Review Xiaomi Poco F2 Pro

 20x dibaca

Xiaomi Poco F2 Pro

Kredit Gambar: Ponselio.com/Reyhan Ivandi

Poco F2 Pro merupakan ponsel dari Xiaomi yang menjadi penerus dari generasi sebelumnya yakni Pocophone F1. Berbeda dengan ponsel Xiaomi seri Redmi yang ditujukan ke kalangan mainstream, seri Poco sepertinya lebih ditujukan untuk kalangan gamer.

Poco F2 Pro masuk di pasar Indonesia dengan dua varian yakni varian RAM 6GB/128GB dengan harga 7 jutaan dan varian RAM 8GB/258GB dengan harga 8 jutaan. Hadir dengan desain dan hardware terbaru, ponsel ini digadang-gadang sebagai ponsel paling worth it di kelasnya.

Lantas semenarik apakah Xiaomi F2 Pro ini? Yuk simak review kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Review Xiaomi Poco F2 Pro

Spesifikasi

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Poco F2 Pro

Harga
  • Rp 6.999.000 (6GB+128GB)
  • Rp 7.999.000 (8GB+256GB)
Desain
  • Dimensi: 163.3 x 75.4 x 8.9 mm
  • Berat: 219 gram
  • Material: Backdoor kaca (Corning Gorilla Glass 5), Frame aluminum
  • Warna: Cyber Grey, Electric Purple, Phantom White, Neon Blue
Layar
  • Tipe: Super AMOLED
  • Ukuran: 6.67 inci
  • Resolusi: 1080 x 2400 FHD+
  • Kedalaman Warna: 16 juta warna
  • Kerapatan Pixel: 395 ppi
  • Proteksi: Corning Gorilla Glass 5
Hardware
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 865
  • CPU: Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 585 + 3x2.42 GHz Kryo 585 + 4x1.80 GHz Kryo 585)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: Tidak tersedia
Software
  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • Antarmuka: MIUI 11
Kamera Belakang
Kamera Depan
Baterai
  • Kapasitas: Li-Po 4700 mAh
  • Pengisian: Fast charging 30 W
Slot Kartu2 slot kartu (nano SIM + nano SIM)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.1, Infrared port, GPS, NFC, 5G Ready
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer

* Informasi harga yang tertera merupakan harga saat pertama kali ponsel dirilis. Terdapat kemungkinan perubahan harga seiring berjalannya waktu.

Sistem Operasi

Xiaomi Poco F2 Pro berjalan pada sistem operasi Android 10 dengan antarmuka MIUI 11. Banyak fitur menarik yang dapat Anda temui pada MIUI 11 diantaranya adalah icon yang nampak lebih fresh , tampilan dark mode dan Poco launcher yang memberikan banyak pilihan kustomisasi tampilan.

Menariknya lagi, Poco F2 Pro ini nantinya juga akan mendapatkan pembaruan MIUI 12 pada bulan Agustus 2020.

Desain

Salah satu nilai jual dari Xiaomi Poco F2 Pro adalah pada sektor desain, pasalnya ponsel ini membawa banyak update positif dari generasi sebelumnya yakni Poco F1. Ponsel ini memiliki dimensi 163.3 x 75.4 x 8.9 mm dengan bobot yang lumayan berat yakni sekitar 219 gram.

Pada bagian depan ponsel ini terdapat layar seluas 6.67 inci dengan tampilan full dengan frame yang sangat tipis. Pada bagian layar depan ponsel ini tidak terdapat kamera selfie seperti desain ponsel pada umunya karena letak kamera selfie berada di frame atas dengan sistem pop-up.

Pada bagian belakang ponsel ini terdapat 4 kamera dengan desain berbentuk bulat menonjol, terdapat juga backdoor dengan bahan kaca yang sudah terlapisi corning gorilla glass 5. Dengan bahan material kaca tentu penampilan ponsel ini akan nampak lebih mewah, pasalnya ponsel ini memiliki 3 pilihan warna yang menarik yakni Cyber Grey, Electric Purple dan Neon Blue.

Frame yang digunakan pada ponsel ini menggunakan material dari metal sehingga akan Anda temui beberapa garis antena pada sisi-sisinya.

Pada bagian kanan frame terdapat tombol power dengan aksen berwarna merah serta terdapat tombol volume. Pada frame bagian atas terdapat lubang microfon, lubang audio jack 3.5mm, infrared blaster dan juga kamera pop-up selfie yang dilengkapi LED notifictaion. Sedangkan pada bagian bawah terdapat slot SIM card, port USB type-C lubang mic dan speaker.

Layar

Xiaomi Poco F2 Pro memiliki layar dengan ukuran 6.67 inci beresolusi 1080 x 2400 pixel dengan kerapatan sekitar 395 ppi. Panel yang digunakan pada ponsel ini adalah panel Super AMOLED yang mampu menghasilkan warna dengan saturasi yang jempolan. Proteksi yang digunakan pada layar utama ini adalah Corning Gorilla Glass 5 dan sudah dilengkapi fitur HDR10+.

Selain itu produsen dari ponsel meng-klaim bahwa layar pada ponsel ini memiliki tingkat kecerahan atau brightness sebesar 500 nits, wow. Namun sayang layar ponsel ini masih menggunakan refresh rate 60Hz saja.

Hardware

Salah satu hal menarik dari ponsel ini adalah hardware yang digunakan, pasalnya dengan harga yang relatif murah ponsel ini mampu menghadirkan chipset kelas tinggi yang dipakai ponsel flaghsip. Tak heran banyak fans yang menganggap ponsel ini sebagai flagship killer.

Poco F2 Pro menggunakan chipset  Snapdragon 865 dengan fabrikasi 7nm+ dengan kombinasi CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585) dan GPU Adreno 650.

Sementara untuk RAM yang digunakan ada 2 varian yakni RAM 6GB untuk internal 128Gb dan RAM 8GB untuk internal memori 256GB.

Baterai

Xiaomi Poco F2 Pro menggunakan baterai berjenis Li-Po non-removable dengan kapsitas 4700 mAh. Dengan kapasitas yang terbilang cukup besar ponsel ini tergolong ponsel dengan daya tahan baterai yang baik.

Ponsel ini mampu bertahan seharian dengan pada penggunaan normal seperti nonton youtube, social media dan bermain game ringan. Ponsel ini sudah mendukung Quick Charge 4.0 dan juga saudah mendukung USB PD (power delivery) 3.0.

Ponsel ini dapat melakukan pengisian baterai cepat dengan kapasitas 30W, kabar baiknya pada paket penjualan kita mendapatkan kepala charger dengan kapasitas 33W. Dengan kepala charger tersebut ponsel ini membutuhkan waktu sekitar 70 menit untuk melakukan pengeisian baterai dari 0%-100%.

Kamera

Seperti yang telah kami singgung diatas bahwasannya ponsel Poco F2 Pro menggunakan kamera belakang dengan modul Quad Kamera. Kamera pada ponsel ini juga terbilang mumpuni, berikut resolusi yang digunakan pada tiap lensanya:

64 MP, f/1.9,(wide)
5 MP, f/2.2,(telephoto macro)
13 MP, f/2.4,(ultrawide)
2 MP, f/2.4, (depth)

Kamera utama 64 MP dari ponsel ini menggunkan sensor dari Sony yakni Sony IMX689. Hasil foto yang diperoleh dari kamera utama ini cukup baik, warna, ketajaman dan dynamic range menggambarkan khas kamera dari ponsel Xiaomi. Kamera utama ini mampu merekam video pada resolusi 4K 30/60 fps, resolusi Full HD 1080p 30/60 fps, resolusi 700p 30fps dan yang menarik ponsel ini mampu merekam video pada resolusi 8K dengan 24/30fps.

Fitur menarik dari kamera ponsel ini adalah mampu merekam video slow motion yakni 120, 240 fps pada resolusi 1080p dan 960f fps pada resolusi 720p. Tersedia juga fitur nigh mode yang dapat menghasilkan foto lebih cerah dan tajam pada kondisi minim cahaya seperti pada malam hari.

Untuk menangkap obyek yang berukuran kecil ponsel ini menggunakan lensa telephoto macro dengan resolusi 5MP. Untuk mengambil foto Anda perlu mendekatkan lensa dengan obyek foto dengan jarak 3-7 cm.

Kamera selfie pada Poco F2 Pro ini menggunakan sistem pop-up yang mana letak kamera berada di bagaian kiri atas frame. Resolusi kamera selfie pada ponsel ini adalah 20 MP, dengan kamera tersebut Anda dapat memperoleh foto yang bagus baik dari segi warna maupun ketajaman. Kamera depan ponsel ini juga mampu melakukan slow motion di 120fps.

Slot Kartu

Poco F2 Pro menyediakan 2 Slot kartu SIM. Dua slot tersebut hanya dapat diisi kartu SIM saja sehingga Anda tidak dapat menambahkan memory card. Menurut kami hal tersebut bukan menjadi masalah yang berarti pasalnya memory internal ponsel ini juga terbilang cukup besar yakni 128GB atau 256GB.

Keamanan

Pada segi keamanan ponsel ini memberikan satu sensor yang dapat Anda gunakan untuk membuka kunci ponsel Anda yakni sensor sidik jari. Sensor sidik jari atau fingerprint scanner pada ponsel ini terletak di bagiab bawah layar depan sehingga untuk membuka kunci Anda cukup menempelkan jari Anda pada layar ponsel ini.

Akurasi dan kecepatan sensor sidik jari pada ponsel ini juga terbilang cukup cepat, hanya butuh waktu sepersekian detik saja sensor ini dapat membuka kunci.

Performa

Salah satu sektor yang paling diunggulkan pada Poco F2 Pro ini adalah pada bagian performa yang diberikan. Dengan Chipset Snapdragon 865 yang notabennya adalah salah satu prosesor paling ngebut saat ini dipadukan dengan RAM 6/8GB tentu performa yang didapatkan akan sangat memuaskan.

Benar saja, pengujian menggunakan aplikasi Antutu Benchmark (v8) ponsel ini mampu memperoleh skor di angka 570.000-an, sedangkan untuk pengujian menggunakan aplikasi GeekBench (v5) ponsel ini mendapatkan skor 922 pada single core dan 3400-an pada multi core.

Dengan hasil pengujian diatas tentu semua game yang ada di Playstore mampu dilibas oleh ponsel ini. Pengujian menggunakan game PUBG Mobile ponsel ini mampu memperoleh setingan HDR-Extreme stabil pada 60fps. Untuk game Mobile Legends tentu ponsel ini mampu mendapatkan setingan grafik tinggi, HFR (high frame rates) dan juga mode HD.

Kesimpulan

Jika Anda mengincar ponsel dengan performa gaming yang mumpuni, Xiaomi F2 Pro ini bisa menjadi salah satu ponsel gaming terbaik berkat penggunaan chipset Snapdragon 865. Chipset ini sendiri merupakan chipset yang juga digunakan oleh Xiaomi Black Shark 3 yang merupakan ponsel gaming lain milik Xiaomi yang dibanderol dengan harga Rp 10 jutaan.

Layar yang digunakan oleh ponsel ini juga merupakan layar kualitas jempolan, yakni Super Amoled. Penggunaan layar ini tentunya akan semakin memanjakan mata pengguna saat menonton video dan bermain game.

Namun sayangnya, ponsel ini memiliki layar dengan refresh rate yang standar, yakni 60Hz. Bukan refresh rate yang buruk, namun tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri jika layar yang diusung sudah memiliki refresh rate 90Hz.

Review Lainnya:
Artikel Terkait:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *