Xiaomi 12 Bakal Jadi Ponsel Pertama yang Gunakan Kamera 200MP

Bocoran terbaru dari Digital Chat Station menyebutkan bahwa Xiaomi 12 akan dilengkapi dengan sensor kamera utama Samsung ISOCELL HP1 200MP.

PONSELIO.COM - Samsung baru-baru ini meluncurkan ISOCELL HP1, sensor kamera 200MP pertama untuk smartphone. Sensor ini dilengkapi dengan piksel berukuran 0,64Ξm dan menawarkan resolusi ultra-tinggi dalam paket kecil. Sensor ini juga menjanjikan peningkatan kinerja dalam keadaan cahaya rendah.

ISOCELL HP1 hadir dengan teknologi pixel binning baru yang disebut ChameleonCell, yang memungkinkan sensor untuk beralih tata letak piksel dua kali dua, empat kali empat, atau penuh dengan cepat tergantung pada kondisi pencahayaan.

Sejauh ini, Samsung belum membagikan detail apa pun terkait sensor terbaru ini, termasuk ponsel apa saja yang akan menggunakan ISOCELL HP1. Namun baru-baru ini, terdapat rumor yang menyebutkan sensor ini kemungkinan itu akan tersedia pertama kali di flagship terbaru dari Xiaomi.

Menurut informasi dari Digital Chat Station yang ditulis di Weibo, flagship Xiaomi terbaru akan dilengkapi dengan kamera utama 200MP dan sensor ultra-wide 50MP. Meskipun bocoran ini tidak menyebutkan nama perangkat, namun kemungkinan besar flagship yang di maksud adalah seri Xiaomi 12.

Selain itu, bocoran tersebut mengungkapkan bahwa Xiaomi akan terus menggunakan sensor 108MP dan 64MP untuk flagships kelas menengah dan terjangkau. Dalam beberapa minggu terakhir, terdapat banyak laporan terkait Xiaomi yang disebut akan menggunakan kamera utama 200MP pada Xiaomi 12 Ultra. Namun, Notebookcheck menyebutkan bahwa sensor 200MP akan tersedia pada Xiaomi 12 versi ‘original’, bukan model Pro atau Ultra.

Klaim tersebut didasarkan pada kebiasaan Xiaomi yang biasanya hanya menamkan kamera beresolusi tinggi pada varian ‘original’. Misalnya, Mi 10 dan Mi 11 keduanya menggunakan sensor 108MP, sedangkan Mi 10 Ultra dan Mi 11 Ultra masing-masing menggunakan sensor 48MP dan 50MP.

Untuk mendukung klaim ini, Digital Chat Station juga menyebutkan bahwa Xiaomi sedang mengerjakan tiga ponsel flagship, dan model entry-level akan menggunakan sensor 200MP.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar