Spesifikasi-Realme-C15

 83x dibaca

Realme C15

Tak berselang lama setelah merilis Realme C11, pabrikan asal Tiongkok kembali akan meluncurkan ponsel seri entry level terbaru mereka yakni Realme C15. Dan sama seperti dengan C11, Realme kembali memilih Indonesia menjadi negara pertama yang akan menerima produk terbaru dari Realme ini.

Secara spesifikasi, Realme C15 pada bisa dikatakan merupakan versi upgrade dari Realme C11, hal ini bisa terlihat dari komponen yang digunakan yang tidak jauh berbeda dari C11. Perbedaan paling signifikan mungkin hanya terdapat pada ketersediaan finggerprint scanner, quad camera, baterai berkapasitas lebih besar dan teknologi quick charging.

Lantas, dengan harga di kisaran Rp 1.9 jutaan untuk varian RAM 3GB dan 2.1 jutaan untuk varian RAM 4GB, bagaimana performa dari ponsel ini? Simak ulasan dari Ponselio berikut ini.

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Realme C15

Harga
  • Rp 1.900.000 (3 GB+64 GB)
  • Rp 2.100.000 (4 GB+64 GB)
Desain
  • Dimensi: 164.5 x 75.9 x 9.8 mm
  • Berat: 209 Gram
  • Material: Plastik
  • Warna: Marine Blue, Seagull Silver
Layar
  • Tipe: IPS LCD
  • Ukuran: 6.5 inci
  • Resolusi: 720 x 1560 pixel
  • Kedalaman Warna: 16 juta warna
  • Kerapatan Pixel: 270 ppi
  • Proteksi: Corning Gorilla Glass
Hardware
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • CPU: Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD
Software
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Antarmuka: realme UI 1.0
Kamera Belakang
  • Resolusi: 13 MP (wide) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP + 2 MP
  • Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video: 1080p@30fps
Kamera Depan
  • Resolusi: 8 MP
  • Fitur: HDR, panorama
  • Video: 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 6000 mAh
  • Pengisian: Fast charging 18W
Slot Kartu3 slot kartu (nano-SIM + nano-SIM + microSD)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.0, GPS, USB On-The-Go
SensorFingerprint, accelerometer, proximity, compass

* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Sistem Operasi

Sistem Operasi yang digunakan oleh Realme C15 ini sama dengan yang di usung oleh Realme C11, yakni Android 10 dengan balutan antaramuka Realme UI 1.0.

Fitur yang dapat Anda nikmati dari Realme UI 1.0 sendiri antara lain seperti fitur untuk kustomisasi dan personalisasi ikon-ikon yang ada di ponsel sesuai keinginan pengguna, Dark Mode dan Game Assistant yang berguna untuk memanajemen notifikasi saat bermain Game.

Desain

Seperti yang sudah kami utarakan di atas, desain dari Realme C15 ini bisa dikatakan persis dengan Realme C11. Dimensinya sedikit lebih besar daripada Realme C11, yakni 164.5 x 75.9 x 9.8 mm. Sementara material yang digunakan masih tetap sama, yakni plastik polycarbonate.

Pada bagian kamera belakang, desain yang di usung ponsel ini juga tetap sama dengan Realme C11, yakni memiliki bentuk kotak layaknya milik iPhone 11. Perbedaannya dengan C11 terletak pada peletakan lampu flash yang terdapat pada bagian bawah kotak, hal ini dikarenakan kamera belakang ponsel ini mengusung 4 buah kamera.

Selain dari sisi desain kamera belakang, perbedaan desain antara C11 dan C15 terletak pada tulisan logo Realme pada bagian body belakang yang lebih kecil. Ukuran dari logo Realme yang lebih kecil ini menurut kami membuat desain dari Realme C15 terlihat lebih elegan.

Layar

Lagi-lagi, spesifikasi pada bagian layar dari C15 ini mengusung spesifikasi yang sama dengan C11. Ponsel ini mengusung layar dengan Panel IPS berukuran 6.5 inci berresolusi 1600×720 HD+.

Penggunaan layar panel IPS ini terbilang cukup wajar mengingat ponsel ini sendiri masuk di kategori ponsel entry level, sehingga Anda tentu tidak bisa mengharapkan spesifikasi layar Super Amoled.

Hardware

Realme C15 masih mengusung chipset yang sama dengan C11 yakni Mediatek Helio G35 dengan kombinasi CPU Octa-core 2.3 GHz Cortex-A53 dan GPU PowerVR GE8320.

Perbedaan sedikit terlihat pada bagian memori internal dan RAM yang digunakan. jika C11 menyediakan 2 varian RAM 2GB dan 3GB dengan memori internal sebesar 32GB, C15 hadir dengan pilihan RAM dan memori internal yang lebih besar yakni RAM 3GB dan 4GB dengan memori internal sebesar 64GB.

Baterai

Bisa dikatakan, nilai lebih dari Realme C15 ini terdapat pada kapasitas baterai yang diusung. Konon kabarnya, ponsel ini merupakan ponsel entry level pertama yang mengusung baterai berkapasitas 6000 mAh. Kapasitas baterai yang besar ini selain bisa dimanfaatkan untuk menghidupi ponsel ini sendiri juga bisa dimanfaatkan sebagai powerbank untuk ponsel lain.

Kelebihan lain ponsel ini dari sisi baterai adalah tersedianya quick charging 18W, sehingga pengguna bisa mengisi ulang baterai dengan lebih cepat. Meskipun belum memiliki teknologi fast charging, rasa-rasanya teknologi quick charging ini sudah lebih dari cukup mengingat ponsel ini merupakan ponsel kelas entry level.

Kamera

Berbeda dengan Realme C11 yang hanya mengusung 2 kamera pada bagian belakang, Realme C15 mengusung 4 kamera pada bagian belakang dengan rincian sebagai berikut:

  • 13 MP, f/2.2, (wide), PDAF
  • 8 MP, f/2.2, (ultrawide)
  • 2 MP, f/2.4, (macro)
  • 2 MP, f/2.4, (depth)

Fitur yang disematkan pada kamera belakang ponsel ini antara lain LED flash, HDR, panorama dan kemampuan merekam video 1080p@30fps.

Sementara pada bagian kamera depan, Realme C15 mengusung kamera 8 MP, f/2.4, 27mm (wide) dengan dukungan fitur HDR, panorama dan kemampuan merekam video 1080p@30fps.

Slot Kartu

Sama dengan Realme C11, ponsel ini juga mengusung tiga slot kartu yang mana terbagi menjadi 3 fungsi, 2 slot untuk kartu SIM dan 1 slot khusus untuk MicroSD. Dengan ketersediaan slot khusus untuk MicroSD ini Anda tidak perlu mengorbankan slot SIM 2 untuk memasang memori external.

Keamanan

Dari sisi keamanan, Realme C15 menyediakan fitur finggerprint scanner dan face unlock. Ketersediaan finggerprint scanner ini tentu menjadi nilai lebih tersendiri dibandingkan dengan Realme C11 yang hanya memiliki fitur face unlock.

Performa

Secara performa Realme C15 memiliki performa yang tidak jauh berbeda dari Realme C11 mengingat chipset yang digunakan masih sama. Berdasarkan hasil test menggunakan Antutu Benchmark, skor yang dihasilkan sekitar 111-ribuan. Skor yang cukup wajar mengingat chipset yang digunakan memang bukan chipset dengan performa tinggi.

Untuk performa gaming sendiri, ponsel ini cukup mampu untuk bermain di game-game ringan layaknya Mobile Legend. Anda tidak bisa berharap banyak ke ponsel ini untuk bermain game berat layaknya PUBG Mobile, karena setingan yang di dapat hanya mampu di Smooth-Medium dan Balance-Medium.

Kesimpulan

Jika berbicara mengenai spesifikasi, Realme C15 ini bisa dikatakan merupakan copy paste Realme C11 dengan penambahan fitur. Fitur yang menjadi perbedaan antara lain, quad camera, tersedianya pemindai sidik jari, RAM dan memori internal yang lebih besar, quick charging dan kapasitas baterai yang lebih besar.

Nilai lebih yang terdapat di ponsel ini ada pada sisi baterainya yang memiliki kapasitas yang besar. Jadi jika Anda mencari ponsel yang memiliki kapastias baterai yang besar, Realme C15 ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Namun disisi lain, jika Anda sedang mencari ponsel dengan performa gaming yang mumpuni di rentang harga yang sama, kami harus mengatakan bahwa C15 ini masih terbilang kurang mumpuni jika melihat dari sisi chipset yang digunakan.

Di rentang harga yang sama, kami akan lebih menyarankan Anda membeli Realme C3 yang sudah mengusung chipset Helio G70 dengan banderol harga Rp 1.899.000 atau mungkin Anda sebaiknya menambah budget sebesar Rp 2.9 jutaan untuk membeli Realme Narzo yang jelas lebih memiliki performa gaming yang lebih baik.

Jadi, semuanya tergantung kebutuhan Anda sebagai pengguna. Mau cari ponsel dengan daya tahan baterai yang tinggi atau ponsel dengan performa gaming yang mumpuni? Karena sudah barang tentu Anda tidak bisa mengharapkan ponsel dengan paket lengkap di kelas entry level.

Review Lainnya:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *