Android 12 Beta 5 Bawa Pencarian Menyeluruh di Perangkat

Nantinya, pengguna akan mendapatkan hasil pencarian yang terletak di dalam ponsel meliputi aplikasi, pengaturan, kontak, dan lain-lain.

PONSELIO.COM - Di kebanyakan ponsel Android zaman sekarang, terdapat sebuah bilah pencarian Google yang berada di layar beranda. Ketika mengetikkan sesuatu melalui bilah pencarian tersebut, biasanya pengguna akan dialihkan ke internet, sama seperti ketika menggunakan Google.

Namun, itu mungkin tidak menunjukkan tempat atau menu yang pengguna maksud, yang mana tempat tersebut sebenarnya berada di dalam ponsel itu sendiri, misalnya menu “Keamanan” dari pengaturan. Alih-alih mengantarkan pengguna ke menu Keamanan di pengaturan, pencarian tersebut justru akan mengarahkan pengguna ke pencarian Google. Tentu ini bukan sesuatu yang pengguna inginkan.

Sebelumnya, Google sudah mengonfirmasi bahwa mereka akan menghadirkan sistem pencarian menyeluruh di perangkat pada Android 12. Dan sekarang, Google telah menepati janji tersebut dengan menghadirkannya di Android 12 Beta 5 yang baru saja dirilis.

Pada ponsel Pixel dengan Android 12 Beta 5, pengguna bisa mengakses fitur pencarian baru yang terletak di drawer aplikasi.

Di bagian paling atas drawer akan terdapat bilah pencarian dengan teks “Search your phone and more”. Dan kotak pencarian baru ini tidak akan menampilkan hasil dari situs web lagi, setidaknya secara default.

Akan tetapi, masih belum jelas apakah Google akan menghadirkan fitur pencarian baru ini di sistem antarmuka seperti One UI dan MIUI.

Berikut rangkuman Ponselio mengenai cara bagaimana pencarian di perangkat bekerja pada Android 12:

Cara Kerja Pencarian di Perangkat Pada Android 12

Pertama-tama, pengguna mengetikan kueri atau kata kunci. Kemudian pencarian akan menunjukkan hasil dari seluruh tempat yang ada di dalam ponsel, meliputi aplikasi, berkas, pengaturan, kontak, dan lain-lain.

Lihat tangkapan layar berikut di bawah ini dengan contoh kueri “home”.

Fitur Pencarian Menyeluruh Di Dalam Android 12
Kredit gambar: androidauthority.com

Seperti nampak pada gambar, hal pertama yang muncul di hasil pencarian ialah aplikasi Google Home, yang mana ini tentunya masuk akal. Kemudian, di bawahnya terdapat kontak dengan nama “home”. Dan terdapat dua pintasan cepat untuk mengirim pesan ke kontak tersebut atau melihat halaman lengkap kotaknya.

Di bawahnya lagi, terdapat pintasan ke Google Maps ke lokasi yang bernama “Home”. Ketika menggulir ke bawahnya lagi, pengguna akan menemukan Assistant routines dengan nama “home”, lalu pengaturan yang berkaitan dengan kata “home”, dan lain sebagainya.

Pada hasil pencarian paling bawah, terdapat pintasan pencarian ke Google. Ini berguna apabila pengguna ingin mendapatkan hasil pencarian “Home” dari Google.

Apabila pengguna ingin mengubah jenis hasil pencarian yang ditampilkan, maka pengguna bisa mengubahnya di laman “Search your phone”, di mana di situ pengguna bisa mengaktifkan dan mematikan hasil pencarian dari sumber tertentu.

Karena ini hadir di tahap beta terakhir Android 12, maka sepertinya tidak akan ada banyak perubahan ketika fitur search bar baru ini digulirkan untuk peluncuran stabilnya.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar