Realme Bakal Perkenalkan Realme UI 3.0 di Bulan Oktober

Dalam acara peluncuran Realme GT Neo2 5G, Realme juga mengumumkan akan perkenalkan Realme UI 3.0 basis Android 12 di bulan Oktober.

PONSELIO.COM - Realme GT Neo2 resmi meluncur di Cina, pada Rabu (22/9) kemarin. Dalam acara tersebut, perusahaan tidak hanya merilis ponsel terbarunya, namun juga mengumumkan kapan UI versi terbaru, Realme UI 3.0 akan dirilis.

Sebelumnya, Realme UI pertama kali dirilis pada tahun 2019 lalu. Saat itu, sistem antarmuka ini dibuat setelah Realme memutuskan tidak lagi menggunakan antarmuka OPPO, ColorOS.

Kurang lebih satu tahun dari saat perilisan, Realme UI kemudian mendapat pembaruan utama dengan dirilisnya, Realme UI 2.0, pada September 2020 lalu saat Android 11 dirilis.

Kali ini, Android 12 mendekati rilis, Realme pun siap menyambutnya dengan menghadirkan UI 3.0.

Dalam acara perilisan kemarin, perusahaan mengungkapkan jika Realme UI 3.0 akan dirilis pada Oktober mendatang. Perusahaan juga memastikan ada beberapa pembaruan penting yang akan membuat perangkat lebih kompatibel dengan Android 12.

Namun, Realme belum memberikan informasi detail mengenai perangkat mana saja yang mendapatkan pembaruan dan kapan tanggal persisnya Realme UI 3.0 akan dirilis.

Tidak hanya itu, mengingat saat ini beberapa ponsel Realme baru saja menerima pembaruan ke Realme UI 2.0, maka peluncuran Realme UI 3.0 dipastikan akan berlanjut hingga paruh kedua tahun 2022.

Belum banyak informasi mengenai fitur terbaru apa saja yang akan dibawa Realme UI 3.0. Namun, beberapa leaker menyebutkan pembaruan ini akan mirip dengan ColorOS 12 OPPO yang baru diumumkan pada pertengahan September lalu.

Rumor lain menyebut, bergabungnya OPPO dan OnePlus yang membuat penyatuan ColorOS dan OxygenOS pada Andorid 12 disebut memengaruhi perubahan yang ada di Realme UI 3.0.

Penyatuan ColorOS dan OxygenOS disebut membuat Realme memungkinkan akan kembali menggunakan ColorOS. Namun, jika melihat capaian Realme dengan Realme UI-nya, sepertinya rumor tersebut kurang tepat.

Pasalnya, Realme dengan Realme UI-nya saat ini berhasil memiliki segmen pasar tersendiri yang cukup besar. Hal ini membuatnya menduduki peringkat ke-6 di dunia sebagai merek ponsel terlaris, hingga kuartal 3 tahun 2021.

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar