Spesifikasi-Realme-C11

 45x dibaca

Realme C11

Realme C11 adalah ponsel entry level terbaru dari Realme yang ditujukan untuk para gamer. Realme C11 yang dirilis pertama kali pada tanggal 7 Juli 2020 ini merupakan ponsel pertama yang menggunakan chipset gaming terbaru dari Mediatek, yakni Helio G35.

Di banderol dengan harga Rp 1.599.000 untuk varian RAM 2GB dan Rp 1.799.000 untuk varian RAM 3GB, apakah ponsel ini layak menjadi pilihan di kelasnya? Mari simak review kekurangan dan kelebihan Realme C11 dari Ponselio berikut ini.

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Realme C11

Harga
  • Rp 1.599.000 (2 GB+32 GB)
  • Rp 1.799.000 (3 GB+32 GB)
Desain
  • Dimensi: 164.4 x 75.9 x 9.1 mm
  • Berat: 196 Gram
  • Material: Plastik
  • Warna: Mint Green, Pepper Grey
Layar
  • Tipe: IPS LCD
  • Ukuran: 6.5 inci
  • Resolusi: 720 x 1560 pixel
  • Kedalaman Warna: 16 juta warna
  • Kerapatan Pixel: 270 ppi
  • Proteksi: Tidak tersedia
Hardware
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • CPU: Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2 GB, 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD
Software
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Antarmuka: realme UI 1.0
Kamera Belakang
  • Resolusi: 13 MP (wide) + 2 MP (depth)
  • Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video: 1080p@30fps
Kamera Depan
  • Resolusi: 5 MP
  • Fitur: HDR, panorama
  • Video: 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 5000 mAh
  • Pengisian: Charging 10W
Slot Kartu3 slot kartu (nano-SIM + nano-SIM + microSD)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.0, GPS, USB On-The-Go
SensorAccelerometer, proximity, compass

* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Sistem Operasi

Realme Narzo hadir dengan sistem operasi Android 10 dengan balutan antar muka Realme UI 1.0. Antarmuka ini di desain secara khusus menyesuaikan kebutuhan anak muda. Salah fitur menarik yang terdapat di Realme UI adalah fitur untuk kustomisasi dan personalisasi ikon-ikon yang ada di ponsel sesuai keinginan pengguna.

Selain itu, terdapat pula fitur-fitur berguna lainnya seperti misalnya Dark Mode hingga Game Assistant yang berguna untuk memanajemen notifikasi saat bermain Game. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa dengan mudah melihat dan membalas pesan meskipun sedang dalam keadaan bermain game.

Sama seperti antarmuka dari ponsel lainnya, Realme UI juga menyematkan iklan berupa rekomendasi aplikasi-aplikasi atau video yang sedang trending. Namun Anda tidak perlu khawatir karena iklan yang terdapat di Realme UI ini dapat dinonaktifkan melalui menu pengaturan.

Desain

Realme C11 memiliki ukuran body yang terbilang cukup besar, yakni 164.4 x 75.9 x 9.1 mm dengan berat 196 gram. Desain yang di usung ponsel ini terbilang cukup kekinian, terutama pada bagian kamera belakang.

Kamera belakang C11 ini mengusung desain berbentuk kotak menyerupai bentuk kamera belakang miliki iPhone 11 dan Google Pixel 4. Sementara pada bagian kamera depan, desain kameranya menggunakan bentuk notch atau yang lebih sering kita sebut dengan model tompel.

Dari sisi build quality, tentu kita tidak bisa mengharapkan sesuatu yang lebih mengingat Realme C11 ini merupakan ponsel entry level. Layaknya ponsel entry level pada umumnya, Body Realme C11 ini menggunakan bahan bahan plastik polycarbonate.

Untuk pilihan warnanya sendiri, tersedia 2 varian yakni Mint Green dan Pepper Grey.

Layar

Pada bagian layar, Realme C11 mengusung layar dengan ukuran 6.5 inci dengan rasio screen-to-body sekitar 81.7%. Untuk panel layar yang digunakan ponsel ini adalah IPS LCD dengan resolusi 1600×720 HD+. Spesifikasi standar layaknya ponsel entry level pada umumnya.

Sekali lagi, Realme C11 merupakan ponsel entry level, jadi Anda tentu tidak bisa mengharapkan layar dengan spesifikasi yang memukau.

Hardware

Ponsel ini hadir dengan chipset gaming Mediatek Helio G35 dengan kombinasi CPU Octa-core 2.3 GHz Cortex-A53 dan GPU PowerVR GE8320 . Perlu diperhatikan bahwa meskipun G35 ini merupakan chipset gaming, Anda tidak bisa terlalu berharap lebih karena ini merupakan chipset gaming kelas bawah.

Pada sektor RAM dan memori internal, tersedia 2 varian pilihan yakni 2GB dan 3GB. Kedua varian tersebut sama-sama mengusung memori internal sebesar 32GB dengan dukungan memori external (microSD) dengan ukuran maksimal 256GB.

Baterai

Baterai Cadas, Seru Tanpa Batas, begitu jargon andalan si Realme C11 ini. Maka tidak heran jika ponsel ini mengusung kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 5000 mAh. Saking besarnya kapasitas baterai ponsel ini, pengguna juga dapat memanfaatkan ponsel ini sebagai powerbank untuk ponsel lain.

Sayangnya, ponsel ini masih belum mendukung teknologi fast charging. Sesuatu yang bisa dipahami mengingat ini merupakan ponsel dengan harga 1 jutaan.

Kamera

Realme C11 mengusung 3 kamera dengan rincian 2 kamera pada bagian belakang dan 1 kamera pada bagian depan. Pada bagian kamera belakang, tersedia primary camera dengan resolusi 13MP dan potrait lens dengan resolusi 2MP. Sementara pada kamera depan, terdapat kamera dengan resolusi 5MP dengan dukungan AI Selfie.

Secara keseluruhan, tidak ada yang istimewa dari kamera Realme C11 ini, namun juga tidak buruk. Kamera yang disematkan di ponsel ini memiliki spesifikasi yang umum digunakan di ponsel kelas entry level.

Slot Kartu

Slot kartu menjadi salah satu hal menarik di ponsel ini. Tersedia 3 slot kartu dengan rincian 2 slot untuk kartu SIM dan 1 slot untuk MicroSD. Adanya dedicated slot untuk MicroSD ini tentunya membuat pengguna dapat mengaktifkan 2 nomor sekaligus tanpa kehilangan slot untuk memori external.

Terlebih internal memori internal ponsel ini hanya sebesar 32MB sehingga membutuhkan memori tambahan jika ingin ruang penyimpanan lebih lega.

Keamanan

Salah satu hal yang cukup disayangkan di Realme C11 adalah tidak tersedianya pemindai sidik jari. Namun disisi lain, Realme C11 menyediakan fitur face unlock sebagai penggantinya. Adanya face unlock ini tentunya sedikit mengurangi kekurangan ponsel ini dari sisi keamanan.

Performa

Performa ponsel ini terbilang sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan ponsel di kelasnya. Berdasarkan data Antutu Benchmark, ponsel ini mendapatkan skor sekitar 109ribuan, sedikit lebih baik dibandingkan ponsel lain yang umumnya di kisara 80-90ribuan.

Sementara untuk performa gaming, performa Realme C11 cukup baik untuk bermain game-game ringan seperti misalnya Mobile Legend dan Free Fire di settingan high. Namun jangan berharap lebih jika Anda merupakan gamer PUBG Mobile, karena settingan yang bisa digunakan untuk bermain PUBG Mobile menggunakan ponsel ini hanya bisa di maksimal Smooth-Medium dan Balance-Medium.

Kesimpulan

Untuk penggunaan harian: Ponsel ini terbilang cukup direkomendasikan. Salah satu hal menarik yang ditawarkan oleh ponsel ini adalah daya tahan baterainya. Terlebih ponsel ini juga dapat digunakan sebagai powerbank untuk ponsel kita yang lain.

Selain itu, kualitas bidikan kamera yang dihasilkan juga cukup baik untuk ponsel di kelasnya.

Untuk keperluan gaming: Meskipun menggunakan chipset gaming, perlu diperhatikan bahwa chipset ini merupakan chipset gaming kelas entry level sehingga Anda tidak bisa mengharapkan performa yang tinggi.

Untuk game-game ringan seperti Free Fire dan Mobile Legend, Realme C11 ini memiliki performa yang cukup baik. Namun untuk game berat seperti PUBG Mobile, Anda tidak bisa berharap lebih dari ponsel ini karena hanya bisa digunakan di setingan smooth-medium hingga balance-medium.

Bagi Anda yang sedang mencari ponsel untuk bermain PUBG Mobile di rentang harga yang tidak berbeda jauh dengan Realme C11, kami lebih merekomendasikan Realme C3 sebagai pilihan. Dengan harga Rp 1.899.000, Realme C3 mengusung chipset Helio G70 dan bisa digunakan di setingan hingga smoth-ultra untuk bermain PUBG Mobile.

Review Lainnya:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *