Ponselio Review Oppo Reno 4

 74x dibaca

Oppo Reno 4

Kredit Gambar: Ponselio.com/Reyhan Ivandi

Setelah membuat pengumuman akan hadirnya Oppo Reno 4 di pasar Indonesia beberapa waktu yang lalu, Oppo akhirnya secara resmi merilis ponsel penerus Reno 3 ini pada 6 Agustus 2020 kemarin.

Ponsel yang diperkenalkan pada Juni 2020 ini hadir dengan sesuatu yang fresh dibanding versi pendahulunya, terutama pada bagian desain layar yang kini mengusung dual punch-hole atau dua sensor kamera depan yang terletak pada bagian layar.

Dibanderol dengan harga Rp 4.9 jutaan, apakah spesifikasi yang ditawarkan sebanding dengan banderol harganya? Mari simak review dari Ponselio berikut ini.

Review Oppo Reno 4

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno 4

Harga
  • Rp. 4.900.000 (8 GB+128 GB)
Desain
  • Dimensi: 160.3 x 73.9 x 7.7 mm
  • Berat: 165 Gram
  • Material: Plastik
  • Warna: Galactic Blue, Space Black
Layar
  • Tipe: Super AMOLED
  • Ukuran: 6.4 inci
  • Resolusi: 1080 x 2400 pixel
  • Kedalaman Warna: 16 juta warna
  • Kerapatan Pixel: 411 ppi
  • Proteksi: Corning Gorilla Glass 5
  • Refresh Rate: 60 Hz
Hardware
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 720G
  • CPU: Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD
Software
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Antarmuka: ColorOS 7.2
Kamera Belakang
  • Resolusi: 48 MP (wide) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP (macro) + 2 MP (depth)
  • Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video: 4K@30fps, 1080p@30fps
Kamera Depan
  • Resolusi: 32 MP
  • Fitur: HDR
  • Video: 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 4015 mAh
  • Pengisian: Fast charging 30W
Slot Kartu3 slot kartu (nano-SIM + nano-SIM + microSD)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.0, NFC, USB On-The-Go, GPS
SensorFingerprint, biometric, accelerometer, gyro, proximity, compass
* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Sistem Operasi

Oppo Reno 4 mengusung sistem operasi Android 10 dengan balutan antarmuka Color OS 7.2. Color OS 7.2 sendiri merupakan antarmuka versi terbaru dari Oppo yang diluncurkan berbarengan dengan kemunculan Reno 4 di China pada bulan Juni 2020 yang lalu.

Antarmuka ini mengusung fitur-fitur baru yang cukup menarik, antara lain Moonlight Night Scene Video, Superpower Saving Mode, dan lain sebagainya. Dan tentunya Anda juga bisa mengaktifkan Dark Mode pada ponsel ini mengingat Color OS 7.2 adalah sistem operasi berbasis Android 10.

Desain

Oppo Reno 4 memiliki dimensi 159.3 x 74 x 7.8 mm dengan berat 183 gram. Desain yang diusung ponsel ini sangat trendi dan anak muda banget. Tersedia dua varian warna yang dapat dipilih, yakni Space Black dan Galactic.

Material yang digunakan cukup menarik perhatian. Pada bagian backdoor ponsel ini menggunakan kaca Gorilla Glass 3 dengan balutan bahan metal pada bagian frame-nya. Penggunaan bahan premium ini tentunya semakin membuat desain dari ponsel ini tanpak elegan.

Untuk desain kamera depan, Oppo mengusung desain dual punch-hole. Terdapat dua buah kamera yang memiliki fungsi yang berbeda, yakni satu buah kamera yang berfungsi untuk memotret layaknya kamera pada umumnya dan satu buah lensa kamera yang berfungsi sebagai sensor untuk gerakan tangan (AON smart sensor).

Layar

Layar yang digunakan ponsel ini juga terbilang baik, yakni panel AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi 1080 x 2400 Full HD Plus dan rasio layar 20:9. Ukuran layar yang luas dan panel super AMOLED tentunya akan memanjakan mata pengguna saat menonton video atau bermain game.

Dan tak lupa, Oppo juga membenamkan Gorilla Glass 5 pada bagian layar ponsel ini sehingga layar ponsel ini akan aman dari goresan.

Hardware

Salah satu yang cukup menarik adalah penggunaan chipset gaming, yakni Snapdragon 720G mengingat chipset ini sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu chipset primadona di kalangan ponsel kelas menengah. Meskipun bukan chipset tercepat milik Qualcomm, chipset ini mampu menawarkan performa yang cukup baik di kelasnya.

Oppo juga telah membenamkan RAM sebesar 8GB dengan memori internal sebesar 128GB untuk menunjang performa dari chipset Snapdragon 720G ini. Ruang penyimpanan ponsel ini juga bisa diperbesar hingga 256GB dengan MicroSD.

Baterai

Kapasitas baterai yang di usung ponsel ini terbilang standar atau umum digunakan pada ponsel-ponsel lain, yakni 4015 mAh, jadi tak banyak hal yang bisa diulas dari kapasitas baterainya.

Namun terdapat satu hal menarik dari baterai ponsel ini, yakni penggunaan teknologi fast charging VOOC 4.0 (30 Watt). Oppo mengklaim bahwa teknologi fast charging ini mampu mengisi daya baterai hingga 100% kurang dari 1 jam dan 50% dalam 20 menit.

Untuk urusan daya tahan baterai, ponsel ini mampu bertahan kurang lebih sekitar 15 jam untuk penggunaan normal.

Kamera

Ponsel ini mengusung 3 kamera pada bagian belakang dengan rincian:

  • 48 MP, f/1.7, 26mm (wide)
  • 8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide)
  • 2 MP, f/2.4, (depth)

Kualitas kamera belakang ponsel ini terbilang cukup baik untuk ponsel di kisaran harga 4-5 jutaan. Hasil foto yang dihasilkan cukup tajam dengan dynamic range yang baik. Tersedia juga fitur menarik seperti misalnya night mode yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto dalam keadaan minim cahaya.

Kemampuan merekam kamera belakang Reno4 juga terbilang cukup baik, yakni bisa merekam video dengan resolusi hingga 4K@30fps. Menariknya lagi, ponsel ini juga sudah mengusung Ultra Steady Video 3.0, yakni sebuah teknologi yang mampu membuat hasil rekaman video menjadi lebih stabil.

Kamera ponsel ini juga sudah mengusung teknologi kecerdasan buatan (AI) dan fitur lain semacam AI Color Portrait, Monochrome Video, Nigh Flare Portrait, Ultra Dark Mode, Ultra Clear 108 MP Image, Ultra Steady Video, dan 960fps Smart Slow-motion.

Sementara untuk kamera depan, ponsel ini mengusung dua buah kamera dengan rincian:

  • 32 MP, f/2.4, 26mm (wide)
  • 2 MP, f/2.4, (depth)

Fitur yang disematkan pada kamera depan antara lain HDR dan kemampuan merekam video dengan resolusi 1080p@30fps.

Slot Kartu

Ponsel ini memiliki tripple card-slot dengan rincian dua buah slot untuk SIM Card (nano) dan satu buah slot untuk MicroSD. Itu artinya pengguna nantinya bisa memasang dua SIM Card sekaligus tanpa mengorbankan slot untuk MicroSD.

Keamanan

Urusan keamanan, Oppo Reno4 ini memiliki sensor fingerprint yang terdapat pada bagian layar. Salah satu hal yang cukup disayangkan adalah belum tersedianya sistem keamanan face unlock di ponsel ini. Mungkin ini menjadi salah satu strategi pemasaran Oppo mengingat Reno 4 Pro sudah mendukung face unlock.

Performa

Berbicara performa, ponsel ini terbilang memiliki performa yang mumpuni dikelasnya. Hal ini tentunya tidak terlepas dari penggunaan chipset gaming Snapdragon 720G dan RAM sebesar 8GB. Hasil Antutu dari ponsel ini berada dikisaran 280 ribuan, sebuah skor yang sudah sewarjarnya didapatkan sesuai dengan chipset yang digunakan.

Untuk performa gaming, ponsel ini mampu menjalankan game PUBG Mobile pada settingan smooth-ultra. Pada settingan ini, game PUBG Mobile masih bisa berjalan dengan lancar dan jarang terjadi lag. Untuk settingan mentok kanan, ponsel ini hanya mampu di settingan High-HD saja.

Untuk game ringan seperti Mobile Legend dan Free Fire, tentunya ponsel ini akan mampu menjalankan game tersebut dengan smooth.

Kesimpulan

Lantas apakah ponsel ini cukup direkomendasikan di rentang harga 4.9 jutaan?

Menurut kami, Oppo Reno 4 menjadi salah satu ponsel yang recommended di harga Rp 4.9 jutaan.

Spesifikasi yang ditawarkan terbilang cukup mumpuni, mulai dari kamera yang mampu menghasilkan gambar yang baik, desain yang premium, baterai yang cukup besar, hingga penggunaan chipset dengan performa yang cukup tinggi. Belum lagi tersedia juga fitur-fitur menarik seperti AON smart sensor yang membuat kita bisa melakukan scrolling tanpa menyentuh layar dan juga teknologi fast charging.

Salah satu kekurangan yang terdapat pada ponsel ini mungkin hanya terletak pada belum tersedianya teknologi NFC. Tidak tersedianya teknologi NFC ini terbilang cukup aneh mengingat ponsel ini berada di rentang harga 4 sampai 5 jutaan. Namun tentu kekurangan ini bisa tertutupi jika Anda tidak memiliki kebutuhan pada fitur NFC.

Review Lainnya:
Artikel Terkait:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *