iOS 14.8 Dirilis, Pengguna iPhone Wajib Perbarui Agar Tidak Disusupi Spyware

Pembaruan iOS 14.8 dihadirkan oleh Apple untuk mengatasi Spyware Pegasus yang disinyalir membuat pengguna akan menerima pesan teks berisi file GIF.

PONSELIO.COM - Apple baru saja merilis pembaruan sistem operasi iOS 14.8. Sebelumnya, pada iOS 14.6 beberapa laporan menyebut adanya bug yang membuat perangkat rawan terserang malware.

Untuk itu, pada pembaruan iOS 14.8. ini, Apple fokus untuk memperbaiki bug tersebut. Apple pun meminta pengguna untuk segera melakukan pembaruan OS ke versi teranyar.

Salah satu yang dibenari Apple ialah bug yang terdapat pada sistem CoreGraphics. Pada laporan Citizen Lab pada Apple awal September lalu, disebutkan ada malware bernama “ForcedEntry” yang berhasil menembus CoreGraphics, di iOS 14.6.

Malware tersebut disinyalir membuat pengguna akan menerima pesan teks berisi file GIF. Padahal, pesan tersebut sebenarnya file PDF atau PSD yang sudah disusupi spyware Pegasus.

Spyware Pegasus sendiri merupakan perangkat lunak berbahaya yang dikembangkan oleh NSO Group, sebuah perusahaan teknologi asal Israel.

Pegasus awalnya digunakan untuk mengintip data-data penting para politisi, jurnalis, aktivis, hingga lembaga pemerintah.

Pegasus bisa menyusup masuk dan mampu mengintip isi percakapan seperti SMS, E-mail, WhatsApp, dan iMessage. Pegasus sempat menghebohkan publik pada 2019 lalu. Saat itu, setidaknya 1.400 perangkat ponsel pintar mendapat serangan pegasus melalui panggilan WhatsApp.

Jika perangkat sudah disusupi Pegasus, maka spyware tersebut bisa mengetahui beberapa catatan penting dalam perangkat. Bahkan, Pegasus disebut mampu mengendalikan perangkat tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Hingga pada Juli 2021, laporan yang dirilis Forbes menyebutkan, spyware Pegasus sudah hinggap di setidaknya 50.000 perangkat di seluruh dunia.

Menanggapi hal ini, Apple pun bergerak cepat dengan membuat pembaruan iOS untuk menutup celah yang selama ini disebut menjadi peluang masuknya spyware.

Apple pun meminta pengguna iPhone yang kompatible agar segera melakukan pembaruan ke iOS 14.8, untuk memastikan keamanan perangkat pengguna.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar