OPPO Siap Rilis ColorOS 12, Program Beta Dimulai Bulan Oktober

ColorOS 12 akan bawa fitur baru FlexDrop, perubahan desain, animasi yang lebih halus, kemanan dan privasi yang lebih baik.

PONSELIO.COM - OPPO siap luncurkan ColorOS 12 dalam waktu dekat ini. Untuk program beta perangkat lunak terbaru OPPO ini, akan mulai dirilis pada Oktober mendatang.

Oppo juga merilis daftar ponsel mereka yang akan mendapatkan pembaruan ColorOS 12. Setidaknya, menurut laporan dari Gizmochina, separuh dari perangkat yang kompatibel dengan pembaruan ColorOS 12, akan mendapatkannya di akhir tahun 2021 ini.

Sementara untuk jadwal yang dikonfirmasi perusahaan OPPO, beberapa ponsel unggulan seperti OPPO Find X3 dan OnePlus 9, akan mendapatkan pembaruan ColorOS 12 berbasis Android 12 pada bulan Oktober.

Sementara untuk seri selanjutnya, OPPO Find X2 dan OPPO Reno6, akan mendapatkan pembaruan pada bulan November. Kemudian disusul dengan seri OPPO Ace2, OPPO Reno5, dan beberapa seri OPPO K/A akan mendapatkan pembaruan pada bulan Desember.

Terakhir, seri OPPO Reno yang tersisa hingga generasi ketiga, OPPO K/A tertentu, OPPO Ace asli, dan ponsel OnePlus hingga generasi ke-7 dan 9R, akan mendapatkan pembaruan pada awal tahun 2022.

Pada pembaruan ColorOS 12 ini, ada beberapa fitur yang disebut akan menyesuaikan dengan Android 12 yang akan dirilis dalam waktu dekat juga. Berikut rangkuman Ponselio mengenai beberapa pembaruan yang ada di ColorOS 12.

Peningkatan Tampilan

Avatar Emoji Di Coloros 12
Krdeit gambar: XDA Developers

OPPO memberi peningkatan cukup drastis pada desain di ColorOS 12. Perusahaan merombak UI dengan konsep infinite desain, dengan ikon yang didesain ulang, animasi, dan emoji baru.

Kulit Android pada ColorOS 12 akan menampilkan ikon akrilik berbentuk tupai yang memiliki bentuk konsisten di seluruh papan.

OPPO juga mengatur ulang penempatan elemen UI di ColorOS 12, sehingga tampilan lebih terlihat sederhana.

Fitur FlexDrop

Salah satu fitur terbaru dari ColorOS 12 ialah adanya FlexDrop. Fitur ini mampu mendorong multitasking perangkat, dan memungkinkan pengguna menyeret aplikasi dengan gerakan sederhana.

Pengguna juga bisa beralih antar full tampilan layar, jendela kecil, dan mode jendela mini.

Animasi dan Peningkatan Kerja yang Lebih Halus

Tampilan Coloros 12
Kredit gambar: XDA Developers

Pada pembaruan ColorOS 12, OPPO juga memberikan animasi yang lebih banyak. Setidaknya, dengan mengemas Mesin Animasi Quantum OPPO, fitur ini akan menghadirkan 300 animasi di ColorOS 12.

Tidak hanya itu, pengguna juga disebut akan mendapatkan pengalaman menjelajah yang lebih mulus.

Peningkatan Keamanan dan Privasi

OPPO juga kini memperketat segi keamanan dan privasi perangkat penggunanya. Pada ColorOS 12, pengguna akan diberi tahu aplikasi mana saja yang mengakses mikropon, kamera, atau lokasi perangkat.

Tidak hanya itu, pada pembaruan keamanan dan privasi ColorOS 12, perangkat lunak ini akan mencegah aplikasi pihak ketiga untuk mengumpulkan data pengguna.

Dengan pembaruan di atas yang terbilang cukup penting, OPPO berharap pembaruan ColorOS 12 ini bisa dinikmati pengguna yang lebih luas. Bahkan OPPO menargetkan ColorOS 12 bisa dinikmati lebih dari 150 juta pengguna.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar