Review Vivo X50 Pro

 22x dibaca

Vivo X50 Pro

Kredit Gambar: Ponselio/Reyhan Ivandi

Berbeda dengan ponsel Vivo lainnya yang umumnya dipatok dengan harga maksimal 5 jutaan, Vivo X50 Pro hadir dengan banderol harga 10 jutaan. Harga yang dibanderolkan ke Vivo X50 Pro ini tak mengherankan mengingat ponsel ini mengusung premium design dan high build quality.

Ponsel yang resmi masuk ke Indonesia pada bulan Juli 2020 hadir dengan varian RAM 8GB dengan internal memory 256GB. Dan sebagai flagship photography smartphone, Vivo tentu sangat mengutamakan spesifikasi unggulan pada sektor kamera. Hal ini terbukti dengan tersedianya fitur Gimbal Stabilization pada bagian kamera belakangnya.

Lantas seberapa menarik ponsel ini? Simak ulasan lengkap Vivo V50 Pro dari Ponselio berikut!

Review Vivo X50 Pro

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Vivo X50 Pro

Harga
  • Rp 8.700.000 (8 GB+128 GB)
  • Rp 9.600.000 (8 GB+256 GB)
Desain
  • Dimensi: 158.5 x 72.8 x 8 mm
  • Berat: 181.5 Gram
  • Material: Aluminum
  • Warna: Dark Blue, Light Blue
Layar
  • Tipe: AMOLED
  • Ukuran: 6.56 inci
  • Resolusi: 1080 x 2376 pixel
  • Kedalaman Warna: 16 juta warna
  • Kerapatan Pixel: 398 ppi
  • Proteksi: Tidak tersedia
  • Refresh Rate: 90 Hz
Hardware
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 765G
  • CPU: Octa-core (1x2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1x2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 475 Silver)
  • GPU: Adreno 620
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: Tidak tersedia
Software
  • Sistem Operasi: Android 10
  • Antarmuka: Funtouch 10.5
Kamera Belakang
  • Resolusi: 48 MP (wide) + 8 MP (periscope telephoto) + 13 MP (portrait) + 8 MP (ultrawide)
  • Fitur: Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
  • Video: 4K@30fps, 1080p@30fps, gyro-EIS
Kamera Depan
  • Resolusi: 32 MP
  • Fitur: HDR
  • Video: 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 4315 mAh
  • Pengisian: Fast charging 33W
Slot Kartu2 slot kartu (nano-SIM + nano-SIM)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.1, USB 2.0, GPS, OTG, NFC
SensorFingerprint, Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity Sensor, E-compass, Gyroscope
* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Sistem Operasi

Vivo X50 Pro hadir dengan sistem operasi Android 10 Fantouch 10.5. Fantouch OS adalah sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Vivo. Hadirnya Fantouch versi 10.5 pada Vivo X50 Pro membawa beberapa improvement dari versi sebelumnya yang membuat sistem operasi ini lebih user friendly.

Beberapa update yang menarik pada Fantouch versi terbaru ini adalah icon aplikasi yang nampak lebih fresh dan simple, kemudian control center yang pada versi sebelumnya berada di bawah kini berpindah ke bagian atas yang lebih memudah kan kita untuk mengakses beberapa kontrol.

Desain

Kesan mewah dan elegan nampak pada Vivo X50 Pro. Ponsel ini memiliki dimensi 158.5 x 72.8 x 8 mm dan mengadopsi desain 3D curve yang mana ketebalan ponsel ini sekitar 8mm dengan berat hanya 181.5 gram. Desain yang diusung ponsel ini membuatnya terlihat sangat solid dan nyaman digengam.

Pada bagian depan ponsel ini kita disuguhkan layar besar dengan kamera yang tertanam di dalam layar. Desain layar pada ponsel ini berbentuk melengkung atau sering kita sebut edge, desain yang menambah kesan premium.

Pada bagian belakang nampak desain kamera berbentuk kotak sedikit menonjol. Terdapat juga backdoor dengan warna doff yang tak mudah meninggalkan bekas sidik jari. Tombol power dan volume berada di frame sebelah kanan.

Pada bagian atas tedapat mikrofon sedangkan pada bagian bawah terdapat port USB Type-C , Sepekaer dan lubang mic. Sayangnya ponsel ini tidak menyediakan lubang headphone jack 3.5mm.

Layar

Pada bagian layar Vivo X50 Pro mengusung layar dengan luas 6.56 inci dengan bentuk melengkung pada sisi kanan dan kiri. Layar pada ponsel ini menggunakan panel E3 AMOLED dengan resolusi 1080 x 2376 pixel dengan kerapatan 398 ppi.

Layar pada Vivo X50 Pro ini juga memiliki refresh rate yang lumayan tinggi yakni sebesar 90Hz. Dengan refresh rate di atas rata-rata ponsel biasa yang memiliki refresh rate 60Hz, tentu layar ponsel ini mampu menampilkan animasi dan pengalaman gaming yang lebih smooth.

Layar pada ponsel ini juga memiliki teknologi HDR 10+ yang membuat warna yang dihasilkan akan sangat memanjakan mata penggunanya.

Hardware

Vivo X50 Pro menggunakan dapur pacu Snapdragon 765G (7 nm). Chipset ini merupakan chipset keluaran terbaru dari Snapdragon yang memiliki keunggulan dalam menjalakan gaming berat. Selain itu chipset ini juga dikenal mampu mengatur daya secara efisien sehingga akan berpengaruh pada daya tahan baterai lebih awet.

Vivo X50 Pro juga dibekali dengan RAM dengan kapastias 8GB, yang artinya ponsel ini dapat melakukan multi tasking dengan baik.

Untuk urusan ruang penyimpanan, Vivo tidak menyediakan slot untuk memori external di ponsel ini, namun itu bukan menjadi masalah yang besar mengingat memori internal ponsel ini sudah sangat besar yakni 256GB.

Baterai

Vivo X50 Pro menggunakan baterai berkapasitas 4315mAh. Dengan chipset Snapdragon 765G yang menggunakan sistem fabrikasi 7nm baterai pada ponsel ini terbilang sangat hemat apalagi layar pada ponsel ini E3 Amoled yang hemat daya tentu akan berpengaruh pada daya tahan baterai.

Pada penggunaan normal seperti media sosial, map, nonton youtube dan game, baterai pada ponsel ini mampu menghasilkan screen on time 6-7 jam.

Untuk pengisian baterai pada ponsel ini juga terbilang cukup cepat karena sudah mendukung teknologi vivo FlashCharge 2.0 (33W). Untuk mengisi baterai dari 0%-100% ponsel ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

Kamera

Bagian yang paling menonjol dan menjadi nilai jual utama dari ponsel ini adalah pada bagian kamera. Vivo X50 Pro menggunakan modul Quad kamera dengan sepesifikasi kamera berikut:

  • 48 MP, f/1.6, (wide), PDAF, gimbal OIS
  • 8 MP, f/3.4, 135mm (periscope telephoto), PDAF, OIS, 5x optical zoom
  • 13 MP, f/2.5, 50mm (portrait), PDAF, 2x optical zoom
  • 8 MP, f/2.2, 120˚, 16mm (ultrawide),

Fitur kamera terbaru pada Vivo X50 Pro yang tidak dimiliki ponsel lain adalah fitur Gimbal Stabilization. Dengan adanya fitur tersebut kamera utama 48MP pada ponsel ini mampu merekam foto dan video dengan sangat stabil, dapat mengambail foto dalam keadaan low light dengan baik dan mampu menangkap obyek yang bergerak dengan cepat.

Kamera telephoto pada Vivo X50 Pro ini juga tak kalah menarik, yang mana kamera tersebut dapat melakukan 5x optical zoom. Perlu diketahui bahwa fitur optical zoom mampu mengambil foto dari obyek yang jauh tanpa kehilangan detail dari foto tersebut. Kamera ini juga mampu melakukan hyper zoom hingga 60x. Dengan adanya OIS pada lensa kamera ini mampu meminimalisir hasil blur.

Untuk hasil kamera ultrawide 8MP pada ponsel ini mampu menghasilkan foto yang baik dengan dynamic range yang luas, detail yang bagus dan hasil foto yang tajam. Selain itu kamera ultrawide X50 Pro ini juga sudah mendukung fitur night mode yang mana dengan fitur ini kamera pada ponsel mampu mengambil foto pada kondisi minim cahaya dengan hasil yang lebih terang dan tajam.

Kamera potrait dan kamera selfie juga mampu menghasilkan foto dengan skin tone yang bagus serta efek blur yang dihasilkan juga bagus dan rapi.

Kamera belakang 48 MP Vivo X50 Pro ini mampu merekam video dengan resolusi 4K@30fps dan 1080p@30fps. Kembali lagi kami sampaikan dengan adanya fitur Gimbal Stabilization hasil video akan lebih stabil dari Vivo X50 atau ponsel lain yang menggunakan OIS (optical image stabilization). Dengan fitur Gimbal Stabilization Anda dapat merekam video dengan lari-lari tanpa khawatir hasil video Anda menjadi shaky.

Sementara pada kamera depan, terdapat kamera 32MP yang dilengkapi dengan lampu kilat selfie.

Slot Kartu

Vivo X50 Pro ini hanya tersedia 2 slot kartu yang mana keduanya hanya bisa diisi dengan kartu SIM berukuran nano. Ponsel ini tidak mendukung penambahan memory eksternal, namun kapasitas internal memory 256GB kami rasa sudah lebih dari cukup untuk menginstall aplikasi dan menyimpan file.

Keamanan

Dari segi keamanan ponsel ini mendukung 2 metode kunci ponsel yang pertama adalah dengan sensor sidik jari dan yang kedua adalah face unlock.

Berkat layar E3 Amoled fitur finger print scanner dapat ditaruh dibawah layar ponsel, artinya untuk membuka kunci Anda hanya perlu menaruh jari Anda di atas layar ponsel ini. Sedangkan untuk face unlock berada di kamera depan, kurang lebih sama dengan ponsel pada umumnya.

Performa

Dengan racikan hardware yang telah kami sebutkan di atas, apakah performa dari Vivo X50 Pro ini mengesankan?

Melalui uji coba menggunakan aplikasi Antutu Benchmark ponsel ini mampu memperoleh skor di kisaran 330.000-an. Hasil skor tersebut memang terbilang kecil untuk ponsel flagship di tahun 2020, hasil skor ini masih cukup wajar mengingat chipset yang digunakan hanya Snapdragon 765G, sementara ponsel flagship lain umumnya menggunakan Snapdragon 865.

Namun Anda yang mengincar ponsel ini untuk keperluan gaming, Anda tidak perlu khawatir skor tersebut masih terbilang cukup tinggi dan mampu menjalankan game-game berat dengan mulus.

Hasil uji coba gaming yang kami lakukan:

  • Pada game PUBG Mobile ponsel ini mampu mendapat setingan grafik yang tinggi yakni Smooth-Ekstreme atau HD-Ultra.
  • Pada game Mobile legends tentu sudah mendukung kualitas grafik HD dan juga High Frame Rate.

Kesimpulan

Apakah dengan harga 10 jutaan ponsel ini layak Anda pinang?

Kami rasa Vivo X50 Pro ini adalah pilihan yang tepat ponsel flagship harga 10 jutaan. Dengan harga tersebut Anda akan memperoleh ponsel dengan desain mewah, kamera dengan hasil yang baik, baterai yang awet, layar kinclong, tersedia NFC, performa gaming yang cukup memuaskan.

Mungkin satu hal yang menjadi kekurangan bagi sebagian orang adalah tidak tersedianya headphone jack saja.

Review Lainnya:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *