Apple Segera Rilis iOS 15, Ini Deretan Fitur Barunya untuk iPhone

Deretan fitur baru dihadirkan oleh Apple pada iOS 15, mulai dari Facetime yang layaknya Zoom dan Google Meet, hingga Widget baru yang tampil lebih ciamik.

PONSELIO.COM - Pembaruan sistem operasi terbaru Apple untuk iPhone, iOS 15, akan dirilis pada hari Senin (20/9). Sistem operasi terbaru ini juga menjadi standar pada iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max, ponsel terbaru dari Apple yang baru saja diluncurkan pada event “California Streaming” kemarin.

Deretan fitur baru dihadirkan oleh Apple pada iOS 15. Dan jika Anda penasaran dengan fitur-fitur terbaru dari iOS 15, berikut Ponselio sajikan daftar fitur baru yang dapat Anda nikmati di iOS 15.

FaceTime dengan Pengguna Android dan Windows

Apple dikenal sebagai sistem tertutup; fitur seperti iMessage dan FaceTime secara khusus hanya bisa digunakan untuk sesama pengguna iOS. Namun berbeda dengan iOS 15, karena Apple sekarang memungkinkan para penggunanya mengundang pengguna non-iPhone ke panggilan FaceTime.

Meskipun begitu, aplikasi FaceTime tidak akan tersedia untuk pengguna Android atau Windows. Sebagai gantinya, para pengguna iPhone perlu membuat tautan untuk panggilan FaceTime dan membagikan tautan tersebut ke pengguna non-iPhone.

Facetime Layaknya Zoom dan Google Meet

Saat ini, aplikasi Zoom dan Google Meet banyak digunakan untuk keperluan meeting dan belajar online. Dengan iOS 15, Facetime nantinya akan memiliki fitur-fitur layaknya Zoom dan Google Meet.

Shared with You

Shared with You adalah fitur yang dihadirkan Apple untuk mengelompokkan semua hal yang dikirim orang kepada Anda melalui Pesan. Anda akan menemukan bagian ‘Dibagikan’ dengan Anda di aplikasi seperti Foto, Safari, Apple News, Apple Music, Apple Podcast, dan app Apple TV.

Setiap kali seseorang mengirimi Anda foto, tautan web, atau podcast, Anda akan menemukan saran tersebut di bagian ‘Dibagikan’ dengan Anda di aplikasi yang sesuai.

Simpan foto dari Pesan

Salah satu fitur baru yang cukup menarik di iOS 5 adalah kemampuan untuk menyimpan foto dari Pesan. Dengan fitur ini, Anda dapat menyimpan foto yang dikirimkan seseorang kepada Anda dengan mudah.

Fitur Baru Memoji

Memoji mendapatkan pembaruan besar pada iOS 15. Anda dapat menyesuaikan avatar Anda dengan lebih dari 40 pilihan pakaian yang berbeda, dua warna mata yang berbeda, kacamata baru, sembilan stiker baru, hiasan kepala warna-warni, serta opsi aksesibilitas baru, termasuk implan koklea, tabung oksigen, atau helm lembut.

Notifikasi

Jika Anda notifikasi yang sangat banyak, fitur baru yang terdapat di iOS 15 ini akan sangat menarik untuk Anda. Apple merancang sistem yang mengelompokkan semua peringatan atau notifikasi menjadi ringkasan yang nyaman untuk Anda telusuri di waktu luang.

Mode Fokus

Mode Fokus sedikit berbeda dengan mode ‘jangan ganggu’. Dengan mode fokus, Anda dapat menonaktifkan notifikasi aplikasi tertentu. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur “profil” yang berbeda, tergantung pada waktu dan lokasi Anda, untuk memblokir pemberitahuan dari aplikasi dan kontak tertentu agar tidak masuk.

Misalnya, Anda dapat mengatur mode Fokus Kerja untuk hanya mengizinkan pemberitahuan dari aplikasi seperti Slack dan Gmail, serta peringatan dari rekan bisnis.

Live Text

Fitur ini menggunakan pengenalan karakter optik (OCR) untuk memindai teks dengan iPhone viewfinder, serta teks di Foto, Tangkapan Layar, Tampilan Cepat, dan Safari. Anda kemudian dapat berinteraksi dengan teks itu di iPhone Anda; Anda dapat menyalin dan menempelkannya ke aplikasi lain di ponsel Anda, atau gunakan “Cari” untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa teks tersebut.

Translate (hampir) Semua Teks yang ada di iPhone

Saat Anda memperbarui iPhone Anda ke iOS 15, Anda akan mendapatkan fitur baru untuk menerjemahkan hampir semua teks yang Anda temui. Membaca artikel dalam bahasa lain? Cukup sorot teks dan pilih opsi “Terjemahkan” dari menu pop-up. Anda juga dapat mengatur terjemahan offline jika Anda tidak ingin data terjemahan Anda melalui server Apple.

Alerts Reminder

Fitur ini merupakan fitur yang dapat mengingatkan Anda ketika ada barang penting yang tertinggal. Misalnya ketika Anda sedang terburu-buru untuk berangkat ke kantor dan tanpa sengaja meninggalkan MacBook atau iPad Anda di rumah.

Background Sounds

Fitur background sounds terbaru Apple memungkinkan Anda memilih opsi untuk memainkan suara berbeda di iPhone Anda. Anda dapat memilih dari tiga jenis pilihan bacrkground, yakni white noise, rain, atau stream. Gunakan suara latar ini untuk tetap fokus saat Anda bekerja atau belajar, atau untuk tetap tidur sepanjang malam.

Penandaan dan Daftar Cerdas

Fitur ini terdapat pada catatan dan pengingat. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menambahkan tag ke pengingat dan catatan Anda untuk membantu menjaga entri serupa tetap teratur. Tak hanya sebatas itu, Anda juga dapat menggunakan fitur Daftar Pintar untuk secara cerdas mengelompokkan item yang diberi tag ini bersama-sama secara otomatis.

Ukuran Teks Aplikasi

iOS 15 memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengubah ukuran teks per aplikasi melalui Kontrol Tengah. Ini adalah cara yang bagus untuk menyesuaikan pengalaman Anda dalam menggunakan semua aplikasi yang terdapat di iPhone Anda.

Tampilan Normal Safari

Perubahan tampilan pada Safari kurang disukai beberapa orang. Beberapa pengguna menyebutkan tampilan baru Safari kurang nyaman digunakan. Untungnya, iOS 15 memungkinkan Anda mengembalikan tampilan Safari ke tampilan awal.

Kustomisasi ‘Start Page’ Safari

iOS 15 Anda memungkinkan Anda memilih latar belakang khusus untuk Halaman Awal. Anda juga dapat mengatur kategori yang muncul di sana, seperti Favorit, Sering Dikunjungi, Dibagikan dengan Anda, Laporan Privasi, Saran Siri, Daftar Bacaan, dan Tab iCloud .

Ekstensi untuk Safari

Sama seperti yang terdapat iPadOS 15, Anda sekarang dapat menambahkan dan menggunakan ekstensi ke Safari yang terdapat di iPhone Anda.

iCloud Private Relay

iCloud Private Relay adalah salah satu fitur utama yang terdapat di iOS 15. Fitur ini sangat berguna untuk menjaga privasi Anda di internet layaknya VPN. Namun iCloud Private Relay bukanlah VPN, karena fitur ini tidak mengubah rute lalu lintas Anda di internet.

Pembaruan Memories

Fitur memories merupakan fitur yang memungkinkan Anda melihat gambar dan video yang Anda ambil di iPhone Anda secara berbeda selama bertahun-tahun. Pada iOS 15, Apple menambahkan banyak fitur baru untuk membuat Memori menjadi lebih baik. Misalnya saja Anda dapat menambahkan lagu dari Apple Music atau saran lagu untuk mengiringi gambar Anda.

Terdapat pula 12 tampilan baru, dan antarmuka interaktif; tampilan jelajah baru memudahkan untuk mengedit Memori; dan “Tonton berikutnya” memberi tahu Anda Kenangan mana yang bagus untuk dilihat setelah yang sekarang berakhir.

iCloud+ Berikan Layanan Akun Email Burner

Layanan Apple iCloud+ (akun iCloud berbayar apapun) dengan iOS 15 akan memungkinkan Anda membuat sebuah akun email acak yang dialihkan kembali ke akun asli Anda.

Anda bisa menghapus akun email burner tersebut kapanpun yang Anda, jadi Anda memegang semua kendalinya.

Kontak Pemulihan

Fitur baru di iOS 15 ini memungkinkan Anda menetapkan satu atau beberapa kontak untuk menjadi “kunci” akun Anda, jika Anda kehilangan akses ke Apple ID Anda. Kontak yang Anda tetapkan sebagai kontak pemulihan ini tidak akan memiliki akses ke data Anda, kontak ini hanya dapat mengirimkan kode jika Anda memintanya, dan kode itu dapat membantu Anda masuk kembali ke akun Apple ID Anda.

Bagikan Apapun Melalui iMessage dengan Siri

Apabila Anda sedang melihat foto yang kemudian ingin membagikannya kepada teman, atau membaca sebuah artikel yang mungkin keluarga Anda juga ingin membacanya, Anda tidak perlu menggunakan fungsi bagikan di iPhone lagi.

Karena jika Anda menggunakan iOS 15, maka Anda cukup menggunakan Siri untuk membagikan semua hal tersebut melalui iMessage.

Pembaruan Cuaca

Fitur iOS 15 berikutnya adalah pembaruan pada aplikasi Cuaca atau Weather. Aplikasi Cuaca yang baru mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan, animasi yang menakjubkan, peta cuaca full-screen, dan peringatan presipitasi pada jam-jam berikutnya.

Widget Baru

Dilansir dari HaloBogor.id, iOS 15 menghadirkan enam widget baru, termasuk Find My Contacts, Game Center, App Store, Sleep, dan Mail. Apple juga telah mengubah beberapa fungsi widget: Anda sekarang dapat menyusun ulang Smart Stacks, ada tata letak widget default baru, dan sekarang ada saran widget cerdas di Smart Stacks.

Aplikasi Terjemah Hadirkan Percakapan yang Lebih Natural

Ketika menggunakan aplikasi Translate atau Terjemah, sekarang Anda dapat memilih tampilan split-view, yang mana akan menampilkan Anda setengah dari percakapan dan setenganya lagi kepada lawan bicara.

Dengan begitu, Anda dapat berbicara sambil tetap melihat satu sama lain, dan tetap memahami apa yang orang lain bicarakan.

Penyimpanan iCloud Sementara untuk Migrasi ke iPhone Baru

Anda tidak perlu membayar lebih untuk iCloud jika hanya ingin mencadangkan data dari iPhone lama untuk yang baru. Apple akan memberikan Anda penyimpanan tanpa batas sementara untuk mencadangkan data iPhone lama, kemudian memberikan Anda waktu tiga minggu untuk memulihkannya di iPhone baru.

Find My Mendapatkan Dukungan AirPads Pro dan Max

Dengan iOS 15, AirPods Pro dan AirPods Max Anda dapat memperbarui lokasinya di jaringan Find My, selama mereka berada di jarak yang cukup dekat dengan perangkat Find My lainnya.

Ini mungkin tidak sebaik apabila mereka bisa terhubung ke internet sendiri, tapi tentu pembaruan ini akan memberikan Anda lokasi yang lebih akurat.

Tambahkan Banyak Kunci Digital ke Wallet

Fitur Wallet atau Dompet di iOS merupakan pusat untuk kunci digital di hidup Anda. Simpan kunci untuk rumah, hotel, kantor, atau mobil Anda di situ dan gunakan aplikasi yang sama yang Anda gunakan untuk Apple Pay.

Pembaruan Apple Map yang Lebih Bermanfaat

Aplikasi peta Apple, Apple Map mendapatkan banyak perubahan tahun ini termasuk desain 3D yang seru dan menarik. Anda juga akan menemukan petunjuk arah berjalan yang menggunakan AR. Dan bagi Anda yang tinggal di kota, Apple Map memberikan informasi transit terbaru, termasuk kapan pemberhentian Anda akan datang.

Akses Spotlight Langsung dari Kunci Layar

Spotlight kini tersedia langsung dari layar kunci. Swipe Wallpaper tanpa membuka kunci iPhone Anda, dan Anda akan mendaaptkan akses ke pencarian dan Siri Suggestions.

Sekarang Passwords Adalah Authenticator

Passwords atau yang dikenal juga sebagai iCloud Keycharin merupakan cara yang bagus untuk mengelola banyak password Anda dari berbagai perangkat iCloud yang terkoneksi.

Dengan iOS 15, sekarang Anda bisa menyetel kode verifikasi di Passwords. Itu berarti Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga jika sebuah aplikasi atau situs web membutuhkan autentikasi dua langkah.

Dapatkan Pembaruan Keamanan Tanpa Harus Install iOS 15

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi salah satu fitur baru iOS 15 adalah memungkinkan Anda untuk tetap menggunakan iOS 14 di iPhone.

Ketika pembaruan tersedia, seperti biasa Anda akan melihat opsi untuk mengunduh dan menginstall iOS 15. Namun, akan terdapat juga sebuah opsi untuk tetap menggunakan iOS 14, melewati pembaruan terbaru.

Jika Anda memilih opsi tersebut, Apple akan membiarkan Anda menginstall pembaruan keamanan untuk iOS 14. Dengan begitu, Anda tetap bisa membuat iPhone Anda menggunakan versi iOS yang diinginkan tanpa harus mengorbankan keamanannya.

5G Akan Digunakan Jika WiFi Terlalu Lambat

Apabila Anda menggunakan iPhone 12 atau iPhone 13, Anda mungkin akan lebih sering menyadari kecepatan internet yang lebih cepat. Itu karena iOS 15 memungkinkan jaringan 5G mengambil alih kapan saja jika koneksi WiFi Anda terdeteksi terlalu lambat.

SharePlay Dibuat Terpisah (Tertunda)

Ketika di dalam panggilan FaceTime, Anda dapat menggunakan SharePlay untuk membagikan semua jenis media bersama. Dengan begitu, Anda dapat saling menonton dan mendengarkan dari sumber konten yang sama melalui speaker atau headphone, alih-alih dari audio yang berasal dari TV seseorang dan melalui mikrofon yang terdengar buruk.

Anda dapat menonton sebuah film atau TV show dengan semua anggota panggilan video; mendengarkan lagu yang sama di saat yang sama; membagikan layar Anda sehingga semua bisa melihat apa yang terjadi; dan lebih banyak lagi.

Anda bahkan bisa menambahkan lagu ke antrian musik yang dibagikan, jadi semua orang memiliki akses untuk bisa memilih ingin mendengarkan lagu apa selanjutnya.

iPhone Bisa Dijadikan Sebagai ID (Tertunda)

Impian hidup bebas dompet nampaknya akan semakin menjadi nyata. Apple mendorong hal itu dengan pembaruan terbarunya, setidaknya ketika fitur tersebut muncul.

Anda akan segera bisa menambahkan ID negara Anda ke Wallet, terutama untuk digunakan saat perjalanan udara. Apple tengah bekerja dengan TSA untuk menyiapkan sistem ini, jadi ini akan sesederhana seperti menggunakan SIM Anda atau bentuk ID lainnya.

Laporan Privasi Aplikasi

Fitur hebat iOS 15 lainnya yang saat ini masih tertunda adalah Laporan Privasi Aplikasi. Fitur ini merupakan sebuah pengaturan yang pada dasarnya memungkinkan pengguna melaporkan aplikasi apa yang memiliki akses ke informasi sensitif seperti kamera, foto, mikrofon, lokasi, dan kontak.

Digital Legacy Program: Legacy Contacts (Tertunda)

Dalam waktu dekat, iOS 15 akan memungkinkan Anda mengatur Legacy Contacts untuk akun Anda Kontak ini akan bertanggung jawab mengelola Apple ID Anda dan data di dalamnya setelah Anda meninggal. Memang bukan fitur yang begitu menyenangkan, tetapi fitur penting yang diharakan bisa segera digunakan.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar