Review Realme C12

 363x dibaca

Realme C12

Kredit Gambar: Ponselio/Reyhan Ivandi

Tak berselang lama setelah merilis C11 dan C15, Realme kembali meluncurkan produk ponsel seri C mereka yakni Realme C12. Seperti seperti seri C lainnya, ponsel ini hadir untuk menyasar kelas entry level.

Ponsel yang dibanderol dengan harga 1,7 jutaan ini juga bisa dikatakan hadir sebagai ‘penengah’ antara C11 dan C15. Lantas, bagaimana dengan spesifikasi yang ditawarkan? Apakah ponsel ini cukup menawarkan spesifikasi yang menarik untuk dimiliki?

Yuk simak review kelebihan dan kekurangan Realme C12 di bawah ini.

Review Realme C12

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Realme C12

Harga
  • Rp 1.899.000 (3GB+32GB)
Desain
  • Dimensi: 164.5 x 75.9 x 9.8 mm
  • Berat: 209 gram
  • Material: Plastik
  • Warna: Marine Blue, Coral Red
Layar
  • Tipe: IPS LCD
  • Ukuran: 6.5 inci
  • Resolusi: 720 x 1560 HD+
  • Kedalaman Warna: 16 juta warna
  • Kerapatan Pixel: 270
  • Proteksi: Corning Gorilla Glass 3
Hardware
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • CPU: Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD (hingga )
Software
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Antarmuka: Realme UI 1.0
Kamera Belakang
  • Resolusi: 13 MP (wide), 2 MP (B&W) + 2 MP (macro)
  • Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video: 1080p@30fps
Kamera Depan
  • Resolusi: 5 MP
  • Fitur: HDR, panorama
  • Video: 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 6000 mAh
  • Pengisian: 10 W
Slot Kartu3 slot kartu (nano-SIM + nano-SIM + microSD)
KonektivitasWIfi, Bluetooth 5.0, GPS, FM Radio, microUSB 2.0, USB On-The-Go
SensorGyro, Fingerprint, accelerometer, proximity, compass

* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Sistem Operasi

Realme C12 menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka Realme UI 1.0. Sistem operasi ini sama dengan seri C lainnya yakni C11 dan C15.

Realme UI merupakan sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh pihak Realme. Banyak fitur yang dapat Anda nikmati dari Realme UI 1.0 ini diantaranya adalah tampilan dark mode, personalisasi ikon, dan juga fitur untuk gaming yakni Game Assistant.

Pada Realme UI 1.0 ini juga tersedia Theme Store yang dapat Anda gunakan untuk merubah tampilan tema, menggati font atau mengganti wallpaper.

Desain

Realme C12 hadir dengan 3 pilihan warna yakni Marine Blue, Coral Red dan Silver. Salah satu bagian menarik dari ponsel ini terletak pada desain yang nampak fresh dibanding ponsel lain di harga satu jutaan.

Pada bagian depan nampak layar besar berukuran 6.5 inci dengan bezel yang tipis di empat sisinya, terdapat juga kamera depan yang terletak ditengah atas dengan desain water drop.

Pada bagian belakang dapat kita temui desain 3 kamera berbentuk kotak dengan LED flash didalamnya, tedapat juga sensor sidik jari yang berada di tengah atas. Backdoor dari ponsel ini memiliki tekstur bergaris dan juga nampak kilauan yang membentuk garis geometris.

Pada bagian kanan frame terdapat tombol power dan tombol volume, sedangkan pada bagian kiri terdapat SIM Tray untuk menaruh SIM Card dan Mory eksternal. Pada bagian bawah terdapat speaker, lubang micofon, lubang headphone jack 3,5mm dan juga port USB yang masih menggunakan micro USB.

Untuk bahan material yang digunakan pada frame dan backdoor sama-sama menggunakan bahan plastik.

Layar

Realme C12 menggunakan layar dengan panel IPS dengan resolusi 720 x 1560 pixels dengan luas 6.5 inci. Layar pada ponsel ini memiliki rasio 20:9 dengan kerapan pixel mencapai 270ppi. Tak banyak yang dapat dikomentari dari kualitas layar ponsel ini, namun menurut kami dengan ukuran layar yang cukup luas tentu akan menjadi nilai tambah dari ponsel ini.

Hardware

Realme c12 menggunakan chipset yang sama dengan yang digunakan pada Reame C11 dan C15 yakni MediaTek Helio G35 (12 nm) dengan  CPU Octa-core 2.3 GHz Cortex-A53 dan GPU PowerVR GE8320. Chipset Helio G35 merupakan chipset gaming kelas bawah buatan Mediatek, chipset ini umum digunakan pada ponsel kelas entry level.

Untuk RAM dan internal memori, ponsel ini hanya memiliki satu varian saja yakni RAM 3GB dengan internal memori 32GB.

Baterai

Selain dari sisi desain, menurut kami nilai jual utama dari ponsel ini terletak pada sektor baterai yang digunakan. Realme C12 ini menggunakan baterai besar dengan kapasitas 6000mAh. Dengan kapasitas baterai besar tersebut tentu ponsel ini akan mampu bertahan seharian lebih bahkan menurut klaimnya ponsel ini dapat bertahan selama 57 hari dalam mode standby.

Untuk melakukan pengisian baterai dari 0% hingga 100% ponsel ini membutuhkan waktu yang cukup lama yakni sekitar 3 jam lebih. Tentu direntang harga satu jutaan ponsel ini belum mendukung fitur fast charging, pada paket penjualannya kita mendapatkan charger dengan kapasitas 10W.

Kamera

Ponsel ini memiliki 3 kamera belakang dimana kamera utamanya memiliki resolusi 13MP, kamera potrait 2MP dan kamera macro 2MP. Untuk hasil dari kamera belakang ponsel ini cukup baik dikelas ponsel harga satu jutaan. Ada banyak fitur yang dapat Anda gunakan pada kamera belakang ponsel ini seperti Mode HDR, Chroma Boost, Filter Foto, Mode Night Scape, Ultra Maco, SLO-MO, Mode Expert dan lainnya.

Sedangkan untuk kamera depan ponsel ini memiliki resolusi 5MP dengan bukaan lensa F/2.4. Kamera selfi ini mampu menghasilkan foto yang lumayan keren untuk ponsel di kelas entry level.

Dari segi perekaman video, kamera depan dan kamera belakan ponsel ini mampu mampu merekam video pada resolusi Full HD 1080p@30fps. Hasil dari perekaman video dari ponsel ini memang tidak bisa stabil karena tidak adanya fitur stabilization, perlu alat tambahan seperti gimbal agar hasil video lebih stabil.

Slot Kartu

Realme C12 memiliki 3 slot kartu yang mana dua slot dapat Anda gunakan untuk SIM 1 dan SIM2 dan satu slot lagi untuk memori ekternal. Hal ini pastinya menguntungkan bagi pengguna, pasalnya memori internal ponsel ini hanya sebesar 32GB.

Keamanan

Sama seperti pada Realme C15, ponsel ini menyediakan Fingerprint Scanner dan Face Unlock sebagai pengaman.

Performa

Seperti yang telah kami mention di atas bahwasannya ponsel ini menggunakan chipset Mediatek Helio G35 dengan RAM 3GB, tentu dengan hardware tersebut performa ponsel ini akan berbanding lurus dengan harga yang Anda bayar, yakni biasa saja.

Pengujian menggunakan aplikasi Antutu Benchmark (v8), Realme C12 ini mampu memperoleh nilai di kisaran 109-ribuan. Skor tersebut hanya selisih sedikit dibawah Realme C15.

Untuk keperluan gaming, ponsel ini masih sangat bisa Anda ajak bermain game ringan seperti Mobile Legends yang mampu mendapatkan setingan grafik High dan mendukung Mode HFR dan Mode HD. Sedangkan untuk game berat seperti PUBG Mobile ponsel ini hanya mampu dimainkan pada setingan grafik rendah yakni Smooth-Medium atau Balance Medium.

Kesimpulan

Secara spesifikasi posisi Realme C12 berada di tengah dianta kedua saudaranya yakni Realme C11 dan C15, lebih tepatnya ponsel ini berada diatas Realme C11 dan dibawah Realme C15. Chipset yang digunakan Realme C11, C12 dan C15 sama persis sehingga performa dari ketiga ponsel ini tak jauh berbeda hanya. Jenis dan resolusi layar pada ketiga ponsel ini juga sama persis.

Beberapa fitur lain seperti RAM, Kapasitas Baterai, Modul Kamera, Sensor Fingerprint, Quick Charge merupakan fitur yang menjadi pembeda dari ketiganya, tentu Realme C15 yang memiliki fitur paling lengkap.

Nilai jual dari ponsel ini adalah kapasitas baterai besar yang dibawanya. Jadi, Realme C12 bisa menjadi pilihan jika Anda menginkan ponsel dengan kapasitas baterai besar meskipun belum mendukung fitur Quick Charge.

Namun disisi lain jika Anda menginginkan ponsel dengan performa gaming yang lebih mumpuni dari ponsel ini ada opsi lain seperti Realme C3 yang menggunakan chipset Helio G70 yang sekarang sudah turun harga menjadi Rp 1,8-jutaan.

Jadi pilihan kembali kepada Anda mau pilih ponsel yang seperti apa karena setiap ponsel di kelas entry level pasti ada kekurangan dan kelebihannya masih-masing tak terkecuali pada Realme C12 ini.

Review Lainnya:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *