Ponselio Review Realme Narzo

 144x dibaca

Realme Narzo

Kredit Gambar: Ponselio.com/Reyhan Ivandi

Pada peluncuran produk yang dilakukan pada bulan Mei 2020 yang lalu, Realme secara resmi merilis produk ponsel terbaru mereka yang diberi nama Realme Narzo. Nama Narzo sendiri mungkin terdengar sedikit aneh, pasalnya Realme seringkali memberikan nama pada ponsel mereka dengan kombinasi angka sperti Realme 6, Realme C11, Realme X3 dan lain sebagainya.

Realme Narzo dijual secara resmi dengan harga yang terbilang cukup murah dikelasnya, yakni dikisaran 2,9 Juta. Pihak Realme mengklaim harga murah ini dikarenakan produk ini hanya akan dijual secara online, sehingga budget untuk pemasaran ponsel ini sedikit terpangkas.

Lantas apakah dengan harga yang telah kami sebutkan diatas membuat ponsel ini worth it untuk dimiliki? Yuk simak review kekurangan dan kelebihan Realme Narzo dari Ponselio berikut ini!

Review Realme Narzo

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Realme Narzo

Harga
  • Rp 2.999.000 (4GB+128GB)
Desain
  • Dimensi: 162.1 x 74.8 x 8.9 mm
  • Berat: 191 gram
  • Material: Plastik
  • Warna: Just White, Just Black
Layar
  • Tipe: IPS LCD
  • Ukuran: 6.5 inci
  • Resolusi: 1080 x 2400 FHD+
  • Kedalaman Warna: 16 juta warna
  • Kerapatan Pixel: 405 ppi
  • Proteksi: Corning Gorilla Glass 3
  • Refresh Rate: 90 Hz
Hardware
  • Chipset: Mediatek Helio G90T
  • CPU: Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD (hingga 256 GB)
Software
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Antarmuka: Realme UI 1.0
Kamera Belakang
  • Resolusi: 48 MP (wide) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP (macro) + 2 MP (depth)
  • Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video: 4K@30fps, 1080p@30fps, 1080p@60fps, 720p@30fps, 720p@60fps
Kamera Depan
  • Resolusi: 16 MP
  • Fitur: HDR, panorama
  • Video: 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 4300 mAh
  • Pengisian: Fast charging 30 W
Slot Kartu3 slot kartu (nano-SIM + nano-SIM + microSD)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.0, GPS
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Sistem Operasi

Realme Narzo hadir dengan sistem operasi Android 10 dengan balutan antar muka Realme UI 1.0. Antarmuka ini di desain secara khusus menyesuaikan kebutuhan anak muda. Salah fitur menarik yang terdapat di Realme UI adalah fitur untuk kustomisasi dan personalisasi ikon-ikon yang ada di ponsel sesuai keinginan pengguna.

Selain itu, terdapat pula fitur-fitur berguna lainnya seperti misalnya Dark Mode hingga Game Assistant yang berguna untuk memanajemen notifikasi saat bermain Game. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa dengan mudah melihat dan membalas pesan meskipun sedang dalam keadaan bermain game.

Sama seperti antarmuka dari ponsel lainnya, Realme UI juga menyematkan iklan berupa rekomendasi aplikasi-aplikasi atau video yang sedang trending. Namun Anda tidak perlu khawatir karena iklan yang terdapat di Realme UI ini dapat dinonaktifkan melalui menu pengaturan.

Desain

Realme Narzo tersedia dalam dua varian warna yakni warna hitam dan putih. Desain dari Realme Narzo ini cukup menarik karena sudah mengikuti tren ponsel masa kini yang mengusung layar full display dengan balutan bezel yang cukup tipis.

Selain itu hadirnya punch hole selfie kamera yang terletak di bagian pojok kiri atas membuat Realme Narzo ini nampak kekinian layaknya ponsel flagship. Peletakan Finger Print scanner juga terbilang unik yakni berada di samping kanan di dalam tombol power.

Dimensi dari ponsel ini adalah 162.1 x 74.8 x 8.9 mm dan berat 191g dengan rasio screen to body yang mencapai 90,5 %. Dimensi ponsel ini terbilang yang cukup besar sehingga akan kurang cocok dengan Anda yang menyukai ponsel dengan body yang compact. Namun bagi Anda yang menyukai ponsel dengan layar yang lebar, tentu ukuran besar ini menjadi nilai lebih tersendiri.

Salah satu hal yang cukup disayangkan adalah penggunaan material berbahan plastik pada bagian frame dan backdoor mengingat ponsel ini bisa dikategorikan sebagai ponsel kelas mengengah (high end).

Layar

Realme Narzo mengusung layar dengan ukuran 6,5 inch dengan resolusi 1080 x 2400 pixels Full HD+. Sayangnya, layar ponsel ini belum mengusung layar AMOLED, melainkan manggunakan panel IPS. Namun meskipun begitu, layar Narzo ini masih cukup nyaman untuk digunakan bermain game atau menonton video.

Salah satu daya tarik yang ada di bagian layar ponsel ini adalah refresh rate yang ditawarkan mencapai 90 hz. Wow, tentu dengan refresh rate yang tinggi tersebut akan memberikan pengalaman gaming dan animasi yang lebih smooth.

Selain itu, tersedia pula proteksi layar Gorilla Glass 3. Meskipun bukan proteki layar paling kuat, keberadaan Gorilla Glass 3 di layar Narzo ini cukup bisa di apresiasi, mengingat ponsel lain di rentang harga yang sama umumnya belum memberikan proteksi layar.

Hardware

Chipset yang digunakan pada Realme Narzo ini adalah Mediatek MT6785 Helio G90T, salah satu chipset terbaru buatan Mediatek. Seperti kita ketahui, chipset seri G dari mediatek ini merupakan chipset yang di desain khusus untuk ponsel gaming. Jadi sudah barang tentu ponsel ini akan memiliki performa gaming yang cukup baik dibandingkan dengan ponsel lain di kelasnya.

Untuk RAM dan internal storage ponsel ini hanya memiliki satu varian saja yakni 4GB RAM dengan memori internal sebesar 128GB. Tersedia juga slot memori external yang dapat diisi kartu berjenis MicroSD dengan ukuran maksimal hingga 256GB. Namun rasa-rasanya fitur momori external ini akan sedikit mubadzir mengingat memori internal ponsel ini terbilang cukup besar.

Pada bagian sensor ponsel ini membawa beberapa sensor umum handphone kelas menengah seperti accelerometer, gyro, proximity, compass.

Baterai

Ponsel ini memiliki baterai dengan tipe Li-Po dengan kapasitas 4300 mAh non-removable. Kabar baiknya Realme Narzo sudah mendukung teknologi fast charging 30W dengan port USB Type C yang artinya Realme Narzo dapat mengisi baterai dengan sangat cepat.

Melalui pengujian yang kami lakukan untuk mengisi baterai dari 0% hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit dengan kepala charger bawaan 20W. Namun jika Anda memiliki kepala charger dengan kapasitas 30W tentu pengisian daya akan lebih cepat, pasalnya ponsel ini sudah mendukung fast charging 30W.

Apakah daya tahan baterai awet? Jawabannya iya, dengan pemakain yang lumayan intens seperti bermain game, nonton youtube dan sosmed kapasitas baterai 4300mAh ini mampu memperoleh screen on time di kisaran 6 Jam.

Kamera

Pada sektor kamera Realme Narzo mengusung quad kamera di bagian belakang dengan posisi vertikal seperti Samsung Galaxy Note 10. Tersedia juga satu kamera di bagian depan yang dapat digunakan untuk berfoto selfie dan video call.

Untuk mamera belakang ponsel ini memakai 48MP (kamera utama), 8MP (ultrawide), 2MP (deep sensor) dan 2MP (macro) sedangkan untuk kamera depan menggunakan 16MP.

Untuk hasil foto dari kamera belakang Realme Narzo standar saja, tidak terlalu bagus dan tidak terlalu buruk pula. Tersedia fitur HDR dan Nightscape yang dapat Anda manfaatkan pada kondisi tertentu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Kamera belakang dari Realme Narzo ini mampu merekam hingga resolusi 4K, tentu dengan catatan bahwa hasil yang di dapat tidak bisa stabil. Untuk hasil yang lebih stabil Anda dapat menurukan resolusi menjadi 1080p karena pada resolusi ini ada fitur electronic image stabilization yang dapat Anda aktifkan.

Untuk kamera depan 16MP pada Realme Narzo ini menurut kami dapat memberikan hasil yang lumayan bagus. Dengan skin tone yang mendekati warna asli dan juga bokeh yang lumayan rapi tentu sudah cukup memenuhi hajat selfie Anda.

Slot Kartu

Realme Narzo menyediakan 3 slot kartu dengan rincian 2 slot untuk kartu SIM dan 1 slot MicroSD. Fitur ini sangat menarik, karena dengan adanya fitur ini Anda dapat memasang 2 kartu SIM sekaligus tanpa harus mengorbankan slot MicroSD.

Keamanan

Dari segi keamanan, spesifikasi Narzo ini tak jauh berbeda dengan ponsel lain di kelasnya. Anda dapat menggunakan sensor sidik jari atau fingerprint scanner yang berada bezel kanan untuk lock/unlock ponsel Anda. Hasil fingerprint scanner ini lumayan cepat dalam membuka kunci.

Selain itu tersedia juga fitur face unlock yang dapat membuka kunci dengan cepat dengan animasi menarik di sekitar kamera.

Performa

Dengan racikan hardware di atas apakah performa dari Realme Narzo ini mengesankan? Well, untuk hasil dari Antutu Benchmark yang diperoleh adalah di kisaran 290.000-an. Skor ini terbilang cukup tinggi di kelasnya.

Lantas bagaimana untuk perfoma gaming-nya?

Tentu semua game yang terdapat di Google Playstore sudah bisa dimainkan di ponsel ini, tak terkecuali dengan game berat seperti misalnya PUBG Mobile. Untuk game PUBG Mobile, Realme Narzo ini menawarkan settingan bawaan di HD-High yang bisa diatur hingga smooth-ultra.

Namun sepertinya settingan PUBG Mobile yang maksimal di smooth-ultra ini hanya permasalahan software update saja, mengingat Realme 6 yang menggunakan chipset yang sama sudah mendukung settingan di smooth-extreme. Jadi terdapat kemungkinan Realme Narzo ini mendukung settingan PUBG Mobile di smooth-extreme jika sudah tersedia update software.

Kesimpulan

Kelebihan Realme Narzo
  • Performa gaming cukup mumpuni
  • Layar sudah FHD+
  • Layar dilindungi Gorilla Glass 3
  • Refresh rate layar 90 Hz
  • Mendukung teknologi fast charging
Kekurangan Realme Narzo
  • Kualitas kamera standar
  • Tidak tersedia NFC
  • Kapasitas baterai standar

Dengan harga 2.9 juta apakah Realme Narzo ini layak untuk dibeli?

Menurut kami, perpaduan chipset dengan performa tinggi dan layar yang lebar membuat ponsel ini menjadi salah satu ponsel gaming terbaik di kelasnya. Harga yang dibanderolkan di ponsel ini juga terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan ponsel dengan spesifikasi chipset yang yang sama, misalnya saja jika dibandingkan dengan Realme 6 yang di banderol dengan harga 3.5 jutaan.

Review Lainnya:
Artikel Terkait:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *