Dirilis 4 Oktober, Ini Deretan Ponsel Pertama yang Bakal Kebagian Android 12

Menurut Mishaal Rahman, editor in chief XDA Developers, Google berencana merilis Android 12 pada 4 Oktober 2021 mendatang.

PONSELIO.COM - Sistem operasi Android 12 menjadi salah satu hal paling ditunggu bagi pengguna ponsel cerdas tahun ini. Rumor terkait perilisan Android 12 pun sudah lama beredar di dunia maya.

Terbaru, tanggal perilisan Android 12 menjadi perbincangan hangat di media sosial. Hal tersebut bermula dari bocoran yang diberikan editor in chief XDA Developers, Mishaal Rahman, yang menyebut Android 12 bakal diluncurkan di kuartal keempat tahun ini.

Menurut Mishaal Rahman, Google berencana akan merilis Android 12 pada 4 Oktober 2021 mendatang. Di tanggal tersebut, Google secara resmi akan merilis Android 12 Open Source Project.

Android 12 Open Source Project sendiri ditujukan untuk developer atau perusahaan produsen smartphone yang sudah bekerjasama dengan Google dalam pennggunaan Android 12.

Sementara menurut laporan Engadget, ponsel yang pertama kali akan menggunakan Android 12 sudah barang tentu ponsel milik Google, yakni Google Pixel.

Dengan perilisan Android 12, maka hal tersebut juga bisa menjadi penanda jika Pixel 6 buatan Google yang disebut menggunakan sistem operasi Android 12, juga akan segera dirilis.

Sementara itu, untuk produsen ponsel pintar lainnya harus menunggu beberapa bulan sebelum sepenuhnya merilis Android 12. Hal tersebut mengingat perlu adanya adaptasi aplikasi dan sistem terlebih dahulu.

Pada tahun 2020 lalu saat perilisan Android 11, Samsung baru menggunakan Android 11 setelah 3 bulan Google merilisnya. Hal tersebut karena Samsung ingin memastikan jika pembaruan Android 11 tidak bermasalah pada perangkatnya.

Android 12 sendiri diklaim akan menghadirkan beberapa pembaruan yang akan memudahkan penggunanya. Fitur-fitur terbaru Android 12 juga disebut akan mendukung pengguna melakukan berbagai pekerjaan dari rumah.

Sementara hal yang tidak kalah penting dari pembaruan Android 12 ialah dalam perbaikan pengaturan privasi. Di mana pengguna kini bakal lebih mengetahui tentang data diri apa saja yang akan diakses sebuah aplikasi di ponselnya.

Pengguna pun akan mendapat tawaran untuk menyetujui atau tidak, terkait pengaksesan privasi oleh sebuah aplikasi.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar