Google Pixel 6 Lulus Sertifikasi FCC, Rilis Sebentar Lagi

Ponsel Google yang diyakini sebagai Pixel 6 Series terlihat sudah lulus uji sertifikasi FCC, menandakan perilisannya sebentar lagi.

PONSELIO.COM - Dua ponsel teranyar Google, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro dikabarkan telah lulus uji sertifikat dari Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat.

Meskipun dalam dokumen yang bocor ke publik tidak disebutkan secara langsung merek dari ponsel yang dimaksud, namun beberapa leaker berpendapat jika sertifikat tersebut milik Google Pixel 6 Series.

Perangkat yang masih dinamai “Phone” tersebut diyakini merupakan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, sebagaimana dilansir dari Android Police, Rabu (22/9/2021).

Tidak hanya itu, dalam dokumen sertifikat itu juga tertulis dukungan standar Wi-Fi 6E baru dengan dukungan mmWave 5G. Sebagai pengingat, Google Pixel 5a tidak mendukung salah satu opsi konektivitas tersebut.

Artinya, cukup besar kemungkinan jika dokumen sertifikat FCC yang beredar memang benar milik Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Sebelumnya, Google memang sempat menyebut jika Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akan segera melakukan uji FCC sebagaimana persyaratan yang berlaku di negara tersebut.

Dalam pengajuan sertifikasi di FCC, terdapat beberapa model dengan nomor (G8V0U/GF5KQ, dan GLU0G) yang menunjukkan dukungan Ultra-Wideband (UWB), kemungkinan besar ini merupakan kode untuk Pixel 6 Pro.

Dalam data pengajuan sertifikasi FCC juga tercatat ponsel mendukung transfer daya nirkabel, atau pengisian nirkabel terbalik yang juga ditemukan di beberapa ponsel Android papan atas.

Sementara untuk bocoran konektivitas yang menujukkan perangkat Pixel 6 dan 6 Pro, masih menjadi perdebatan. Diprediksi mmWave 5G akan digunakan untuk kedua ponsel ini di varian tertentu.

Untuk Pixel 6 Pro ada dua model yakni GLU0G dan G8VOU. Perbedaan keduanya ialah, satu varian mendukung konektivitas mmWave 5G, sementara yang lainnya tidak.

Hal yang sama juga berlaku pada Pixel 6. Ponsel ini terdapat dua varian, yakni G9S9B dan GB7N6, perbedaan dua varian ini ialah dukungan mmWave 5G.

Untuk selengkapnya mengenai ketersediaan konektivitas pada model-model Pixel 6 tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini:

ModelID FCCmmWave 5GUWBWi-Fi 6E
GLU0GA4RGLU0GTidakYaYa
G9S9BA4RG9S9BYa (n260, n261)TidakYa
G8V0UA4RG8V0UYa (n258, n260, n261)YaYa
GF5KQA4RG8V0UYa (n258, n260, n261)YaYa
GB7N6A4RGB7N6TidakTidakYa
GR1YHA4RGB7N6TidakTidakYa

Hingga saat ini Google belum memberikan konfirmasi mengenai kapan kedua ponsel ini akan diumumkan. Namun, jika merujuk kebiasaan Google, perusahaan akan meluncurkan produk terbarunya di akhir September atau awal Oktober. Ditambah lagi, postingan akun Instagram Google memberikan bocoran besar tanggal rilis Pixel 6.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar