iPhone 13 dan 13 Mini Resmi Meluncur dengan Desain Kamera Baru

Apple resmi merilis iPhone 13 dengan harga mulai dari Rp11,3 juta dan iPhone 13 mini dengan harga mulai dari Rp9,9 juta

PONSELIO.COM - Apple secara resmi merilis produk utamanya di tahun 2021, yakni iPhone 13 pada acara tahunannya yang bertajuk “California Streaming“, Selasa (14/9/2021) waktu setempat atau Rabu (15/9/2021) dini hari WIB. Seperti tahun sebelumnya, iPhone 13 versi entry-level akan hadir dalam dua versi.

Yakni model biasa dengan luas layar 6,1 inci, dan iPhone Mini yang memiliki layar 5,4 inci. Kedua layar dari model iPhone ini menggunakan panel OLED.

Varian Warna Iphone 13 Dan 13 Mini
Kredit gambar: Apple

Sementara itu, dilansir dari The Verge, Rabu (15/9), tidak banyak perubahan tampilan yang terjadi pada iPhone 13. Ponsel terbaru Apple ini pun disebut lebih mirip dengan model iPhone lama seri S.

Meski tidak banyak perubahan yang terjadi secara penampilan, namun Apple sepertinya memberikan beberapa fitur baru yang menjadi penyempurna versi sebelumnya, iPhone 12.

Spesifikasi iPhone 13 dan iPhone 13 Mini

Iphone 13 Dan 13 Mini
Kredit gambar: Apple

Kedua ponsel ini akan menggunakan layar OLED Super Retina XDR. Apple juga membekali kedua layar ponsel ini dengan perlindungan Ceramic Shield, yang juga digunakan pada iPhone 12.

Untuk dapur pacu, kedua ponsel ini menggunakan chipset A15 Bionic 5nm, dengan CPU 6-core baru. 6 core tersebut terdiri dari dua core berkinerja tinggi, dan empat core efisiensi tinggi, yang diklaim Apple memiliki kinerja 50 persen lebih baik dibanding ponsel manapun.

Untuk GPU ponsel ini, menggunakan GPU 4-core, yang disebut 30 persen lebih unggul dari ponsel manapun.

Untuk ketahanan fisik iPhone 13 dan 13 Mini, keduanya sudah mengantongi sertifikat IP68, yang disebut teruji dengan ketahanan air 6 meter selama 30 menit.

Iphone 13 2021
Kredit gambar: Apple

Salah satu keunggulan seri iPhone 13 ialah dalam segi kamera. Kedua ponsel ini dibekali dengan kamera wide 1,7 mikron pixels, dengan aperture f/1.6. Dengan sensor tersebut, Apple mengklaim kamera iPhone 13 dan 13 mini akan 47 persen lebih banyak mengumpulkan cahaya, dan meminimalisir noise.

Tidak hanya itu, ponsel ini juga dibekali dengan sensor-shift stabilization, yang sebelumnya digunakan pada iPhone 12 Pro Max. Dengan sensor ini, bidikan kamera akan jauh lebih stabil.

Mode Video Sinematic Iphone 13
Kredit gambar: Apple

Apple juga membekali kedua varian ponsel ini dengan mode video sinematic. Di mana saat perekaman video, fokus bisa diubah selama dan setelah proses perekaman. Pengguna juga bisa mengatur tingkat bokeh di aplikasi Photo iMovie untuk iOS.

Yang menarik dari kamera iPhone 13 dan iPhone 13 Mini ialah tata letaknya, yang disusun secara diaginal. Padahal, Apple biasanya menyusun kamera dengan posisi vertikal.

Harga iPhone 13 dan 13 Mini

Mengutip dari Apple.com, Rabu (15/9) untuk iPhone 13 dibanderol dengan harga mulai dari 799 USD atau sekitar Rp11,3 juta. Sementara untuk iPhone 13 Mini dibanderol dengan harga mulai dari 699 USD atau sekitar Rp9,9 juta.

Harga setiap varian akan berbeda-beda tergantung kapasitas penyimpanan yang dibawa ponsel tersebut. Setidaknya Apple menawarkan konfigurasi penyimpanan 128GB, 256GB dan 512GB, untuk kedua varian iPhone 13 ini.

Untuk pre-order sendiri akan dimulai pada 17 September, dan akan mulai tersedia di pasaran pada 24 September.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar