Google Pixel 6 Pro Disebut Akan Mendukung Fast Charging 33W

XDA Developers dapat mengonfirmasi Google Pixel 6 Pro akan mendukung fast charging 33W, tapi charger tidak termasuk di dalam box.

PONSELIO.COM - XDA Developers dapat mengonfirmasi bahwa Google Pixel 6 Pro akan mendukung pengisian cepat 33W berdasarkan informasi dari sumber internalnya yang memiliki akses terhadap Pixel 6 Pro.

Informasi ini menandai ponsel Google Pixel selanjutnya tidak akan mengisi daya selambat model sebelumnya. Diketahui Google membekali ponsel pertama Pixel di tahun 2016 dengan pengisi daya USB-C dengan kecepatan 18W di dalam box untuk setiap modelnya.

Sama seperti Apple dan Samsung, alih-alih mengirimkan pengisi daya yang super cepat seperti tren yang diciptakan vendor dari Cina, Google memilih untuk tetap menggunakan pengisi daya USB PD 18W yang sama dari tahun ke tahun. Tapi, tampaknya hal itu akan berubah tahun ini dengan peluncuran Google Pixel 6 Series.

Setidaknya, satu model yang diyakini Pixel 6 Pro akan mendukung pengisian kabel 33W, dikutip dari XDA Developers, Senin (21/9/2021).

Sebenarnya rumor ini sudah beredar sejak bulan lalu yang dihembuskan oleh leaker Yogesh Brar kepada 91Mobiles. Ia mengklaim Pixel 6 series yang akan datang akan mendukung fast charging 33W. Akan tetapi, bukti rumor tersebut saat itu masih belum cukup kuat.

Sang leaker mengklaim bahwa “sumbernya yang berasal dari Google” melihat kepala pengisi daya 33W di kantor pusat perusahaan di Mountain View, tetapi mereka tidak secara langsung menyebut bahwa pengisi daya itu benar-benar untuk ponsel Pixel yang baru.

Selain itu, leaker tersebut dinilai memiliki rekam jejak yang kurang tepat dalam hal membocorkan Google Pixel.

Tapi sekarang, dengan adanya konfirmasi dari XDA Developers tampaknya rumor tersebut benar.

Tidak berhenti di situ, sebuah situs pengatur label ponsel yang akan dikapalkan di Taiwan, NCC juga mendukung rumor ini.

Informasi mengenai pengisian daya yang didukung Pixel 6 Pro nampak di situs tersebut.

Pada gambar sebelah kiri, dapat dilihat label regulatory yang mensertifikasi Pixel 6 Pro di Taiwan. Dan pada gambar sebelah kanan, terdapat isian formulir dari situs NCC. Di bagian bawah label regulatory, dapat dilihat bahwa Pixel 6 Pro akan mendukung kecepatan pengisian daya: 5V/3A (15W), 9V/2A (18W), 9V/3A (27W), dan 11V/3A (33W).

Dari ketiga label regulatory untuk varian Pixel 6 Pro, hanya satu yang disertifikasi oleh situs listing Taiwan ini, jadi tidak dapat dipastikan apakah varian lainnya akan mendukung pengisian 33W juga.

Akan tetapi, nampaknya tidak akan ada perbedaan dalam hal kecepatan pengisian daya di antara ketiga varian tersebut. Jadi, aman untuk berasumsi bahwa semuanya akan mendukung kecepatan pengisian 33W.

Terlepas dari model Pixel 6 Pro mana yang akan mendukungnya, Google dikabarkan tidak akan ikut memberikan pengisi daya 33W di dalam box dengan ponsel.

Perusahaan dari Amerika Serikat tersebut cenderung akan menjual pengisi daya 33W secara terpisah, meski harganya masih belum diketahui.

Rumor lain mengatakan, bersamaan dengan perilisan ponsel Pixel 6 Series, Google juga akan meluncurkan Pixel Stand, pengisi daya nirkabel baru dari Google yang akan mendukung 23W wireless charging. Perilisan Pixel Stand baru ini juga didukung kuat oleh kabar Google Pixel 6 akan mendukung 23 wireless charging.

Baik pengisian kabel 33W maupun nirkabel 23W relatif jauh lebih lambat dibandingkan dengan pengisi daya yang ditawarkan perusahaan pembuat smartphone lain seperti Xiaomi yang menciptakan pengisi daya hingga 120W, akan tetapi nampaknya pengisi daya dari Google ini jauh lebih aman.

Terdapat teori bahwa kecepatan pengisian daya yang terlalu cepat dapat menurunkan masa pakai baterai. Jadi, pengisian daya 33W mungkin dapat membuat Pixel 6 Series jauh lebih awet, terlebih lagi kabarnya Google juga akan memberikan pembaruan software hingga 5 tahun untuk Pixel 6.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar