Spesifikasi-Galaxy-A21

 89x dibaca

Samsung Galaxy A21s

Samsung merupakan salah satu produsen ponsel dari Korea Selatan yang sangat produktif dalam mengeluarkan produk. Seperti kita ketahui Samsung masuk di semua lini baik di entry level, high end maupun di flagship. Nah pada awal bulan Juni 2020 ini Samsung merilis ponsel kelas hemat / entry level mereka yang diberi nama Samsung Galaxy A21s.

Samsung Galaxy A21s ini merupakan penerus dari pendahulunya yaitu Samsung Galaxy A20s. Banyak update yang dilakukan Samsung baik dari segi desain maupun hardware. Di pasaran ponsel ini dibanderol dengan harga kisaran 2.6 Jutaan untuk varian 3GB/32GB dan dan 3,3 Jutaan untuk varian 6GB/64GB, hmm harga yang cukup wow untuk kelas entry level.

Dengan harga tersebut apakah ponsel ini layak Anda beli? Simak ulasan dari Ponselio berikut:

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A21s

Harga
  • Rp. 2.600.000 (3 GB+32 GB)
  • Rp. 3.300.000 (6 GB+64 GB)
Desain
  • Dimensi: 163.7 x 75.3 x 8.9 mm
  • Berat: 192 Gram
  • Material: Plastik
  • Warna: Hitam, Putih, Biru, Merah
Layar
  • Tipe: PLS TFT
  • Ukuran: 6.5 inci
  • Resolusi: 720 x 1600 pixel
  • Kedalaman Warna: 16 juta warna
  • Kerapatan Pixel: 270 ppi
  • Proteksi: Tidak tersedia
Hardware
  • Chipset: Exynos 850
  • CPU: Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A55 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52
  • RAM: 3 GB, 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD
Software
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Antarmuka: One UI 2.0
Kamera Belakang
  • Resolusi: 48 MP (wide) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP (macro) + 2 MP (depth)
  • Fitur: LED flash, panorama, HDR
  • Video: 1080p@30fps
Kamera Depan
  • Resolusi: 13 MP
  • Fitur: -
  • Video: 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 5000 mAh
  • Pengisian: Fast charging 15W
Slot Kartu3 slot kartu (nano-SIM + nano-SIM + microSD)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.0, NFC, USB Type-C, GPS
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Sistem Operasi

Samsung Galaxy A21s ini hadir dengan sistem operasi terbaru yakni Android 10 dengan customisasi One UI 2.0. Seperti yang kita ketahui bahwa One UI 2.0 ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh pihak Samsung itu sendiri. Sistem operasi ini juga digunakan pada ponsel Samsung seri A lainnya.

One UI 2.0 juga digadang-gadang merupakan sistem operasi yang memiliki tampilan simple dan mudah dimengerti. Tersedia fitur dark mode yang bisa Anda aktifkan untuk mendapatkan tampilan hitam pada ponsel Anda. Tak lupa disematkan juga fitur Dolby Atmos yang mampu memberikan pengalaman lebih mengesankan dalam mendengarkan musik.

Desain

Menurut kami nilai jual pertama dari Samsung Galaxy A21s ini terletak pada desain yang nampak seperti ponsel berkelas. Nampak dari belakang ponsel ini memiki 4 kamera dengan bentuk segi empat, mirip dengan Samsung Galaxy Note 10 Lite. Sensor sidik jari berada di tengah dibawah quad kamera tersebut.

Di bagian samping kanan bagia frame terdapat tombol power dan volume. Kemudian pada bagian bawah terdapat port jack audio 3.5mm, port USB-type C , mic dan speaker. Terkhir pada bagian fam sebelah kiri terdapat slot kartu memory dan kartu SIM.

Lanjut pada bagian depan terdapat layar 6,5 inch yang nampak full dengan frame yang lumayan tipis. Desain kamera depan pada Samsung Galaxy A21s juga nampak mewah, Samsung menyebutnya dengan Infinity O display, desain kamera ini menyatu dengan layar depan berada di sebelah kiri atas.

Layar

Seperti yang telah kami singgung di atas, Samsung Galaxy A21s ini memiliki layar dengan luas 6,5 inch dengan resolusi 720 x 1600 pixels, dengan rasio layar 20:9 kerapatan pixelnya hanya 270 ppi. Panel yang digunakan pada layar ponsel ini masih menggunakan panel PLS TFT.

Well, dengan harga yang cukup mahal dikelas entry level spesifikasi layar yang disediakan Samsung memang sangat biasa sekali. Jika Anda mendambakan layar yang gonjreng seperti layar super amoled, ini bisa jadi alasan Anda untuk tidak membeli ponsel ini.

Hardware

Samsung Galaxy A21s menggunakan chipset Exynos 850 dengan fabrikasi 8nm. Exynos 850 merupakan chipset terbaru yang kabarnya chipset ini mempunyai keunggulan dalam mengatur daya sehingga dapat mengoptimalkan daya tahan baterai.

Untuk RAM dan memory internal Samsung A21s yang dijual di Indonesia memiliki 2 varian yakni varian 3GB RAM dengan 32GB memory internal dan varian 4GB RAM dengan 64GB memori internal.

Jika dirasa kurang pada memory internal, Anda dapat menambahkan memory eksternal hingga 512GB.

Baterai

Baterai pada Samsung Galaxy A21s ini berjenis Li-Po dengan kapasitas sebesar 5000 mAh. Ponsel ini juga sudah mendukung fast charging atau pengisan cepat dengan kepala charger bawaan sebesar 15W.

Menurut data yang kami peroleh untuk melakukan pengisian baterai dari 5% hingga 100%, fast charging pada ponsel ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam 10 menit. Memang tidak terlalu cepat mengingat baterai yang cukup besar pada ponsel satu ini.

Seberapa awetkah baterai pada Samsung Galaxy A21s?

Melalui uji coba yang kami lakukan, ponsel ini dapat bertahan seharian dengan screen on time hingga 6 jam pada pemakaian yang cukup intens, seperti nonton youtube dan bermain game. Tentu hasil tersebut bisa bagus karena adanya chipset Exynos 850 yang dapat mengatur penggunaan daya secara baik.

Kamera

Dengan desain kamera yang ciamik apakah berbanding lurus dengan hasilnya?hmm

Samsung Galaxy A21s ini menggunakan empat kamera di bagian belakang yakni 48MP kamera utama, 8MP kamera ultrawide, 2MP kamena depth sensor dan 2MP kamera macro.

Hasil kamera belakang ini cukup bagus, pada keadaan cahaya normal kamera 48MP dapat mengambil foto dengan kontras dan saturasi warna yang lumayan oke khas kamera Samsung. Kamera ultrawide 8MP pada A21s ini mampu mengambil dengan sudut gambar 123 derajat yang artinya Anda dapat menghasilkan gambar yang luas walau berada di tempat yang sempit, detail dari kamera ultrawide ini terbilang oke.

Untuk kamera macro dapat menghasilkan foto dengan kontras dan sturasi yang baik meskipun detail yang didapat kurang memuasakan, hal tersebut wajar karena kamera macro di A21s ini hanya 2MP saja.

Untuk kamera depan dari ponsel ini ber-resolusi 13MP, hasil dari kamera ini cukup memuaskan dengan warna yang bagus detail gambar yang baik. Tersedia juga mode potrait dan fitur live focus dengan bokeh yang cukup rapi.

Dari segi perekaman video, baik kamera depan maupun kamera belakang mampu merekam 1080p saja. Hasil video memang cukup tajam dengan dynamic range yang bagus namun kurang stabil karena memang tidak adanya fitur EIS (electronic image stabilization).

Slot Kartu

Samsung Galaxy A21s ini memiliki 3 slot kartu, 2 slot untuk kartu SIM dan 1 slot memory eksternal. Dengan tersedianya 3 slot ini memang sangat menguntungkan, Anda tidak perlu mengorbankan SIM 2 Anda jika membutuhkan memory tambahan. Untuk kapasitas memory eksternal A21s ini mampu menampung memory card hingga 512GB.

Keamanan

Pada sektor keamanan ponsel ini membawa 2 sensor yang dapat Anda gunakan yakni Fingerprint scanner dan Face Unlock.

Sensor sidik jari atau fingerprint scanner terletak pada bagian belakang ponsel, untuk akurasi dan kecepatan terbilang cukup cepat meskpiun bukan yang tercepat. Hanya butuh sepersekian detik saja fingerprint scanner pada ponsel ini dapat membuka kunci ponsel.

Face Unlock pada Samsung Galaxy A21s menyatu dengan kamera depan. Untuk kinerjanya juga terbilang cepat dalam mengenali wajah Anda.

Performa

Seperti yang telah kami singgung di atas bahwa Samsung Galaxy A21s ini merupakan ponsel kelas entry level, tentu hardware yang digunakan juga bukan yang terbaik. Dengan demikian bisa dipastikan performa yang akan didapatkan akan terasa biasa saja.

Pada pengujian menggunakan Antutu Benchmark nilai yang diperoleh sekitar 113.000-an, tentu bukan nilai yang tinggi untuk ponsel harga 2.6 jutaan. Kemudian untuk game berat seperti PUBG Mobile ponsel ini bisa playable dengan lancar di settingan balance-ultra dengan rata-rata 35 FPS.

Sedangkan untuk game sedang seperti Mobile Legends ponsel ini playable pada setingan medium dengan rata-rata 30 FPS, sayangnya ponsel ini belum mendukung untuk unlock high frame rate.

Kesimpulan

Dengan harga 2.6 dan 3.3 jutaan apakah Samsung Galaxy A21s ini layak dibeli?

Semuanya tentu bergantung pada kebutuhan Anda.

Jika Anda menginginkan ponsel dengan desain yang mewah layaknya ponsel flagship, kamera yang lumayan bagus, baterai yang awet dan Service Centre yang ada di hampir semua kota, tentu Samsung Galaxy A21s ini bisa memenuhi ekspektasi Anda di atas.

Namun jika Anda menginginkan ponsel dengan performa gaming mumpuni, tentu Samsung Galaxy A21s ini belum cukup mumpuni untuk memenuhi ekspektasi Anda. Dengan budget 2.6 jutaan hingga 3 jutaan, terdapat ponsel dari brand lain yang masuk kategori high end dan menawarkan performa yang lebih mumpuni. Misalnya saja Realme Narzo yang dibanderol dengan harga 2.9 jutaan saja.

Review Lainnya:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *