilis beberapa variasi iPhone 13. Yakni iPhone 13 mini 4,4 inci, iPhone 13 6,1 inci, iPhone 13 Pro 6,1 inci, dan iPhone 13 Pro Max 6,7 inci.

Iphone 13 dirilis 14 September mendatang
ilustrasi iPhone 13. kredit gambar: macrumors.com

Secara umum, iPhone 13 hampir sama dengan iPhone 12. Namun ada beberapa perbedaan seperti notch lebih kecil, serta peningkatan pada kamera, sesuai dengan bocoran spesifikasi iPhone 13 yang sebelumnya beredar.

Salah satu yang menarik dari iPhone 13 ialah adanya stabilisasi gambar optik sensor-shift. Tidak hanya itu, Apple juga memberikan kamera Ultra Wide yang lebih baik untuk model Pro. Yang mana nantinya, Apple mengklaim model Pro memiliki kualitas yang sama dengan model Pro Max.

Sementara untuk chip A15 yang dibawa iPhone 13 disebut akan memiliki kecepatan yang lebih baik, yang dipadu dengan teknologi 5G. Salah satu perubahan terbesar pada iPhone 13 ialah tampilan ProMotion 120Hz yang disebut tersedia untuk model Pro.

Tidak hanya itu, beredar juga informasi mengenai layar iPhone 13 yang akan selalu aktif atau always-on display, yang mana hal tersebut membuat kapasitas baterai akan lebih besar, dan ruang penyimpanan lebih maksimal.

Sementara untuk produk Apple Watch Series 7, desain yang ditampilkan disebut lebih tipis dan lebih modern.

Bocoran Render Apple Watch Series 7
Kredit gambar: 91Mobiles

Ukuran casing juga akan meningkat menjadi 41mm dan 45mm, yang sebelumnya hanya 40mm dan 44mm. Sementara untuk chip yang digunakan juga lebih cepat, serta memiliki kapasitas baterai lebih besar.

Sayang, pada Apple Watch Series 7 ini disebut tidak menghadirkan fitur sensor kesehatan terbaru.

Untuk produk AirPods generasi ketiga, disebut akan memiliki desain yang lebih mirip dengan AirPods Pro. Akan tetapi, batang AirPods baru dikabarkan lebih pendek dari AirPods sebelumnya dan akan hadir pilihan yang lebih terjangkau tanpa fitur Active Noise Cancellation.

Bocoran Desain Airpods 3
Kredit gambar: Gizchina

Beberapa produk terbaru Apple tersebut akan dirilis pada acara “California Streaming’ yang digelar pada 14 September, secara online melalui YouTube, dan Apple TV.

Kendati demikian, Apple sudah membuat livestream YouTube-nya tersedia sebelum tanggal peluncuran event tersebut tiba. Berikut Ponselio lampirkan video livestream YouTube Apple “California Streaming”.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar