HarmonyOS Akan Segera Hadir untuk Ponsel Huawei di Indonesia

Huawei konfirmasi HarmonyOS akan hadir untuk perangkat smartphone di Indonesia dalam waktu enam bulan ke depan.

PONSELIO.COM - Huawei telah memastikan bahwa sistem operasi buatannya, HarmonyOS, akan segera dirilis untuk ponsel Huawei di Indonesia dalam waktu enam bulan ke depan.

“HarmonyOS akan segera hadir di ponsel Huawei di Indonesia.” ujar Country Head Huawei CBG Indonesia, Patrick Ru dalam sebuah konferensi pers virtual, Jumat (10/9).

Sebelumnya, diketahui Huawei sudah memperkenalkan HarmonyOS secara global sejak bulan Juni lalu. Hanya saja, di Indonesia sendiri sistem operasi pengganti Android ini baru hadir untuk perangkat tablet Huawei MatePad 11 saja yang baru dirilis beberapa waktu lalu.

“Sebetulnya kita sudah mengeluarkan HarmonyOS langsung di perangkat terbaru kita MatePad 11 di Indonesia yang pbaru kita launching dua bulan lalu.” ungkap Steven Pongidin selaku Developer Support Manager Huawei Device Indonesia, dalam sesi QnA terpisah di Huawei Developer Day Indonesia, Jumat (10/9)

Ternyata momen ini merupakan momen “cek ombak” yang dilakukan Huawei untuk memeriksa bagaimana respon dan animo masyarakat terhadap sistem operasi buatannya.

“Dari sini kami terus melanjutkan secara perlahan dan bertahap kepada perangkat yang sudah ada di Indonesia” lanjut Steven.

Setelah mengetahui antusiasme masyarakat, barulah Huawei memutuskan menggulirkan sistem operasinya ini untuk perangkat smartphone di Indoensia.

Steven menjanjikan bahwa Huawei akan menggulirkan HarmonyOS dalam enam bulan ke depan.

“Enam bulan ke depan HarmonyOS akan segera hadir dalam perangkat smartphone. Kalau di Indonesia kan sudah ada di tablet MatePad 11. Jadi nanti tunggu saja. Dalam akhir tahun ini atau awal tahun depan, dari pengguna sudah bisa menikmati HarmonyOS di smartphone” pungkasnya.

Kabar baiknya, sementara ponsel baru sudah dipastikan akan menggunakan HarmonyOS, pengguna smartphone Huawei segmen flagship terdahulu juga bisa mencicipi OS ini, terutama pengguna Huawei P40 dan Mate 40.

“Kalau di Indonesia, kami pastikan ponsel lama Huawei, terutama segmen flagship, akan di-update ke HarmonyOS.” tambah Steven.

Sementara itu, pengguna smartphone jadul Huawei nampaknya perlu sedikit khawatir. Pasalnya, Steven mengatakan pihaknya perlu melakukan analisa dan riset lebih lanjut misalnya dari sisi jumlah pengguna.

“Kalau perangkat lama, perlu dilihat seberapa lama perangkat tersebut dirilis. Huawei juga akan melakukan analisa seberapa besar jumlah pengguna untuk ponsel lama ini.” jelas Steven.

Kini, dengan adanya konfirmasi langsung dari Huawei, maka rasa penasaran penggemar dan pengguna perihal kapan masuknya HarmonyOS ke Indonesia sudah terjawab.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar