Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 Pro Max

Berminat untuk membeli iPhone 12 Max Pro? Simak dulu kelebihan dan kekurangannya melalui review Ponselio berikut ini.

PONSELIO.COM - Ponsel besutan Apple selalu dikenal memiliki spesifikasi yang jempolan, maka tak heran jika kehadiran ponsel keluaran terbaru dari mereka selalu dinantikan, salah satunya adalah iPhone 12 Pro Max.

iPhone 12 Pro Max adalah ponsel varian tertinggi dari line up iPhone 12.

Kabarnya ponsel terbaru dari pabrikan asal Amerika Serikat ini akan mengusung fitur-fitur baru seperti misalnya chipset Apple A14 Bionic.

Tentunya selain spesifikasi di atas, terdapat pula fitur baru yang ditawarkan dari iPhone 12 Pro Max ini.

Lantas, seperti apa kiranya spesifikasi lain dari iPhone 12 Pro Max yang meluncur bulan Oktober 2020 ini? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sistem Operasi

Apple 12 Pro Max akan mengusung sistem operasi terbaru iOS 14. Sistem operasi yang diperkenalkan pada 22 Juni 2020 sebagai penerus iOS 13 ini memiliki beberapa fitur baru yang terdapat pada Widget, Siri, App Library, Maps dan lain sebagainya.

Desain

iPhone 12 Pro Max akan memiliki tampilan yang bisa dibilang kombinasi antara iPhone 5 dan iPhone 11. Desain utama dari ponsel ini memiliki desain yang kotak layaknya iPhone 5 dengan balutan desain kamera belakang layaknya iPhone 11.

Ponsel ini memiliki dimensi 160.88 x 74 x 78.1 mm dengan berat 228 gram. Sementara material yang digunakan adalah kaca (Textured matte glass) pada bagian backdoor, dan stainless steel pada bagian frame.

Layar

Spesifikasi layar yang ditawarkan oleh iPhone 12 Pro Max terbilang sangat mewah. Bagaimana tidak, Apple membenamkan layar Super Retina XDR OLED berukuran 6.7 inci dengan ukuran 1284 x 2778 piksel.

Menariknya lagi, Apple membekali iPhone 12 Pro Max dengan proteksi layar Ceramic Shield. Perlindungan layar ini sendiri merupakan produk baru besutan Corning hasil kolaborasi langsung dengan pihak Apple selaku produsen iPhone 12 series.

Dilansi dari CNET, Corning menjelaskan bahwa Ceramic Shield merupakan proteksi layar dengan bahan keramik kaca pertama di dunia. Bahan ini sendiri diklaim memiliki ketahanan yang cukup kuat sehingga tidak mudah pecah.

Hardware

Dari sisi hardware, ponsel ini mengusung chipset terbaru A14 Bionic. Chipset A14 Bionic sendiri diklaim memiliki performa yang lebih cepat 40% di CPU dan 50% lebih cepat di GPU jika dibandingkan dengan A13 Bionic.

Untuk mendukung kinerja chipset tersebut, Apple juga akan membekali ponsel ini dengan RAM sebesar 4GB. Sementara untuk penyimpanan internal, kabarnya akan tersedia tiga varian, yakni 128 GB, 256 GB dan 512 GB.

Baterai

Pada sektor baterai, Apple tidak menyebutkan secara jelas kapasitas baterai yang dibenampakn di iPhone 12 Pro Max. Kabarnya iPhone 12 Pro Max akan mengusung baterai berkapasitas 4380mAh dengan dukungan teknologi Fast charging 20W yang diklaim mampu mengisi daya baterai hingga 50% hanya dalam 30 menit. Sayangnya, adapter fast charging ini dijual secara terpisah.

Selain teknologi fast charging, iPhone 12 Pro Max juga sudah mendukung teknologi MagSafe wireless charging up to 15W dan Qi wireless charging up to 7.5W.

Kamera

Ponsel ini mengusung 3 buah kamera pada bagian belakang dengan setup 12 MP (wide) + 12 MP (telephoto) + 12 MP (ultrawide). Sementara pada bagian depan, akan terdapat 2 buah kamera dengan resolusi 12 MP (wide) + SL 3D (depth/biometrics sensor).

Slot Kartu

iPhone 12 Pro Max hadir dengan dukungan dual SIM (nano‑SIM and eSIM). Dan seperti produk iPhone versi sebelumnya, iPhone 12 Pro Max hadir tanpa dukungan slot memori eksternal.

Performa

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, kabarnya iPhone 12 Pro Max akan mengusung chipset Apple A14 Bionic. Dan saat ini sudah mulai banyak beredar informasi terkait performa dari chipset terbaru besutan Apple ini, salah satunya dari Geekbench.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari Geekbench, Apple A14 Bionic akan memiliki enam inti dengan kecepatan clock 3,1GHz. Skor yang dihasilkan pada pengujian single core adalah sebesar 1.658. Sementara pada pengujian multi core, mampu menghasilkan sebesar skor 4.612.

Berdasarkan data dari informasi yang ada, chipset ini memiliki kinerja yang jauh di atas prosesor Qualcomm Snapdragon 865.

Kesimpulan

Pada dasarnya, akan sangat sulit memberikan kesimpulan saat ini mengingat ponsel ini secara resmi belum di rilis secara resmi di Indonesia. Namun jika mengacu pada kualitas produk-produk milik Apple sebelumnya serta bocoran spesifikasi yang ada, jelas iPhone 12 Pro Max adalah salah ponsel yang menawarkan performa kelas atas.

Jadi untuk review kekurangan dan kelebihan yang lebih obyektif, mari kita sama-sama nantikan kehadiran ponsel ini secara resmi di Indonesia

Ikuti update berita dan artikel terbaru dari Ponselio.com dengan cara mengikuti Facebook Ponselio, Twitter @ponseliocom, dan Instagram @ponseliocom.

Tinggalkan komentar