Samsung Galaxy S21 Ultra Dapatkan Dukungan eSIM dari One UI 4

Varian Samsung Galaxy S21 Ultra di wilayah Amerika Serikat mendapatkan dukungan eSIM setelah menjalankan One UI 4.0.

PONSELIO.COM - Samsung mulai gulirkan dukungan eSIM untuk Galaxy S21 Ultra yang menjalankan sistem operasi One UI 4.0 berbasis Android 12 di Amerika Serikat.

Hal ini dikonfirmasi oleh Alex Dobie dari Android Central. Perangkat Samsung Galaxy S21 Ultra versi US miliknya telah mendapatkan opsi untuk eSIM, sebagaimana dikutip dari Android Central pada Jumat (17/9).

Sebenarnya, ini bukan fitur yang mengejutkan, mengingat Galaxy Note 20 Ultra juga mendapatkan dukungan eSIM dari T-Mobile lebih awal pada tahun ini bersamaan dengan pembaruan keamanan.

Munculnya dukungan eSIM ini bersamaan dengan digulirkannya program One UI 4.0 beta pertama untuk Galaxy S21 Series di wilayah Eropa dan Amerika Serikat pada hari Selasa (14/9) lalu.

Untuk diketahui eSIM memungkinkan pengguna smartphone menggunakan layanan jaringan selular tanpa memerlukan kartu SIM fisik. Pengguna hanya perlu menyediakan nomor unik dari eSIM kepada provider atau memindai kode QR untuk mengaktifkan layanannya.

Sebelumnya, dilaporkan fitur dukungan eSIM sendiri memang disebut pada laman pertanyaan yang sering diajukan Samsung untuk Galaxy S21 Series. Akan tetapi, fitur tersebut masih belum tersedia untuk versi Amerika Serikat hingga akhirnya sekarang dirilis.

Sebagai informasi tambahan, opsi eSIM sendiri sudah tersedia untuk kebanyakan perangkat Apple, dimulai dari model iPhone 2018. Jadi, perilisannya untuk perangkat flagship Samsung tentu adalah sebuah hal yang masuk akal meskipun sedikit lebih telat.

Bukan tanpa alasan dukungan eSIM hanya diperuntukkan bagi Galaxy S21 Ultra versi Amerika. Pasalnya, varian Galaxy S21 di luar Amerika sudah dibekali dengan dualSIM trays sementara varian Amerika hanay mendukung kartu SIM nano.

Oleh sebab itu Android 12 mengaktifkan dukungan eSIM untuk lini Galaxy S21 agar bisa menggunakan mode dual SIM.

Sejak berita ini dirilis, program beta One UI 4.0 sendiri sudah menyentuh pasar Amerika Serikat, Korea Selatan, Cina, Jerman, dan Polandia.

Adapun pembaruan kali ini membawa beberapa konfigurasi baru pada layar beranda, wallpaper, ikon baru, dan emoji AR yang diperbarui. Terdapat juga indikator notifikasi baru yang akan memberitahu pengguna ketika ada aplikasi yang menggunakan kamera dan mikrofon.

Menurut GSM Arena, seri Samsung Galaxy S21 sendiri akan menerima pembaruan Android 12 stabil di ujung fase program betanya. Sebelumnya, dilaporkan Google akan merilis Android 12 source code AOSP (Android Open Source Project) pada tanggal 4 Oktober mendatang meski hal ini belum dikonfirmasi secara resmi oleh perusahaan.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar