Xiaomi Pad 5 Pro Tidak Dijual di Indonesia, Ini Alasannya

Xiaomi tidak ikut menjual Pad 5 Pro di Indonesia karena kelangkaan chipset dan harganya yang dinilai kurang cocok untuk pasar Indonesia.

PONSELIO.COM - Pada acara peluncuran virtual yang berlangsung Jumat (17/9/2021) kemarin, Xiaomi merilis produk-produk terbarunya termasuk Redmi 10 dan tablet terbaru mereka, Xiaomi Pad 5. Hanya saja, Xiaomi hanya memboyong model Pad 5 ke pasar Indonesia, sementara Pad 5 Pro tidak ikut dipasarkan.

Ada dua alasan Xiaomi Pad 5 Pro tidak tersedia di Indonesia. Alasan yang pertama adalah karena langkanya pasokan chipset saat ini.

“Pertama, saat ini sedang terjadi krisis chip semikonduktor. Sehingga kalau kami membawa Pad 5 Pro maka volume penjualan akan terganggu,” beber Alvin dalam jumpa pers jelang peluncuran Xiaomi Pad 5 dan Redmi 10 tersebut.

Diketahui, sejak kuartal ketiga 2020 memang banyak perusahaan yang terkena imbas kelangkaan chip ini, termasuk Xiaomi.

“Sejak kuartal-III 2020, banyak perusahaan yang kena imbas kelangkaan chip. Sehingga, apabila kami memboyong banyak model (Xiaomi Pad 5 dan 5 Pro), ketersediaan stok untuk masing-masing produk kemungkinan tak akan bisa terpenuhi,” lanjut Alvin .

Alasan keduanya berhubungan dengan harga. Harga Xiaomi Pad 5 Pro memang lebih mahal dibandingkan model biasanya. Menurut Alvin, harga Xiaomi Pad 5 Pro kurang cocok untuk pasar Tanah Air nantinya, sehingga hanya akan ada sedikit konsumen yang dapat membelinya.

“Kami sadar bahwa versi Pro dinanti para fans, tapi kami harus membuat pengorbanan dari segi harga. Jadi, setelah diskusi panjang lebar, kami memutuskan kali ini kami tidak akan menghadirkan Xiaomi Pad 5 Pro (ke Indonesia)” tutur Alvin.

Perbedaan Xiaomi Pad 5 dan Pad 5 Pro

Dari segi tampilan, Xiaomi Pad 5 dan Pad 5 Pro tidak jauh berbeda. Sama-sama menggunakan layar berpanel IPS LCD dengan ukuran 11 inci dan memiliki resolusi WQHD Plus.

Layarnya juga sama-sama bezel-lezz dan sudah mendukung refresh rate 120Hz dengan tingkat kecerahan hingga 650 nits, tingkat kerapatan piksel 275 ppi, HDR10, dan Dolby Vision.

Perbedaan mencolok terdapat di System-on-Chip yang digunakannya, Xiaomi Pad 5 mengusung Snapdragon 860 dengan kecepatan2,96 GHZ, sementara Xiaomi Pad 5 Pro diotaki Snapdragon 870 dengan kecepatan mencapai 3,2 GHZ.

Kemudian, alih-alih hanya memiliki satu kamera seperti model biasa, Xiaomi Pad 5 Pro dibekali dua kamera yang terdiri dari kamera utama 50MP (varian 5G)/13MP (varian Wi-Fi only) dan kamera depth sensor 5MP.

Dan perbedaan spesifikasi lainnya terletak di speaker yang lebih banyak dua kali lipat pada model Pro, yakni hingga delapan buah. Tetapi, dari segi kapasitas baterai, Pad 5 reguler lebih unggul dengan 8720 mAh sementara Pad 5 Pro hanya memiliki kapasitas baterai 8600 mAh.

Akan tetapi, fast charging Pad 5 Pro jauh lebih cepat hingga 67 Watt. Sedangkan model Pad 5 biasa hanya dapat mencapai angka 22,5 Watt.

Terakhir, Xiaomi Pad 5 Pro tersedia dalam model 5G dan Wi-Fi. berbeda dengan Xiaomi Pad 5 biasa yang hanya tersedia dalam model Wi-Fi only tanpa koneksi selular.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar